Facebook Pixel Code Rujak Serut

Rujak Serut

Rujak Serut
Rujak Serut
Icon Food Child
Icon Duration 20m

Rujak Serut

Bahan-bahan :

Buah nanas (dikupas bersih) ¼ buah

Daging buah mangga muda 1 buah

Buah pepaya (setengah tua, dikupas bersih) ¼ buah

Buah bengkuang (dikupas bersih) 1 buah

Buah kedondong (dikupas bersih) 1 buah

Bumbu gula merah :

Air ¾ gelas

Kacang tanah goreng (digerus halus) ½ ons

Cabai keriting merah 10 buah

Gula merah halus 1 gelas

Gula pasir ½ gelas

Terasi bakar ½ sendok teh

Asam jawa 1 sendok makan

Garam secukupnya

 

Cara Membuat :

  1. Pertama, larutkan asam jawa dengan 3½ sendok makan air, lalu disaring
  2. Kemudian, siapkan buah-buahan, cuci bersih sekali lagi dengan air matang dingin
  3. Serut seluruh buah dan pindahkan pada wadah, lalu sisihkan
  4. Siapkan panci dan didihkan air
  5. Masukkan bahan-bahan bumbu gula merah (larutan asam jawa)
  6. Aduh dan masak hingga mendidih dan mengental
  7. Tambahkan larutan asam jawa, aduk, lalu masak hingga mendidih lagi
  8. Angkat gula merah dan biarkan agak dingin
  9. Masukkan buah-buahan yang telah diserut sebelumnya ke dalam gula
  10. Aduk rata dan masukkan pada wadah, lalu tutup hingga bumbu meresap
  11. Rujak Serut buatan Bunda siap disajikan!

Nah, itulah tadi menu masakan harian yang dapat Bunda coba di rumah. Masakan ini sangat cocok untuk si Kecil karena, selain penuh gizi, resep cemilan sehat dan praktis ini juga memiliki rasa yang lezat. Perpaduan antara buah mangga, pepaya, dan juga nanas yang nikmat tentunya akan disukai oleh buah hati. Maka dari itu, Bunda dapat menyajikan resep ini sebagai menu camilan siang atau sore ketika si Kecil sedang bermain atau belajar.

Yuk, langsung saja kreasikan ide masakan harian ini di rumah! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Bunda!

Bunda, jangan lupa juga untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang memadai untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

Rujak Serut

Sedang mencari menu masakan harian untuk si Kecil, Bunda? Resep rujak serut ini bisa dijadikan pilihan. Sebab selain rasanya yang lezat, resep ini menggunakan bahan-bahan yang dikhususkan agar menjadikan makanan ini menjadi sehat serta bergizi.

Bahan pertama yang harus Bunda siapkan untuk membuat resep masakan untuk anak ini adalah buah nanas yang dikupas bersih. Nanas merupakan makanan dengan vitamin C yang tinggi. Manfaat vitamin C untuk anak amatlah penting untuk pertumbuhan serta perkembangannya. Tak hanya itu saja, nanas juga berperan dalam menjaga sistem imun.

Selain nanas, pada resep cemilan sehat dan praktis ini, Bunda juga memerlukan buah mangga. Sama seperti buah nanas, mangga juga mengandung manfaat vitamin C untuk anak. Kemudian selain itu, mangga juga tinggi akan polifenol, senyawa tumbuhan yang memiliki peran sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas. Jadi, si Kecil dapat terus sehat selagi belajar dan bermain secara bebas.

Tak hanya itu saja lho, Bunda. Menu masakan harian ini juga memerlukan buah lain, yakni pepaya. Buah pepaya adalah sumber vitamin C dan A. Seperti yang telah kita ketahui bersama, vitamin A sangatlah penting dalam menjaga kesehatan mata. Bukan hanya itu saja, buah ini juga mengandung enzim papain yang menjadikannya sangat mudah untuk dicerna oleh perut si Kecil!

Oh iya, untuk melengkapi menu masakan harian ini, buah ini juga akan menggunakan buah-buahan yang sehat lainnya, yaitu bengkuang dan kedondong. Pertama, Mirip dengan pepaya, kedondong juga baik untuk pencernaan. Namun kali ini, si Kecil akan merasakan manfaatnya dari kandungan serat prebiotik. Perlu diketahui, serat prebiotik adalah sumber makanan probiotik, bakteri baik yang menjaga kesehatan pencernaan. Kemudian untuk kedondong, si Kecil akan merasakan berbagai nutrisinya, seperti vitamin C, A, serta zat besi.

Perlu diketahui, makanan mengandung zat besi untuk anak sangat baik untuk diberikan. Alasannya karena manfaat zat besi untuk anak terbilang sangat penting, yaitu untuk menunjang penyebaran oksigen serta membuang karbon dioksida di tubuh. Kemudian, zat besi merupakan nutrisi esensial, yang berarti si Kecil hanya akan mendapatkannya melalui menu masakan harian, seperti rujak serut ini!

Setelah mengetahui beberapa kandungan gizinya, kini Bunda dapat mempraktekkan ide masakan harian berikut ini. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat 15 porsi rujak serut beserta cara pembuatannya!


Nilai Gizi per Resep

Energi: 99.1 kkal

Protein: 1.3 gram

Karbohidrat: 20 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan