Facebook Pixel Code Pilihan Buah Bernutrisi Tinggi yang Baik untuk Ibu Hamil

Pilihan Buah Bernutrisi Tinggi yang Baik untuk Ibu Hamil

Pilihan Buah Bernutrisi Tinggi yang Baik untuk Ibu Hamil

Pilihan Buah Bernutrisi Tinggi yang Baik untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Ibu akan membutuhkan berbagai macam nutrisi dengan jumlah lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini pun yang menyebabkan Ibu perlu mengonsumsi berbagai jenis macam makanan sehat, contohnya daging, sayur, dan buah-buahan. Kali ini, mari fokus pada buah-buahan. Dari bermacam-macam buah yang terdapat di luar sana, mana sajakah yang baik dan paling bermanfaat bagi ibu hamil? 

Buah dengan kandungan nutrisi yang baik untuk Ibu hamil

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil, terutama seperti vitamin C dan asam folat. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019, ibu hamil membutuhkan setidaknya 85 miligram vitamin C per hari dan direkomendasikan untuk mendapat asupan asam folat sebanyak 0.6 miligram per hari.

Sebelumnya, perlu diingat bahwa sebagian besar buah pada dasarnya dapat memberikan manfaat yang baik untuk ibu hamil. Namun, berikut beberapa buah yang ternyata sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Jeruk

Meski dikenal karena tinggi akan vitamin C, jeruk juga mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat masih termasuk vitamin B yang dapat membantu mencegah si kecil mengalami cacat otak dan tulang belakang.

Lalu, jeruk merupakan salah satu sumber makanan kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan sel. Selain itu, mengonsumsi jeruk juga dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga Ibu tidak akan mengalami dehidrasi.

Mangga

Di samping warnanya yang sama-sama kuning, mangga juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Ibu hamil yang mengonsumsi buah mangga sebanyak 175 gram dapat memenuhi rekomendasi asupan vitamin C untuk sehari (RDA).

Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A. Bayi yang dilahirkan dalam kondisi kekurangan vitamin A dapat memiliki imunitas yang rendah dan meningkatkan risiko komplikasi setelah kelahiran, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Alpukat

Buah satu ini merupakan sumber terbaik dari asam folat. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung nutrisi dan mineral lain, seperti:

● Vitamin C, B, dan K

● Serat

● Asam lemak tunggal tak jenuh

● Zat besi

● Magnesium

● Potasium (Kalium)

● Kolin

Alpukat merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena mengandung lemak sehat (tidak jenuh) yang dapat memberikan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf.  Ini adalah kelainan bawaan akibat kegagalan penutupan lempeng saraf. Lemak sehat ini juga dapat meningkatkan sel untuk pembentukan jaringan kulit dan otak.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa vitamin B6 yang terkandung dalam alpukat dapat membantu mengurangi mual pada ibu hamil. Lalu, potasium dapat membantu meringankan keram kaki yang merupakan salah satu gejala saat kehamilan trimester akhir.

Sementara itu, kandungan kolin penting untuk pertumbuhan otak dan saraf si kecil.

Pisang

Pisang juga merupakan buah sumber potassium  (kalium) dan kaya akan serat. Dengan kandungan seratnya, pisang dapat membantu mencegah sembelit yang biasanya disebabkan oleh:

● Tekanan pada usus

● Rasa khawatir dan cemas

● Kurang asupan serat

● Mengonsumsi suplementasi zat besi

Selain itu, buah pisang mengandung vitamin B-6 yang baik untuk membantu ibu hamil meredakan mual dan muntah di awal masa kehamilan.

Apel

Buah terakhir yang sebaiknya dikonsumsi Ibu selama hamil adalah apel. Buah ini cukup umum ditemukan dan memiliki kandungan yang baik untuk ibu hamil.

Seperti halnya alpukat dan pisang, apel juga mengandung potasium serta vitamin A, C, dan serat. 

Sebuah penelitian menemukan, ibu hamil yang mengonsumsi apel dapat mengurangi risiko si kecil mengidap asma dan alergi kelak setelah dilahirkan.

Asupan nutrisi merupakan prioritas utama bagi ibu hamil. Makanya, ibu perlu makan sumber makanan yang beragam tetapi tetap sehat atau terdiri dari buah dan sayur. 

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 2

6 Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang ...

Tumbuh kembang janin dapat ditunjang dengan konsumsi nutrisi yang seimbang. Pastikan Bunda...

Perut Menonjol Ke Atas Tanda ...

Terdapat kepercayaan atau mitos bahwa perut Ibu hamil yang menonjol ke atas itu tanda anak...

Pentingnya Kalsium untuk Perkembangan Janin

Kalsium dibutuhkan untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi pada janin. Bagaimana proses...

Pentingnya Asam Folat untuk Tumbuh ...

Asam folat memiliki peranan penting dalam proses tumbuh kembang janin. Bagaimana penjelasannya?...

Vitamin Ini Untuk Dukung Kecerdasan ...

Vitamin menjadi salah satu nutrisi esensial untuk menjaga kinerja fungsi tubuh selama masa...

5 Jenis Makanan Untuk Pertumbuhan Otak ...

Asupan nutrisi tepat yang diberikan selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin secara...


Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

7 Kiat Atasi Gejala Pusing & ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Perkembangan Janin pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjutSAYA SETUJU