Facebook Pixel Code Pola Asuh Orang Tua untuk Membangun Kepercayaan Diri Anak

Bunda, Lakukan Cara Ini Agar Si Kecil Bisa Belajar Percaya Diri Sejak Usia 1 Tahun!

Bunda, Lakukan Cara Ini Agar Si Kecil Bisa Belajar Percaya Diri Sejak Usia 1 Tahun!

 

Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang percaya diri. Namun, kepercayaan diri pada si Kecil tidak muncul begitu saja. Bunda bisa mengajarkannya sejak usia 1 tahun. Agar bisa tumbuh menjadi anak yang percaya diri, ada peran dan pola asuh orang tua yang sangat penting di sini, khususnya Bunda yang menghabiskan lebih banyak waktu dengannya.

Pentingnya Peran Orang Tua untuk Kepercayaan Diri Anak

Pola asuh orang tua yang sehat, bahkan sejak anak masih berusia 1 tahun, dapat membantu membuat anak tumbuh dengan kepercayaan diri yang tinggi. Si Kecil perlu mengetahui kalau orang yang dia cintai selalu ada untuknya dan bisa menjadi “tempat aman” baginya.

Menurut American Academy of Pediatrics, kepercayaan dan harga diri anak akan dibentuk oleh pikiran dan perasaannya tentang kemampuan diri sendiri. Selain itu, persepsi dan harapan orang-orang penting dalam hidupnya, terutama orang tua, juga sangat berpengaruh.

D'Arcy Lyness, PhD mengatakan, anak yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri akan memiliki kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru. Mereka juga lebih cenderung mencoba yang terbaik karena dia tidak takut melakukan “kesalahan” dan akan dimarahi orang tuanya.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Anak Tidak Cocok Susu Formula

Baca juga: 8 Makanan Mengandung Zinc yang Baik untuk Anak

Bagaimana Melatih Kepercayaan Diri pada Anak?

Child Mind Institute menyebut ada beberapa cara yang Bunda dan suami lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak berusia 1 tahun, yaitu sebagai berikut.

1. Dorong Anak untuk Mencoba Hal Baru

Belajar hal yang sudah kuasai anak memang bagus. Namun, membuat anak memiliki keterampilan baru bisa membuatnya merasa mampu dan percaya diri karena dia merasa dirinya dapat belajar hal apa pun jika berusaha.

2. Jangan Dimarahi Jika Anak Membuat Kesalahan

Jika anak membuat kesalahan, jangan memarahinya. Bantu si Kecil memahami bahwa setiap orang membuat kesalahan dan yang terpenting adalah belajar dari kesalahan tersebut. Jangan biarkan anak merasa takut melakukan kesalahan atau gagal.

3. Biarkan Anak Gagal

Wajar jika Bunda ingin melindungi anak dari kegagalan. Namun, pengalaman gagal bisa menjadi cara anak belajar. Gagal mencapai tujuan akan membantu anak mengetahui bahwa itu tidak menjadi masalah. Justru ini bisa memacu anak untuk berusaha lebih keras.

4. Puji Setiap Usahanya

Jangan hanya memuji saat anak berhasil, tetapi jangan lupa berikan pujian saat usahanya tidak berhasil. Ini akan mengajarkan pada anak bahwa kepercayaan diri bukan berarti berhasil. Namun, tentang terus berusaha, menyalahkan diri sendiri dan tidak tertekan jika tidak berhasil.

5. Bantu Anak Menemukan Hal yang Disukainya

Anak yang melakukan hal yang disukainya dapat membantunya mengembangkan dan membangun rasa kepercayaan diri. Jika si Kecil melihat bakatnya berkembang, maka hal itu akan memberikan dorongan besar pada harga dirinya.

6. Memberikan Contoh Kepada Anak

Bahkan jika Bunda bukan orang yang percaya diri, paling tidak lakukan saat berada di depan si Kecil. Melihat Bunda bersikap optimis bisa menjadi contoh yang baik untuk anak. Namun, jangan berpura-pura menjadi sempurna. Akui Bunda memiliki kelemahan, tetapi tetap bisa merasa percaya diri.

7. Tunjukkan Cinta Bunda

Biarkan anak tahu bahwa Bunda mencintainya apa pun yang terjadi. Bisa atau tidak melakukannya, bagus atau tidak hasilnya, Bunda akan tetap mencintainya. Memastikan anak tahu bahwa orang tuanya menganggap dirinya hebat—meski mungkin dia tidak melakukan hal-hal hebat—akan meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri anak hingga dia bertumbuh besar nanti.

Selain cara-cara di atas, yang juga tidak boleh Bunda lupakan adalah memberikan nutrisi yang optimal untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, yaitu dengan memberikan susu pertumbuhan SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, kalsium, Minyak Ikan, Omega 3&6, zinc, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Untuk mendapatkan akses ke beragam konten edukatif anak, termasuk cara membuat si Kecil membangun kepercayaan dirinya, yuk daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju! Dengan jadi member, Bunda juga bisa dapatkan promo serta penawaran menarik seputar susu SGM.

Referensi:

  1. Child Mind Institute. (2023, August 8). 12 Tips for Raising Confident Kids. https://childmind.org/article/12-tips-raising-confident-kids/
  2. Healthy Children. (2022, October 26). Building Blocks for Healthy Self Esteem in Kids. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/gradeschool/Pages/Helping-Your-Child-Develop-A-Healthy-Sense-of-Self-Esteem.aspx
  3. Kids Health. (2018, July). Your Child's Self-Esteem. https://kidshealth.org/en/parents/self-esteem.html
  4. The Naître et grandir. (2019, February). Building self-esteem in children. https://naitreetgrandir.com/en/step/1-3-years/behaviour/fiche.aspx?doc=building-self-esteem-in-children

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline