Facebook Pixel Code 5 Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, dan Tips Memenuhinya

5 Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, dan Tips Memenuhinya

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, Baik untuk Otak Janin!

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, Baik untuk Otak Janin!

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, Baik untuk Otak Janin!

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan salah satunya bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin.

Di dalam omega 3 sendiri, terdapat tiga jenis asam lemak, antara lain alpha-linolenic acid (ALA) yang bisa didapat dari sayuran hijau, serta eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat diperoleh dari makanan laut.

Sudahkah Bunda mengonsumsi minyak ikan? Ketahui manfaat minyak ikan untuk ibu hamil, serta tips memenuhi kebutuhannya setiap hari di artikel ini selengkapnya, yuk! 

Sederet Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Selama ini, minyak ikan dikenal dapat menambah nafsu makan anak. Namun, ternyata manfaat minyak ikan untuk ibu hamil pun tidak kalah banyaknya. Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil tersebut, antara lain:

1. Mendukung perkembangan otak janin

Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil yang pertama adalah mendukung perkembangan otak janin. Seperti dilansir dari American Pregnancy Association, ada 2 jenis vitamin yang terdapat dalam asam lemak omega 3, yakni EPA dan DHA. 

DHA berperan mendukung perkembangan otak, mata, dan sistem saraf pusat janin. Ketiga organ ini amat mempengaruhi kecerdasan janin hingga lahir.

Sementara itu, EPA membantu meningkatkan fungsi jantung, sistem kekebalan tubuh, serta berfungsi sebagai zat antiradang pada ibu dan janin.

Minyak ikan sebetulnya bisa berasal dari berbagai jenis ikan berlemak yang tinggi asam lemak omega-3. Namun, tahukah Bunda bahwa minyak ikan yang terbuat dari ikan tuna memiliki kandungan Omega 3, DHA, dan EPA yang lebih tinggi ketimbang minyak ikan cod?

Minyak ikan tuna memiliki rasio DHA:EPA 4:1 yang menurut Functional Neurological Center pada tahun 2022 bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak.

Minyak ikan tuna juga ternyata memiliki zat besi, zink, vitamin A, D, & E yang lebih tinggi daripada minyak ikan cod.

2. Menyeimbangkan hormon saat hamil

Saat hamil, terjadi banyak perubahan dalam tubuh yang salah satunya membuat zat prostaglandin menurun. Padahal, zat ini memiliki kegunaan mengatur produksi hormon selama mengandung.

Nah, di sinilah manfaat minyak ikan untuk ibu hamil. 

Mengutip dari American Pregnancy Association, asam lemak omega 3 di dalam minyak ikan bermanfaat menjaga keseimbangan zat prostaglandin ibu hamil sehingga produksi hormon lebih teratur. 

3. Mengurangi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi saat kehamilan dapat berujung pada preeklamsia yang dapat membahayakan ibu dan bayi. Nah, manfaat minyak ikan untuk ibu hamil juga dapat menurunkan risiko preeklamsia, Bun.

4. Memperbaiki suasana hati

Ibu hamil rentan mengalami perubahan mood. Begitu pun ketika melahirkan, tidak sedikit dari ibu yang juga mengalami baby blues hingga depresi setelah melahirkan.

Bentuk depresi ini tentu akan mengganggu kesehatan mental, maka minyak ikan untuk ibu hamil penting dikonsumsi karena bermanfaat memperbaiki suasana hati.

5. Mencegah alergi pada anak

Konsumsi minyak ikan untuk ibu hamil akan meningkatkan asupan DHA dalam darah bayi.

Hal ini berkaitan erat dengan penurunan risiko alergi pada masa kanak-kanak seperti asma, dermatitis atopik, dan rinitis alergi.

Baca Juga: Perkembangan Janin di Kehamilan Trimester 1

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Omega 3

Minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan sebagai lauk makan atau melalui suplementasi seperti vitamin dan susu hamil.

Melansir Baby Center, para ahli mengatakan baiknya mengonsumsi asam lemak omega 3 dari sumber makanan terlebih dahulu daripada suplemen. Selain ikan, apa saja makanan yang mengandung omega 3? Berikut ini di antaranya:

1. Telur ayam omega-3

Telur ayam juga ada yang mengandung omega 3, lho. Telur ini dihasilkan oleh ayam betina yang diberi pangan mikroalga dengan kandungan DHA atau suplemen mikroalga turunan DHA. Biasanya, telur ini dijual khusus dengan label omega 3 agar lebih mudah dibedakan.

2. Seafood

Seafood adalah sumber makanan tinggi omega-3 yang bagus untuk ibu hamil. Namun, Bunda perlu menghindari jenis ikan yang tinggi merkuri seperti tenggiri dan todak. Hal ini karena kontaminasi zat merkuri pada ikan bisa menyebabkan gangguan perkembangan otak dan saraf bayi di dalam kandungan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) merekomendasikan konsumsi makan laut rendah merkuri sebanyak maksimal 300 gram per hari. 

Adapun beberapa contoh sumber omega 3 yang rendah akan merkuri adalah ikan salmon, ikan teri, ikan herring, ikan sarden, ikan tilapia (seperti ikan nila atau ikan mujair), ikan lele, tuna, dan udang. 

Mengutip Hi Pregnancy,  di dalam tuna dan udang juga terkandung jenis asam lemak EPA dan DHA yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif bayi sejak dalam kandungan.

Nah, Bunda juga sebaiknya menghindari ikan laut yang tinggi kandungan vitamin A, seperti minyak ikan kod. Karena, vitamin A dalam kandungan tinggi yang dikonsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahir. 

3. Alpukat

Alpukat selama ini dikenal sebagai buah yang tinggi asam folat. Namun di samping itu, alpukat ternyata juga memiliki kandungan omega-3, Bun!

Dua kandungan ini tentunya baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi selama di dalam kandungan Bunda. 

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber asam lemak omega 3 ALA yang baik untuk ibu hamil. Beberapa di antara jenis sayuran hijau tersebut meliputi bayam, kale, dan brokoli. Selain mengandung omega 3, sayuran ini juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan selama hamil, Bun.

5. Susu hamil yang terfortifikasi fish oil

Selama hamil, Bunda membutuhkan nutrisi dari makanan sehari-hari seperti sayur dan buah-buahan, makanan tinggi protein, makanan kaya kalsium, serta bisa juga dengan minum susu hamil yang bagus.

Susu bisa dijadikan pelengkap makanan saat hamil karena selain untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi harian, susu juga bisa membantu Bunda mencapai berat badan hamil yang ideal dan sehat.

Terlebih lagi, susu hamil juga mengandung berbagai zat gizi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Contohnya adalah kalsium yang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin.

Nah untuk bantu mengoptimalkan kebutuhan gizi selama hamil, Bunda bisa pilih susu hamil SGM yang sudah diformulasikan dengan tambahan minyak ikan, karena ternyata minyak ikan bisa memberi banyak manfaat untuk ibu hamil, ya, Bun.

Maka dari itu, yuk maksimalkan kebutuhan gizi untuk ibu hamil dengan SGM Bunda Pro-gress Maxx. Minum SGM Bunda Pro-gress Maxx 1 gelas setiap hari dukung nutrisi lengkap dan bantu maksimalkan tumbuh kembang calon buah hati.

SGM Bunda Pro-Gress Maxx mengandung nutrisi penting untuk selama kehamilan, seperti minyak ikan tuna, DHA, tinggi zat besi, tinggi asam folat, tinggi kalsium dan mengandung vitamin penting lainnya. 

SGM Bunda Pro-Gress Maxx tersedia dalam rasa cokelat dan stroberi yang lezat yang bisa diminum hangat maupun dingin. Itu kenapa SGM Bunda Pro-gress Maxx juga disetujui oleh 92% ibu hamil dapat mengurangi mual di pagi hari.

Jangan lupa juga daftarkan diri menjadi Klub Generasi Maju untuk mendapatkan beragam promo menarik seputar susu SGM Bunda, sekarang!

 

Sumber:

  1. American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/omega-3-fish-oil-and-pregnancy-986/. Diakses pada 29 Juni 2022
     
  2. What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/your-health/omega-3-fish-oil-during-pregnancy. Diakses pada 29 Juni 2022
     
  3. CDC. https://www.cdc.gov/breastfeeding/breastfeeding-special-circumstances/environmental-exposures/mercury.html. Diakses pada 29 Juni 2022
     
  4. Cordlife. https://www.cordlife.co.id/en/fish-oil-supplement. Diakses pada 29 Juni 2022
     
  5. Web MD. https://www.webmd.com/diet/guide/your-omega-3-family-shopping-list. Diakses pada 29 Juni 2022
     
  6. Hi Pregnancy. https://hipregnancy.com/can-you-eat-shrimp-when-pregnant/. Diakses pada 29 Juni 2022
     
  7. My Aqua Omega. https://www.myaquaomega.ca/blogs/benefits/when-to-take-fish-oil-in-pregnancy. Diakses pada 29 Juni 2022

Artikel Lainnya di Tahapan Trimester 1

3 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil ...

Kalsium untuk ibu hamil berguna untuk menjaga kepadatan tulang. Kalsium juga penting untuk...

Vaksin untuk Ibu Hamil? Cek ...

Vaksin saat hamil di tengah pandemi adalah hal yang bisa (bahkan perlu) untuk para ibu lakukan....

6 Jenis Imunisasi Ibu Saat Hamil ...

Imunisasi adalah hal yang wajib untuk dilakukan, termasuk bagi para ibu yang sedang hamil. Simak...

5 Jenis Imunisasi yang Aman untuk ...

Imunisasi adalah sesuatu yang mampu menyelamatkan Bunda dan janin jika dilakukan dengan tepat....

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu ...

Ingin menambah asupan zat besi untuk ibu hamil? Berikut rekomendasi makanan penambah zat besi...

Begini Cara Memilih Susu yang ...

Memilih susu yang baik untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Berikut cara-cara yang harus Bunda...


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut