Facebook Pixel Code Cara Hemat Atur THR untuk Keuangan Rumah Tangga

Biar Nggak Langsung Ludes, Ini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Kala THR Tiba

Biar Nggak Langsung Ludes, Ini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Kala THR Tiba

THR tiba, THR tiba. Ini saat menyenangkan untuk berbelanja, dong? Eh tapi, nanti dulu!

Momen menjelang lebaran di mana Tunjangan Hari Raya alias THR cair bukan serta-merta jadi kesempatan untuk menghambur-hamburkan uang. Justru ini saat yang tepat untuk dengan cermat mencari cara mengatur keuangan rumah tangga.

Apalagi THR datang satu tahun sekali, tentu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar pos keuangan rumah tangga tetap terjaga dengan baik. Berikut ini cara mengatur keuangan rumah tangga saat THR sudah di tangan.

  • Sisihkan di awal
    Saat THR tiba, hasrat untuk segera berbelanja akan memuncak. Apalagi kini terdapat jumlah uang ekstra di rekening. Tapi, keadaan bukan lantas uang tersebut bisa langsung digunakan begitu saja sampai habis.
    Sisihkan 20-30% uang THR di awal untuk menabung atau berinvestasi sebelum menggunakannya untuk kebutuhan lebaran. Dengan demikian, selain digunakan untuk pengeluaran tambahan, ada tambahan simpanan juga yang dapat bermanfaat di kemudian hari.
  • Siapkan pos untuk amplop dan hampers
    Hampers atau amplop berisi uang lebaran biasanya dibagikan untuk sanak saudara atau kerabat-kerabat. Secara tidak disadari rutinitas tahunan ini juga mengambil porsi yang cukup banyak dari uang THR. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mencatat pos pengeluaran ini sejak THR tiba agar tidak menjadi pengeluaran dadakan saat lebaran.
  • Rapikan wishlist
    Siapa tidak tergoda melihat seluruh barang yang ada dalam daftar keinginan kini bisa ditebus semua? Apalagi begitu banyak promo potongan harga menjelang lebaran. Makin murah, deh!
    Tapi yang perlu diingat, sebelum men-check out seluruh barang yang ada, pastikan agar untuk terlebih dahulu merapikannya agar barang-barang yang dibeli hanya yang penting saja. Sering kali lapar mata membuat barang-barang tersebut masuk wishlist secara impulsif dan sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.
  • Gunakan limit
    Limit adalah batasan uang yang bisa digunakan untuk berbelanja. Ada beberapa jenis rekening tabungan yang memiliki fitur untuk menetapkan limit untuk berbelanja secara online. Dengan menetapkan limit sejak awal, Ibu dan seluruh anggota keluarga dapat mencegah adanya pengeluaran berlebihan.
  • Selalu catat pengeluaran
    Kebiasaan mencatat jurnal pengeluaran dan pemasukan akan memudahkan untuk melacak semua arus uang yang masuk dan keluar. Dengan kebiasaan ini, dapat dilihat untuk apa saja uang digunakan sekaligus bahan untuk mengevaluasi pengeluaran apa saja yang sebenarnya penting dan tidak penting.
  • Atur skala prioritas
    Mendapatkan uang dalam jumlah besar dari biasanya bisa membuat diri kita secara tidak langsung kewalahan untuk mengatur pengeluaran. Banyak hal yang tiba-tiba bisa dibeli dan dilakukan, sehingga seringkali tanpa sadar uang sudah habis sebelum digunakan untuk membeli yang seharusnya menjadi prioritas.
    Untuk itu, diskusikanlah dengan seluruh anggota keluarga mengenai apa saja yang menjadi prioritas bagi masing-masing sehingga semua mendapatkan manfaat dari THR yang didapat.

Kedatangan THR memang merupakan salah satu yang paling dinanti menjelang lebaran, selain momen hari rayanya itu sendiri. Kecermatan mengatur pengeluaran THR juga bisa bermanfaat pada kesehatan finansial keluarga saat dan setelah lebaran.

Nah, selain sehat secara finansial, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan keluarga.

Untuk itu, penting bagi Ibu dan keluarga untuk mendapatkan asupan nutrisi selama berpuasa dan saat Idul Fitri agar tubuh tetap bugar. Dapatkan SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx yang mampu bantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga setiap hari.

Selain rasanya yang Yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi - nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zink, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate dan Creamy Vanilla yang disukai oleh seluruh keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga, bahkan untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa.

Berbeda beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Yummy dan bernutrisi dengan harga hanya Rp 3000-an segelas. Selamat mencoba dan selamat berpuasa, ya, Ibu sekeluarga!

Temukan inspirasi resep ramadhan keluarga maju disini

Artikel Lainnya:

  1. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadan
  2. Bingung Meal Prep Menu Sahur Sehat? Yuk, ibu Cek di Sini!
  3. Coba Kegiatan Positif di Bulan Puasa Ini Agar Tubuh Lebih Segar
  4. Agar Puasa Tidak Lemas dan Pusing, Cek 5 Hal Ini!
  5. Inspirasi Takjil Sehat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bersama
  6. Menunggu Waktu Imsak? Yuk, Coba 5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadhan Ini
  7. Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga dengan Tips Berikut Ini!
  8. Inspirasi Minuman Takjil Buka Puasa yang Cocok Dijadikan Hantaran
  9. Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meski di Rumah Saja
  10. Tetap Seru! Ini Tips Ngabuburit di Rumah Bersama Keluarga
  11. Ternyata, Membagi Pekerjaan Rumah Bisa Jadi Aktivitas Ramadhan yang Seru. Yuk, Cari Tahu Idenya di Sini!

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline