Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil | Generasimaju.co.id

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil

Makanan Sehat untuk Dukung Kesehatan si Kecil

Salah satu cara agar kesehatan anak tetap terjaga adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini penting dilakukan untuk mendukung meningkatnya kegiatan si Kecil dan munculnya rasa ingin tahu yang tinggi untuk mencoba hal baru. Oleh karena itu, Bunda perlu memberikan asupan makanan bernutrisi lengkap dan seimbang. Jangan khawatir Bun, tidak sulit kok menentukan makanan sehat untuk anak. Ayo, Bun cari tahu apa saja nutrisi yang sebaiknya ada pada makanan sehat untuk anak demi meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Karbohidrat

Makanan berkarbohidrat berguna sebagai sumber energi. Pilihlah karbohidrat yang berasal dari sumber gula yang baik. Beberapa contoh makanannya seperti biji-bijian, buah segar, buncis dan kacang polong, kacang kedelai, kentang, pasta, produk olahan berbahan susu, dan sayuran.

Lemak

Pastikan di dalam menu makanan sehat untuk anak terdapat kandungan lemak. Sama seperti karbohidrat, lemak juga diperlukan sebagai sumber energi tubuh. Selain itu, lemak juga penting untuk mendukung perkembangan otak. Alpukat, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kembung adalah beberapa makanan yang mengandung lemak.

Protein

Protein selain mendukung pertumbuhan tubuh, berfungsi juga untuk membangun dan memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh. Bunda bisa memberikan makanan yang mengandung protein, seperti susu, telur, daging sapi, unggas, udang, telur, produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, ikan, kacang kedelai, tahu, tempe, buncis, dan kacang-kacangan.

Serat

Kandungan serat juga baiknya dimasukkan ke dalam menu makanan sehat untuk anak. Serat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan. Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan contoh makanan yang mengandung serat, selain itu Bunda bisa juga mendapatkan dari serat pangan, seperti FOS inulin.

Mineral dan Vitamin

Meski jumlah yang dibutuhkan tidak besar, mineral dan vitamin penting untuk membantu fungsi tubuh bekerja dengan baik. Vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan fosfor, kalsium, dan magnesium. Kalsium dan vit D dibutuhkan untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi, Zinc diperlukan untuk mendukung kekebalan tubuh, asam folat dan zat besi untuk pembentukan sel darah merah, kalium dan sodium penting untuk mengatur keseimbangan air yang ada di dalam tubuh.

Bagaimana Bun, sudah tidak bingung lagi kan memilih makanan sehat untuk anak yang bisa dikonsumsi sehari-hari? Dengan memberikan makanan untuk daya tahan tubuh seperti di atas bisa membuat kesehatan anak tetap terjaga, termasuk melindungi dari paparan penyakit maupun virus.

Saat memasak makanan untuk anak juga pastikan matang dengan sempurna ya Bun. Bunda juga harus membiasakan anak untuk mencuci tangan selama 30 detik menggunakan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah makan agar terhindar dari paparan virus. Pastikan juga anak mendapatkan istirahat yang cukup dan melakukan olahraga rutin.

Untuk menambah informasi terkait nutrisi dan tumbuh kembang anak, Bunda bisa mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

8 Nutrisi Penting untuk Daya Tahan ...

Nutrisi yang tepat bisa membantu pertumbuhan sekaligus daya tahan anak berusia 1-3 tahun.

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil ...

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil di Musim Virus

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan ...

Bantu Buah Hati Mencukupi Kebutuhan Asupan Makanan Bergizi

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan ...

Bunda, Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Anak

Tips Jaga Kesehatan Si Kecil ...

Tips Jaga Kesehatan Si Kecil Lewat Physical Distancing untuk Hindari Penularan Virus

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh ...

Aktivitas Fisik untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun


Artikel Terpopuler

8 Nutrisi Penting untuk Daya ...

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Si ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

Bun, Pastikan Periode Emas ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut