Facebook Pixel Code Manfaat Vitamin C untuk Anak Demi Tumbuh Kembang Optimal

Daya Tahan Tubuh Terjaga untuk Tumbuh Kembang si Kecil Optimal

Daya Tahan Tubuh Terjaga untuk Tumbuh Kembang si Kecil Optimal

Daya Tahan Tubuh Terjaga untuk Tumbuh Kembang si Kecil Optimal

Si Kecil memiliki 5 potensi prestasi di dalam diri yang berperan penting bagi tumbuh kembang optimalnya, yaitu cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri. Untuk dapat mengasah kelima aspek penting tersebut, tentu si Kecil membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat agar ia bebas mencoba banyak hal baru dan tumbuh menjadi anak cerdas dan berprestasi.  

Salah satu kunci untuk memelihara daya tahan tubuh si Kecil adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan seimbang, serta mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Idealnya, si Kecil yang berusia 1-5 tahun makan dengan jadwal 3 kali makan utama diselingi 2-3 kali makan camilan. Bunda juga sebaiknya memastikan menu makan si Kecil bervariasi dari hari ke hari agar ia memperoleh semua nutrisi penting mulai dari karbohidrat, lemak, protein, hingga vitamin dan mineral. 

Nutrisi-Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh si Kecil

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, tetapi keberadaannya sangat penting karena masing-masing memiliki peran sendiri dalam menjalankan fungsi tubuh. Dua di antaranya adalah Vitamin C dan Zinc (Seng) yang membantu memelihara daya tahan tubuh si Kecil. Apa saja ya manfaat vitamin C untuk anak dan Zinc demi bantu tumbuh kembangnya?

Manfaat vitamin C untuk anak yakni mampu adalah merangsang pembentukan antibodi dan membantu memelihara daya tahan tubuh si Kecil. Tak hanya itu, manfaat vitamin C untuk anakVitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang berperan penting dalam mencegah anemia pada si Kecil. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan tubuh lelah dan lesu, radang gusi, hingga nyeri sendi. Bahkan, sebuah studi menyatakan kekurangan vitamin C bisa menyebabkan penyakit tulang pada si Kecil. Kebutuhan Vitamin C untuk anak usia 1-5 tahun adalah 40-45mg per hari.

Selain manfaat vitamin C untuk anak, Vitamin C, Zinc juga membantu menyembuhkan luka dan menjaga agar daya tahan tubuh si Kecil bekerja dengan baik. Tak hanya memelihara daya tahan tubuh, Zinc juga dikenal memainkan peran penting dalam proses pertumbuhan sel dan metabolisme. Kekurangan Zinc dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Terlebih, penelitian juga menunjukkan bahwa asupan Zinc dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak.  Kebutuhan Zinc untuk anak usia 1-5 tahun adalah sebanyak 3-5mg per hari3. 

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Zinc

Kementerian Kesehatan menyarankan agar si Kecil memakan banyak sayur dan buah karena mengandung beragam vitamin dan mineral, termasuk Vitamin C dan Zinc. Manfaat vitamin C untuk anak bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti Vitamin C banyak ditemui di dalam buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, tomat, dan brokoli. Jika si Kecil bosan memakan buah potong, Bunda bisa menyajikannya dalam bentuk puding buah, jus, atau es buah. Sayur-sayuran juga bisa Bunda siasati menjadi nugget atau mencampurkannya dengan makanan lain yang disukai si Kecil

Zinc bisa Bunda peroleh dari daging tanpa lemak, ayam, makanan laut, produk gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain makanan utama, kedua nutrisi penting tersebut juga bisa diperoleh melalui susu pertumbuhan yang telah diperkaya Vitamin C dan Zinc.

Bunda bisa menjadikan SGM Eksplor 1 Plus atau SGM Eksplor 3 Plus dengan formula Complinutri sebagai pilihan asupan nutrisi si Kecil. SGM Eksplor diperkaya dengan nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil seperti Minyak Ikan, Omega 3, DHA, Serat Pangan Inulin, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lain untuk anak seusianya. Jaga daya tahan tubuh si Kecil dengan nutrisi lengkap dan seimbang serta aktivitas fisik teratur dan istirahat cukup. Dukung selalu tumbuh kembang optimal si Kecil agar ia menjadi Anak Generasi Maju.

 

Sumber :

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 41/2014 (Pedoman Gizi Seimbang) Retrieved from: http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf Accessed Aug 27, 2020

https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/#h5 Accessed Aug 27, 2020

Peraturan Menteri Kesehatan RI No28/2019 (Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia) retrieved from: http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__

28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf Accessed Aug 27, 2020

https://www.who.int/elena/bbc/zinc_stunting/en/ Accessed Aug 27, 2020

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Cara Mengatasi Alergi Makanan

Cara mengatasi alergi makanan yang paling ampuh adalah dengan menghindari sumber pemicu alergi atau...

Kenali Ciri-ciri Alergi Susu Sapi ...

Anak usia 1-3 tahun berpotensi alami alergi susu sapi. Perhatikan ciri-ciri alergi susu sapi...

Waspadai 6 Gejala si Kecil Mengalami ...

Tahukah Bunda, gejala alergi dingin berbeda dengan alergi debu. Cari tahu seputar alergi dingin,...

Berbagai Kebaikan dan Manfaat Minyak ...

Wajar ketika Ibu masih ragu ketika akan memberikan minyak ikan untuk anak karena belum tahu manfaat...

Menilik Manfaat dan Sumber Terbaik ...

Bayi hingga anak membutuhkan 200 sampai 1000 mg kalsium per hari. Oleh sebab itu, yuk simak ragam...

Mengenal Omega-3, Nutrisi Esensial untuk ...

Penting bagi Bunda untuk memastikan kecukupan omega 3 pada menu harian anak. Temukan beragam...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut