Tips Memberikan Stimulasi untuk Kecerdasan Buah Hati

Tips Memberikan Stimulasi untuk Kecerdasan Buah Hati

Tips Memberikan Stimulasi untuk Kecerdasan Buah Hati

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan buah hati adalah memberikan stimulasi yang tepat dengan usia tumbuh kembangnya. Bahkan permainan sederhana, seperti cilukba, bisa menunjang perkembangan kecerdasan buah hati. Tips di bawah ini akan membantu Bunda memilih stimulasi yang paling pas untuk buah hati.

  1. Sesuaikan dengan Usia Buah Hati

Mainan untuk bayi 3 bulan tentu tidak cocok diberikan kepada bayi usia 3 tahun; begitu juga sebaliknya. Selain itu, jenis stimulasi yang diberikan setiap mainan juga berbeda, Bun. Permainan stimulasi yang diberikan sesuai usia akan membuat kecerdasan buah hati berkembang sesuai tahapan usianya.

Anak usia di atas 2 tahun mungkin sudah tidak cocok dengan permainan cilukba. Sebaliknya, permainan yang terlalu sulit dilakukan, seperti menyusun puzzle kurang cocok diberikan untuk bayi berusia di bawah usia 1 tahun. Salah satu alasannya, secara fisik buah hati belum siap dengan permainan tersebut.

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu bermain anak berbeda-beda untuk setiap tahapan usianya. Seiring bertambahnya usia, biasanya waktu bermain anak akan bertambah karena waktunya terjaga juga bertambah.

Bunda juga sebaiknya dapat membedakan kapan buah hati masih dapat diajak bermain dan kapan ia perlu istirahat. Bunda sebaiknya menghentikan permainan stimulasi bila buah hati mulai terlihat rewel atau tidak tertarik dengan permainan yang diberikan.

  1. Kenyamanan dan Kebersihan tempat Bermain

Permainan untuk stimulasi kecerdasan buah hati dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Di mana pun tempat bermainnya, pastikan Bunda memperhatikan kenyamanan dan kebersihan tempat bermain buah hati.

Seiring bertambahnya usia, buah hati mungkin senang bermain pasir atau mencoret tembok. Hal ini tentu tidak menjadi masalah besar karena aktivitas ini juga melatih kecerdasan buah hati. Hanya saja, pastikan Bunda selalu menjaga kebersihan buah hati dan lingkungan bermainnya.

  1. Coba Berbagai Permainan

Semakin beragam jenis stimulasi yang diberikan, semakin terlatih kecerdasan buah hati. Jenis kecerdasan yang perlu dilatih antara lain kecerdasan emosional, kemampuan berbahasa, kemampuan berkomunikasi, kemampuan fisik, dan kreativitas.

Pilihlah permainan yang dapat memberikan stimulasi melatih lebih dari satu kemampuan buah hati dalam satu waktu. Contohnya adalah permainan menyusun balok yang tidak hanya melatih kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah, tetapi juga melatih motorik buah hati.

Menemani buah hati bermain juga menjadi cara melatih kemampuan komunikasinya, Bun. Bermain bersama anak lain juga bisa membantu melatih kemampuan buah hati dalam berkomunikasi dengan orang lain. Selamat bermain bersama buah hati, Bun.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Membangun Kecerdasan Emosional Anak

Membangun kecerdasan emosional anak sama pentingnya dengan membangun kecerdasan intelektual.

Kembangkan Kemampuan Berbahasa Balita dengan ...

Walaupun berkembang secara alami, kemampuan berbahasa anak sesungguhnya dapat dilatih dan...

Resep: Bola Goreng Bayam

Bunda tentu sudah tidak asing lagi dengan sayuran bayam untuk menu sehari-hari. Namun, menyajikan...

Resep: Kaserol Kakap

Memasuki usia balita, Bunda pasti sudah sering berkutat dengan ide menu untuk buah hati. Menu ikan...

Ini Mungkin Sebabkan Bunda Kesulitan ...

Berkomunikasi dengan anak usia balita merupakan tindakan yang membantu perkembangan bahasa anak....

Tips Bijak Pilih Tayangan Anak

Menonton televisi tidak hanya untuk orang dewasa. Sejak bayi, Bunda mungkin juga sudah sering...

Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya >

Tips Aktivitas untuk Mendukung ...

Baca Selengkapnya >