Facebook Pixel Code Benarkah Anak Kurus Pasti Tidak Sehat?

Benarkah Anak Kurus Pasti Tidak Sehat?

Benarkah Anak Kurus Pasti Tidak Sehat?

 

Memasuki usia 3 tahun, kecepatan pertumbuhan si Kecil akan lebih stabil dan tidak sepesat tahun pertama kehidupannya. Ada kalanya si Kecil terlihat lebih kurus dibanding dengan anak-anak seusianya. Bunda pun khawatir mungkin saja si Kecil memiliki gangguan kesehatan sehingga badannya kurus. Namun, benarkah anak kurus pasti tidak sehat? 

Belum tentu Bunda, setiap anak memiliki perkembangan dan pertumbuhan fisik yang berbeda-beda. Tubuh kurus belum pasti menandakan adanya masalah kesehatan. Yuk, simak penjelasan berikut ini! 

Apakah Anak Kurus Pasti Tidak Sehat? 

Anak terkadang memiliki berat badan dalam kisaran normal sesuai usianya tetapi tubuhnya terlihat lebih kurus. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, anak yang kurus belum tentu tidak sehat. Melansir WebMd, para ahli sepakat bahwa berat badan anak tidak selalu menandakan baik atau buruknya kondisi kesehatan. Sebab, berat badan bukan tentang sehat atau tidak sehat, melainkan tentang lemak dan otot di dalam tubuh. Berat badan si Kecil merupakan berat dari otot dan lemak di tubuhnya. Jadi, bisa saja si Kecil memiliki berat badan normal tetapi tubuhnya terlihat kurus. Meski demikian, berat badan menjadi indikator penting dalam tumbuh kembang si Kecil.

Ciri-ciri Anak Kurus Tapi Sehat 

Anak-anak yang kurus tetapi memiliki tubuh yang sehat, biasanya memiliki ciri-ciri berikut. 

1. Jarang Sakit

Anak-anak seringkali mudah tertular infeksi virus, seperti pilek dan flu. Anak yang sehat memiliki kekebalan tubuh yang baik untuk melindunginya dari penyakit. Mungkin si Kecil memiliki tubuh yang kurus tetapi bila daya tahan tubuhnya baik, maka ia tidak mudah terserang penyakit. 

2. Cepat Pulih Ketika Sakit atau Terluka 

Anak umumnya senang aktivitas fisik seperti berlari dan melompat. Terkadang si Kecil jatuh dan terluka. Anak yang sehat biasanya akan pulih dan sembuh lebih cepat. Sebab, ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga bisa melakukan perbaikan dan regenerasi jaringan sel tubuh dengan baik. 

3. Buang Air Besar Lancar dan Teratur 

Buang air besar (BAB) lancar dan teratur menandakan kesehatan pencernaan yang baik. Pencernaan yang sehat juga menandakan kekebalan tubuh yang baik. Anak yang sehat akan buang air besar secara normal dan tinja sehat yang halus dan lembut, tetapi tidak encer atau menggumpal keras.

4. Aktif Bergerak 

Bunda pasti merasa kewalahan mengawasi si Kecil yang berlarian ke sana kemari. Jangan kesal Bun, anak yang aktif bergerak justru tandanya sehat. Anak kecil memang memiliki lebih banyak energi dibandingkan orang dewasa. Anak yang aktif bermain berarti kekebalan tubuh mereka bekerja dengan baik. Sebab, bila anak lesu dan kelelahan justru kekebalan tubuhnya sedang tidak baik. 

5. Ceria

Anak yang sehat akan tampak ceria. Mereka juga tampak penuh semangat menjalani berbagai aktivitas. Kebahagiaan si Kecil menciptakan hormon untuk menjaga sistem kekebalan tubuh mereka tetap kuat. Sebaliknya saat si Kecil merasa stres, hal tersebut juga bisa menurunkan daya tahan tubuhnya. 

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

Ciri-ciri Anak Kurus yang Tidak Sehat

Sebaliknya, tubuh kurus anak juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan atau kekurangan nutrisi. Lantas, apa ciri-ciri kurus yang tidak sehat? Berikut ciri-cirinya!

  • Keterlambatan Pertumbuhan: Anak yang memiliki gangguan kesehatan seringkali tidak tumbuh atau menambah berat badan sesuai tingkat yang diharapkan. 

  • Perubahan Perilaku: Anak sehat umumnya ceria. Bila si Kecil mudah tersinggung, lamban atau cemas, mungkin saja ia mengalami gangguan kesehatan. 

  • Mudah Lelah: Gangguan kesehatan juga bisa terlihat dari tingkat energi yang rendah. Si Kecil jadi lebih mudah lelah dan lesu dibandingkan anak-anak lain. 

Sudah Makan Banyak Tapi Tetap Kurus, Benarkah Cacingan? 

Bunda mungkin pernah mengalami kondisi ketika badan si Kecil kurus padahal sudah makan banyak. Sebagian masyarakat percaya hal tersebut disebabkan oleh cacingan. Benarkah cacingan menyebabkan tubuh si Kecil kurus? 

Memang benar bahwa cacingan bisa membuat berat badan turun drastis. Hal ini disebabkan karena cacing yang menginfeksi saluran cerna dapat menghalangi tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Selain itu, infeksi cacing juga bisa menyebabkan perubahan nafsu makan, seperti makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Selain penurunan berat badan, cacingan seringkali disertai gejala lain seperti sakit perut, mual, atau gatal pada anus. 

Anak-anak yang terkena cacingan biasanya karena kurang menjaga kebersihan. Untuk itu, Bunda perlu mengajarkan si Kecil untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin mencuci tangan. 

Tips Menaikkan Berat Badan Si Kecil 

Bila ingin menaikkan berat badan si Kecil, Bunda tentu harus mencukupi kebutuhan nutrisinya. Berikut sejumlah tipsnya. 

  • Berikan makanan kaya karbohidrat bertepung seperti kentang, roti atau nasi. 

  • Tingkatkan asupan lemak sehat, seperti dari susu dan keju. 

  • Sediakan camilan di sela-sela waktu makan, seperti roti, biskuit, atau yoghurt. 

  • Penuhi kebutuhan vitamin A, C, dan D setiap hari. Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini. 

  • Berikan makanan dalam porsi kecil tetapi sering. 

  • Terapkan pola makan sehat, seperti makan teratur bersama keluarga. 

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Anak Usia 3-5 Tahun

Demikian penjelasan tentang anak kurus tidak selalu menandakan adanya gangguan kesehatan. Meski demikian, orang tua perlu memantau pertumbuhannya dan memberikan makanan bergizi seimbang. Bila Bunda masih khawatir dengan kondisi tubuh si Kecil yang kurus, bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

Jika Bunda ingin mendapatkan akses ke beragam konten edukatif soal pemenuhan gizi anak di usia dini, yuk bergabung dan menjadi member di Klub Generasi Maju, lalu dapatkan info menarik seputar perkembangan anak.

Referensi: 

  1. Neil K. Kaneshiro. (2022). Normal growth and development. Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/article/002456.htm#:~:text=Between%20ages%202%20to%2010,or%20school%2Dage%20child%20needs.
     
  2. Mary Jo DiLonardoIs. (2013). Your Skinny Kid Unhealthy?. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/skinny-kid-unhealthy
     
  3. Heather Hanks. (2023). 5 Signs You Have Healthy Kids. Allthingshealth.com https://www.allthingshealth.com/en-us/pregnancy-and-childrens-health/childrens-health/healthy-kids/
     
  4. National Health Service. (2023). Symptoms Malnutrition. Nhs.uk. https://www.nhs.uk/conditions/malnutrition/symptoms/
     
  5. WebMD Editorial. (2022). Tapeworms vs Pinworms: What's the Difference?. WebMD.  https://www.webmd.com/a-to-z-guides/tapeworms-vs-pinworms
     
  6. National Health Service. (2023). How to help your child gain weight. Nhs.uk. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/childrens-weight/how-to-help-your-child-gain-weight/
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline