Facebook Pixel Code Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip Tips Lebaran Virtual yang Seru di Sini!

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip Tips Lebaran Virtual yang Seru di Sini!

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip Tips Lebaran Virtual yang Seru di Sini!

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip Tips Lebaran Virtual yang Seru di Sini!

Dari tahun ke tahun, momen pulang kampung alias mudik menjadi saat yang dinanti-nanti. Bayangan akan salat Id bersama sanak saudara maupun teman-teman masa kecil lalu menikmati sajian khas lebaran di kampung semakin nyata

Namun seringkali untuk berbagai alasan, niat ini harus diurungkan.

Dua lebaran terakhir, alasan paling utama tidak bisa pulang kampung adalah pandemi Covid-19. Tahun ini, meski pandemi tampak sudah berangsur mereda, banyak orang yang menghindari pulang kampung karena alasan tersebut. Terlebih jika ada orang tua yang rentan jika terkena Covid-19.

Untungnya, pengalaman dua kali puasa terakhir ini mengajarkan bahwa teknologi bisa sangat membantu mendekatkan yang jauh. Mendekatkan jarak meski sifatnya maya.

Nah, bagi yang terpaksa tidak bisa pulang kampung, berikut adalah tips lebaran virtual yang tetap seru, meski tidak bisa bertemu dan bertatap muka secara langsung.

Perhatikan koneksi internet Berkomunikasi virtual, terutama lewat video secara beramai-ramai tentunya membutuhkan koneksi internet yang kuat. Oleh sebab itu, Ibu dan keluarga bisa memastikan dulu ruangan di mana koneksi internet mampu beroperasi dengan stabil atau lakukan di luar ruangan agar pencahayaannya pun baik.

Main games seru Tidak sekadar mengobrol, tapi untuk melibatkan anak-anak yang ikut dalam acara Lebaran virtual, mereka bisa ikut bermain games seru, baik dalam ruangan yang sama, atau dibuatkan ruangan berbeda dengan sepupu dan sanak saudara sebaya. Dengan demikian, mereka bisa ikut merasakan serunya momen lebaran sesuai usia. Persiapkan permainan seperti Tebak Lagu, Tebak Kata, Bingo, Kuis Trivia, Tebak Emoji, dan lain-lain. Untuk mempermudah, gunakan aplikasi seperti Kahoot untuk merancang permainan yang menarik.

Siapkan background Zoom Meeting Siapa bilang lebaran virtual tidak bisa foto bersama dengan anggota keluarga lainnya yang terpisah jarak? Bisa kok. Tips biar seru adalah pastikan semua anggota keluarga on cam, tapi sebelumnya siapkan background Zoom Meeting dari foto-foto yang mengingatkan tentang tempat di rumah di kampung, atau di tempat-tempat penuh kenangan di kampung halaman. Sehingga meski foto diambil secara virtual, latar belakang foto tetap mencerminkan keluarga dan kampung halaman.

Jalan-jalan virtual Jika ada anggota keluarga yang tinggal di kampung halaman atau kebetulan bisa pulang, dia bisa menjadi ‘tuan rumah’ dan mengajak jalan-jalan ke tempat-tempat penuh kenanganu menggunakan teknologi video. Dengan cara tersebut, Ibu dan keluarga bisa turut menapaktilasi jejak-jejak nostalgia yang ada di kampung halaman, kendati dilakukan secara virtual.

Buat jadwal sharing antara anggota keluarga Momen mudik yang melekat dan selalu terbayang adalah suasana riuh rendah saat seluruh keluarga sedang berkumpul untuk dan saling bercerita dengan satu sama lain. Meski seru, tapi saat Lebaran virtual sebaiknya dibuat jadwal sharing agar masing-masing keluarga dan perwakilannya diberi kesempatan berbicara secara bergiliran. Dengan demikian, momen utama bersilaturahmi serta makna berlebaran tetap didapat.

Menyiapkan makanan yang sama Makan bersama akan lebih menarik jika sama-sama menyajikan hidangan yang biasanya disajikan saat pulang kampung. Jika tidak bisa merasakan lebaran di kampung halaman, setidaknya bisa merasakan lezatnya sajian khas, dan dimakan bersama semua peserta saat Zoom meeting. Ingin lebih seru? Buat lomba masak makanan khas kampung halaman dan tampilkan hidangannya saat acara Lebaran virtual. Pemenang dinilai berdasarkan tampilan, bukan rasa.

Pastikan baik makanan maupun minuman yang disajikan mengandung nutrisi yang seimbang dan dibutuhkan seluruh anggota keluarga. Apalagi setelah menjalani puasa sebulan penuh dan pola makan sudah kembali normal, sebaiknya tidak mengabaikan asupan nutrisi di tengah makanan khas lebaran.

Pastikan juga agar Ibu, anak dan keluarga selalu mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dari makanan dan juga susu. SGM Family Yummy-Nutri dengan Pro-gress Max merupakan susu yang cocok dikonsumsi seluruh keluarga.

Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zink, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate dan Creamy Vanilla yang disukai oleh seluruh keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga, bahkan untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa.

Berbeda beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Yummy dan bernutrisi dengan harga hanya Rp 3000-an segelas. Selamat Lebaran, ya, Ibu sekeluarga!

Artikel Lainnya di Tahapan parenting-tips Ramadhan Tips

Hanya 5 Menit! Ini Resep Menu ...

Tidak hanya lezat, hidangan sahur juga wajib kaya nutrisi. Untuk itu, berikut inspirasi menu sahur...

Ide Ucapan Bulan Suci Ramadhan ...

Selain ibadah puasa, Ramadhan juga dapat jadi momen memperkuat silaturahmi sesama Muslim. Untuk...

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani ...

Salat tarawih sejatinya bisa dilakukan di mana saja. Jika ingin tarawih bersama keluarga di rumah,...

Agar Aman, Ini Tips Open ...

Menghadiri atau menggelar open house adalah momen bersilaturahmi yang dinanti saat Lebaran. Nah,...

Tips Lebaran di Rumah Aja: ...

Lebaran di rumah aja bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto keluarga yang asyik. Banyak kok...

5 Ide Dessert Kumpul Keluarga saat ...

Makanan lebaran butuh minuman yang tepat sebagai penyeimbang. Berikut adalah ide minuman buka puasa...


Artikel Terpopuler

Tips Mendapatkan Sumber Vitamin ...

Baca Selengkapnya >

Olah dan Simpan MPASI ...

Baca Selengkapnya >

Tips Mudah Atur Pola ...

Baca Selengkapnya >

8 Cara Mengajak Anak Pemalu ...

Baca Selengkapnya >

5 Tips MPASI Bergizi untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut