Facebook Pixel Code 10 Tanda Penyakit Campak akan Sembuh pada Anak

10 Tanda Penyakit Campak akan Sembuh pada Anak

10 Tanda Penyakit Campak akan Sembuh pada Anak

 

Bunda perlu memastikan tanda-tanda penyakit campak akan sembuh, sebelum membiarkan anak beraktivitas seperti semula. Ini karena campak termasuk penyakit yang mudah menular. Seperti apa tandanya?

Apa Tanda Campak Sudah Sembuh?

Meski bisa berisiko berkembang menjadi komplikasi, campak juga cepat disembuhkan. Berikut tanda-tanda penyakit campak akan sembuh:

1. Demam Mulai Turun

Gejala campak paling awal adalah demam, biasanya melebihi 38 derajat Celcius. Demam tinggi akan muncul 10-12 hari setelah anak tertular.

Demam tinggi tersebut berlangsung selama 3 hari. Pada hari ke-4 hingga ke-7 demam, suhu tubuh si Kecil akan turun. 

2. Ruam Memudar

Pada anak yang terkena campak, ruam muncul di kulit wajah, leher, belakang telinga lalu menyebar ke seluruh badan. Ruam ini biasanya tidak bertahan lama, sekitar 3 hari atau lebih.

Anak berangsur sembuh jika Bunda melihat ruam di kulitnya mulai memudar. Warnanya berubah seperti tembaga atau kehitaman. Perlu diingat, campak umumnya sembuh sekitar 4 hari sejak ruam muncul.

3. Energi Meningkat

Seiring dengan meredanya demam, si Kecil mulai kembali berenergi dan menunjukkan minat pada aktivitas sehari-hari.

Namun beri pengertian ke anak untuk tidak dulu bermain di luar rumah. Tunggu sekitar 4 hari sejak ruamnya muncul agar tidak menulari orang lain.

4. Nafsu Makan Meningkat

Ketika demam anak mulai turun, energinya kembali, otomatis nafsu makan si Kecil kembali meningkat.

Namun jangan langsung berharap porsi makan anak langsung kembali normal. Sebab campak merupakan infeksi saluran pernapasan, sehingga wajar bila ia radang tenggorokan, dan mungkin kesulitan menelan.

5. Berkurangnya Batuk

Batuk juga umum menyertai campak. Bila gejala lain berkurang mulai hari keempat, batuk kering dari campak bisa bertahan hingga 2 minggu lamanya. 

Tanda-tanda penyakit campak akan sembuh adalah batuknya berkurang, tidak seintens minggu pertama.

Baca Juga: 10 Obat Batuk Alami Anak yang Efektif dan Manjur

6. Pilek Mereda

Selain batuk, pilek juga umum muncul pada anak yang terkena campak. Bunda tidak perlu khawatir berlebihan, sebab gejala ringan ini biasanya hanya bertahan 2-3 hari. 

7. Mata Tidak Lagi Merah

Mata merah dan berair (conjunctivitis) pada anak yang terkena campak akan hilang saat ia mulai sembuh. Mata merah biasanya berlangsung selama 2-4 hari lalu mereda.

8. Tidak Ada Lagi Bintik Koplik

Salah satu gejala campak yang khas adalah munculnya Koplik’s spot atau bercak putih keabuan di pipi bagian dalam.

Tanda penyakit campak akan sembuh pada anak adalah bintik koplik ini sudah menghilang. Mintalah si Kecil membuka mulut untuk mengeceknya.

9. Perbaikan Kondisi Kulit

Ketika gejala lainnya hilang, tanda-tanda penyakit campak akan sembuh selanjutnya adalah perbaikan kondisi kulit si Kecil. 

Bekas ruam kulit akan menghitam atau terkelupas. Namun biasanya bekas ruam masih terlihat selama kurang lebih 10 hari.

10. Tidur Lebih Nyenyak

Si Kecil pasti lebih rewel ketika campak sampai pada puncaknya. Demam, batuk, pilek, dan lain-lain jadi satu, wajar jika anak sulit tidur.

Anak akan mulai tidur lebih nyenyak ketika gejala-gejala campak mereda. Hal ini berarti ia juga mulai sembuh.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Campak?

Saat anak terkena campak, ia dapat menyebarkan virus selama 8 hari, yakni sekitar 4 hari sebelum ruam muncul dan 4 hari setelah ruam muncul.

Beri pengertian ke anak untuk tidak dekat-dekat dengan temannya atau lebih baik bermain di dalam rumah. Sebab Bunda tidak bisa memastikan apakah mereka sudah divaksin MMR atau belum.

Menurut WHO, meski vaksin sudah tersedia, pada 2022 diperkirakan terdapat 136.000 kematian akibat campak di seluruh dunia. Sebagian besar di antaranya adalah anak di bawah usia 5 tahun yang tidak atau kurang imunisasi.

Hindari juga mengabaikan kebersihan lingkungan saat anak terkena campak. Bunda juga perlu mendisinfeksi permukaan barang-barang yang dipakai anak untuk mencegah penyebaran virus.

Jika Bunda memiliki pertanyaan terkait pola asuh, kesehatan, dan tumbuh kembang anak bisa menghubungi Sahabat Bunda Generasi Maju via WhatsApp yang aktif selama 24 jam.

Pastikan si Kecil yang memperlihatkan tanda-tanda penyakit campak akan sembuh, sudah pulih optimal sebelum beraktivitas sedia kala!

 

Referensi:

1. World. (2024, April 16). Measles. Who.int; World Health Organization: WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/measles‌

2. IDAI | Apakah Infeksi Campak? (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/apakah-infeksi-campak

3. Kids Health Information : Measles. (2018). Rch.org.au. https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Measles/

4. A preventable disease that’s on the rise-Measles - Symptoms & causes - Mayo Clinic. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/measles/symptoms-causes/syc-20374857

5. Pinkbook: Measles. (2024). https://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/meas.html

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut