Facebook Pixel Code Ini Pentingnya Zat Besi untuk Anak yang Tidak Cocok Susu Sapi

Catat! Ini Pentingnya Zat Besi untuk si Kecil yang Tidak Cocok Susu Sapi

Catat! Ini Pentingnya Zat Besi untuk si Kecil yang Tidak Cocok Susu Sapi

Kekurangan Zat Besi masih menjadi masalah bagi sebagian anak Indonesia. Kondisi ini bahkan memiliki potensi yang lebih tinggi terjadi pada anak yang tidak cocok minum susu sapi. Padahal  Zat Besi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan daya pikir secara maksimal*. Kebutuhan Zat Besi harian anak bisa didapatkan dari sumber makanan tinggi Zat Besi serta melengkapinya dengan makanan atau minuman lain seperti susu pertumbuhan yang mengandung Zat Besi. 

Bila si Kecil termasuk anak yang tidak cocok susu sapi, bagaimana agar ia dapat memenuhi kebutuhan Zat Besi hariannya? 

Manfaat Zat Besi untuk Dukung Si Kecil yang berusia di atas 1 tahun yang Tidak Cocok Susu Sapi Tumbuh Maksimal* 

1. Mengoptimalkan pertumbuhan fisik 

Untuk mendukung pertumbuhan fisik si Kecil, Zat Besi bermanfaat untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh agar seluruh sel-sel tubuh dapat berfungsi baik. Hal ini juga akan berpengaruh pada pembentukkan hormon dan jaringan ikat di dalam tubuh yang membantu perkembangan fisik anak.

2. Meningkatkan kecerdasan otak

Zat Besi berkontribusi dalam pembentukan selaput saraf (mielinisasi) yang membantu proses penerimaan informasi pada otak. Itu sebabnya asupan nutrisi ini dibutuhkan untuk menunjang proses belajar si Kecil.

3. Menjaga daya tahan tubuh dan perkembangan motorik

Zat Besi bermanfaat sebagai sumber energi bagi otot yang  memengaruhi  daya tahan tubuh dan perkembangan motorik si Kecil. Tak hanya itu, mineral ini juga dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang berperan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sel dan organ tubuh dapat bekerja optimal dan bantu menghilangkan alergen dalam tubuh.

Bila si Kecil kekurangan Zat Besi, ia akan mudah kelelahan dan rentan terserang penyakit sebab ketahanan tubuhnya sangat rendah.

Cara Memenuhi Zat Besi untuk Anak yang Tidak Cocok Susu Sapi

Si Kecil yang tidak cocok susu sapi lebih rentan mengalami kekurangan Zat Besi. Hal ini karena gejala tidak cocok susu sapi dapat menyebabkan pembatasan makanan dan peradangan pada saluran cerna. Akibatnya, ia berpotensi tidak memperoleh kecukupan asupan nutrisi penting. 

Untuk mencegah si Kecil yang berusia di atas 1 tahun yang tidak cocok susu sapi mengalami kekurangan Zat Besi, Bunda perlu berkonsultasi pada dokter. Selain itu, Bunda dapat memberikan asupan yang tepat agar kebutuhan Zat Besi dan nutrisi hariannya tercukupi, antara lain:

1. Perbanyak konsumsi makanan kaya Zat Besi 

Bunda bisa memberikan si Kecil makanan yang kaya kandungan Zat Besi untuk menu sehari-hari. Seperti daging, ikan, telur dan hati ayam. Selain itu, Bunda bisa memberikan sayuran hijau, seperti bayam, sawi dan brokoli atau protein nabati dari kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Baca Juga: Sumber Makanan Tinggi Zat Besi untuk Dukung Otak Anak

2. Konsumsi makanan tinggi Vitamin C

Pastikan kebutuhan Vitamin C si Kecil juga terpenuhi karena kombinasi Zat Besi dan Vitamin C dengan rasio yang sesuai dapat membantu penyerapan Zat Besi secara optimal dan meningkatkan ketersediaan Zat Besi dalam tubuh. Bunda bisa memberikan si Kecil makanan sumber Vitamin C, seperti jeruk, jambu dan pepaya.

3. Berikan si Kecil Alternatif Nutrisi Pengganti Susu Sapi Sesuai Anjuran Dokter

Untuk si Kecil yang tidak cocok susu sapi, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi alternatif nutrisi yang sesuai dengan kondisi si Kecil. Salah satu alternatif nutrisi untuk si Kecil yang tidak cocok susu sapi adalah formula berbasis Isolat Protein Soya yang telah difortifikasi dengan nutrisi penting termasuk kombinasi Zat Besi dan Vitamin C dengan rasio yang sesuai untuk mendukung si Kecil untuk tumbuh maksimal* dan terhindar dari risiko kekurangan Zat Besi. Bila Kecil yang berusia 1 tahun ke atas dan tidak cocok susu sapi, Bunda bisa berikan SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx!

SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, serta Isolat Protein Soya berkualitas dapat menjadi pilihan untuk si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi. Kandungan nutrisi dari inovasi terbaru Produk Soya No.1 Pilihan Bunda Indonesia ini mendukung penyerapan Zat Besi dan nutrisi penting lainnya secara optimal untuk si Kecil.

Memiliki nutrisi yang sama baiknya dengan susu sapi**, SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx juga mengandung Minyak Ikan, Omega 3&6, Kalsium dan Tinggi Vitamin D.

Dukung si Kecil yang tidak cocok susu sapi tumbuh maksimal* dan siap jadi Anak Generasi Maju dengan SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx!

*) dengan dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat

**) berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa formula soya mendukung pertumbuhan & perkembangan yang sebanding dengan susu sapi.
 

Ref:

https://sardjito.co.id/2019/08/28/pentingnya-zat-besi-untuk-meningkatkan-kecerdasan-anak/ 

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi 

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/anemia-defisiensi-besi-pada-bayi-dan-anak 

https://www.generasimaju.co.id/artikel/4-tahun/nutrisi-makanan/zat-besi-untuk-perkembangan-otak-anak 

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline