Facebook Pixel Code Menunggu Imsak? Yuk, Coba 5 Kegiatan Ini di Bulan Ramadhan

Menunggu Waktu Imsak? Yuk, Coba 5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadhan Ini

Menunggu Waktu Imsak? Yuk, Coba 5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadhan Ini

Menyelesaikan makan sahur 20-30 menit sebelum imsak kerap terjadi di waktu sahur. Apalagi jika makanan yang tersedia di atas meja makan sangat menggugah selera sehingga menimbulkan antusiasme seluruh anggota keluarga yang ikut makan sahur.

Dengan waktu yang tersisa masih banyak, tidur bukan pilihan yang bijak. Selain dapat menimbulkan masalah lambung seperti GERD, tidur juga meningkatkan risiko Ibu melewatkan waktu salat Subuh yang tinggal sebentar lagi.

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, maka saat menunggu waktu imsak, Ibu dan keluarga dapat melakukan beberapa kegiatan seru di bulan Ramadhan, seperti:

  1. Mencuci piring
    Mencuci alat makan tampaknya menjadi kegiatan wajib setelah sahur selain menggosok gigi. Apalagi tidak jarang juga alat masak sisa persiapan sahur bahkan berbuka juga ikut menumpuk di tempat cuci piring.
    Dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk mencuci piring sambil bermain air dapat sejenak menyegarkan mata yang mengantuk menjelang imsak. Jika cucian banyak, maka ibu bisa mengajak anak untuk turut merapikan piring di rak piring bisa menjadi ide bagus untuk mengalihkan perhatiannya agar tetap melek hingga imsak tiba.
     
  2. Tadarus Al-Quran
    Kegiatan seru di bulan ramadhan berikutnya adalah tadarrus Al-Quran. Pasalnya, bukan rahasia jika membaca atau tadarus Al-Quran diganjar dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.
    Untuk mengisi waktu di sela-sela sahur dan imsak, Ibu bisa melanjutkan bacaan Al-Quran semalam sekaligus mencicil target khatam Al-Quran di bulan Ramadan.
    Ajak juga Ayah maupun anak jika sudah bisa membaca Al-Quran. Sangat bermanfaat dan seru, ya, jika bisa mengkhatamkan seluruh 30 juz Al-Quran bareng keluarga sepanjang bulan Ramadhan. Siap-siap, deh, menyongsong hari kemenangan saat Idul Fitri!
     
  3. Olahraga ringan
    Jika sahur selesai dengan cepat dan terdapat jeda waktu yang cukup lama, maka Ibu dapat menggunakan waktu tersebut untuk menurunkan makanan lalu berolahraga. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga setelah sahur merupakan kegiatan seru di bulan Ramadhan yang bermanfaat karena cadangan karbohidrat masih tinggi.
    Tapi karena dilanjutkan dengan puasa, maka durasi dan intensitasnya harus dipertimbangkan. Cukup berjalan kaki di dalam rumah, menggunakan alat olahraga seperti sepeda statis, atau naik turun tangga, semua dilakukan dengan intensitas rendah untuk menggerakkan badan.
    Dengan melakukannya sebelum imsak, Ibu juga masih memiliki waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan harian setelahnya.
     
  4. Menyeduh susu SGM Family Yummi-Nutri favorit keluarga
    Asupan nutrisi di bulan Ramadhan tetap penting untuk diperhatikan. Seperti halnya berbuka bukan untuk membalas dendam setelah puasa seharian, sahur dengan makan berlebihan juga bukan cara untuk membuat puasa jadi lancar.
    Yang penting adalah cukup dan seimbang. Selain dari makanan, keseimbangan nutrisi juga bisa didapat dari segelas susu SGM Family Yummi-Nutri. Maka dari itu, memasukkan susu ke dalam menu setelah makan sahur menjadi cara melengkapi kebutuhan nutrisi. Susu juga merupakan sumber cairan yang baik untuk tubuh agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Pastikan juga agar Ibu dan keluarga selalu mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dari makanan dan susu. Ibu bisa menyajikan susu SGM Family Yummy-Nutri yang merupakan susu untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi-nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zinc, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate yang lumer di mulut, serta Creamy Vanilla yang gurih untuk melengkapi sahur bersama keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga saat sahur, hingga untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa. Menarik, bukan?

Berbeda-beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Selamat mencoba dan selamat berpuasa ya, Ibu sekeluarga! SGM Family Yummy Nutri, Nikmatnya Maju Bersama!

Temukan inspirasi resep ramadhan keluarga maju di sini

Sumber:

  • https://voi.id/en/lifestyle/45605/bad-for-health-sleeping-after-suhoor-can-trigger-gerd
  • https://fk.ui.ac.id/infosehat/plus-minus-olahraga-setelah-sahur-sebelum-dan-setelah-buka-puasa/
  • https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/healthy-ramadan-fasting-tips

Artikel Lainnya:

  1. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadan
  2. Bingung Meal Prep Menu Sahur Sehat? Yuk, ibu Cek di Sini!
  3. Coba Kegiatan Positif di Bulan Puasa Ini Agar Tubuh Lebih Segar
  4. Agar Puasa Tidak Lemas dan Pusing, Cek 5 Hal Ini!
  5. Inspirasi Takjil Sehat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bersama
  6. Tetap Seru! Ini Tips Ngabuburit di Rumah Bersama Keluarga
  7. Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga dengan Tips Berikut Ini!
  8. Inspirasi Minuman Takjil Buka Puasa yang Cocok Dijadikan Hantaran
  9. Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meski di Rumah Saja

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline