Facebook Pixel Code 1000 Hari Pertama: Kelebihan ASI untuk Bayi

Kelebihan Asi Untuk Bayi

Kelebihan Asi Untuk Bayi

Tentu Bunda sudah mulai menjaga kesehatan buah hati sejak masa kehamilan dari konsumsi makanan yang bergizi, istirahat cukup, serta berolahraga. Namun, masa periode emas buah hati pada 1000 hari pertama kehidupannya berlangsung sampai usia 2 tahun.

Salah satu upaya yang bisa bunda lakukan di usia tersebut adalah memberi ASI eksklusif. ASI merupakan makanan terbaik bagi buah hati karena selain sebagai sumber nutrisi. ASI juga mengandung hormon, unsur kekebalan, anti-alergi, serta anti-inflamasi.

Berikut beberapa kelebihan ASI yang menjadikannya wajib diberikan kepada buah hati pada 1000 hari pertama kehidupannya.

  1. Kaya Nutrisi Penting

Dibandingkan asupan makanan lain ataupun susu formula, kandungan gizi dalam ASI jauh lebih unggul dan tidak ditandingi. ASI dapat mencukupi semua kebutuhan nutrisi buah hati butuhkan sekurangnya hingga usia 6 bulan.

Di antaranya protein, AA, DHA, Omega-6, vitamin A, lemak, zat besi, lactobacillus, laktosa, taurin, kolostrum, dan lisozim. ASI juga mengandung protein whey yaitu sejenis protein yang mudah diserap oleh usus. Karena itu, pemberian ASI dapat mencukupi kebutuhan buah hati hingga usia 6 bulan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan juga dapat membantu pembentukan sistem daya tahan tubuh buah hati. Sistem kekebalan tubuh yang semakin baik, dapat menghindarkan buah hati dari berbagai penyakit. Kandungan protein seperti laktoferin dan IgA dalam ASI juga berfungsi melindungi buah hati dari infeksi kuman seperti virus dan parasit.

  1. Lebih Higienis

ASI bersumber dari payudara Bunda dan langsung diberikan kepada buah hati tanpa campuran bahan lainnya. Ini menjamin kebersihan ASI dibandingkan asupan makanan lain. Suhu ASI pun secara alamiah disesuaikan dengan kenyamanan buah hati. Jika Bunda mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan tepat, kualitas ASI pun semakin baik.

Begitu banyak kelebihan ASI untuk buah hati yang tidak bisa disepelekan. Makin semangat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati untuk dukung masa 1000 hari pertama kehidupannya. Jika mengalami masalah dengan produksi ASI, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline