Facebook Pixel Code Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia untuk Tumbuh Kembang

Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia untuk Tahap Tumbuh Kembang

Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia untuk Tahap Tumbuh Kembang

Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia untuk Tahap Tumbuh Kembang

Salah satu cara memilih mainan anak, yakni dengan menyesuaikan berdasarkan usia si Kecil demi mendukung perkembangannya yang optimal. Lewat berbagai macam mainan, Bunda dapat menstimulasi untuk mendukung perkembangan anak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan anak, yakni pilihlah yang aman dan sederhana untuk membantu si Kecil mengasah imajinasinya sendiri. Di bawah ini, rekomendasi mainan anak yang bisa Bunda berikan:

Mainan Anak 6-12 Bulan

Ketika si Kecil sudah berusia 6-12 bulan, ia sudah tertarik dengan berbagai mainan anak yang memiliki suara. Cobalah untuk menyalakan suaranya dan meletakkan mainan di berbagai bagian ruangan. Coba tanyakan dari mana suara itu berasal. Bila anak bergerak ke arah sumber suara berasal, ubah letaknya ke tempat yang berbeda di ruangan itu dan cobalah tanyakan lagi. Bila si Kecil sudah mampu merangkak, letakkan mainan suara di tempat yang bisa mereka raih. Mainan tersebut bisa membantu membangun kesadaran spasial Si Kecil.

Mainan Anak 12-24 Bulan

Bunda bisa membacakan buku yang membantu menarik perhatian si Kecil. Biarkan si Kecil mengenal bentuk dan warna dari gambar. Setelah Bunda menunjukkannya, coba buatlah dialog dengan anak seperti menanyakan "di mana ini dan di mana itu?”

Bunda juga bisa memasukkan mainan atau benda yang berbeda tekstur dan ukurannya ke dalam tas. Kemudian minta Si Kecil meletakkan tangannya ke dalam tas tanpa melihat dan hanya memegang suatu benda dan menebak benda yang disentuhnya tersebut.

Buatlah anak mencoba menebak benda yang ada di dalam tas dan mengeluarkan semua benda. Selain berguna untuk mengajarkan kepekaan indera, si Kecil juga dapat belajar mengikuti instruksi, dan mengasah keterampilan pemecahan masalah.

Beberapa rekomendasi mainan anak sesuai usia untuk perkembangan Si Kecil di atas sangat mudah dilakukan, ya Bun. Hal yang tidak boleh dilupakan juga selalu pastikan untuk mencuci tangan Si Kecil dan Bunda sebelum dan sesudah bermain bersama. Jangan juga menyentuh wajah dengan tangan terlalu sering.

Selain itu, jaga asupan makan dan konsumsi susu Si Kecil tiap harinya dengan memerhatikan nutrisinya ya, Bun. Untuk menambah informasi terkait nutrisi dan tumbuh kembang anak, Bunda bisa mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Tahukah Bunda, Kekurangan Zat Besi ...

Tak hanya menghambat kemampuan belajar, simak beberapa dampak kekurangan Zat Besi yang dapat...

Catat! Ini Pentingnya Zat Besi ...

Kekurangan Zat Besi masih menjadi masalah bagi sebagian anak Indonesia. Kondisi ini bahkan memiliki...

Ini Nutrisi Pengganti Susu Sapi ...

Salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan si Kecil adalah Zat Besi, yang...

Tanggap Ciri Alergi Susu Sapi ...

Bunda perlu tanggap jika anak mengalami alergi, salah satunya dengan tahu ciri alergi susu sapi dan...

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Bantu Dukung Periode Emas ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan