Facebook Pixel Code Yuk, Ketahui Cara Seru Mengajarkan Sikat Gigi kepada Anak

Cara Seru Mengajarkan Sikat Gigi kepada Anak

Cara Seru Mengajarkan Sikat Gigi kepada Anak

Cara Seru Mengajarkan Sikat Gigi kepada Anak

Berikan sikat gigi anak dengan warna dan model menarik untuk menumbuhkan minatnya menyikat gigi. Coba beberapa cara seru menyikat gigi bersama buah hati berikut ini, Bun.

1. Memberi Contoh

Cara terbaik mengajarkan kebiasaan baik bagi anak adalah dengan memberikan contoh. Bunda bisa menanamkan kebiasaan sikat gigi pada buah hati dengan melakukannya di depan buah hati.

Saat sedang membersihkan gigi buah hati, sebaiknya Bunda melakukannya sambil memberikan penjelasan cara-cara membersihkan mulut secara seksama; seperti menyikat gigi dengan benar, menyikat lidah, memutar di bagian gusi hingga menjangkau bagian dalam gigi.

2. Praktik & Latihan Bareng

Saat buah hati sudah bisa sikat gigi sendiri, Bunda bisa mengajaknya menyikat gigi bersama. Sekali-kali, biarkan anak melatih kemahiran menggunakan sikat gigi anak dan mempraktikkan cara menyikat gigi seperti yang Bunda jelaskan. Bunda juga bisa mengajarkan cara ini dengan berpura-pura menyikat gigi boneka.

3. Imajinasi Kreatif

Ajaklah buah hati untuk berimajinasi. Sedikit drama, cerita, dan imajinasi, akan membuat anak giat menyikat gigi dengan semangat. Usahakan untuk tidak berimajinasi berlebihan sehingga menyebabkan anak trauma.

Ajak buah hati membayangkan “tentara gula” menyerang mulutnya. Jika dibiarkan menempel pada gigi terlalu lama, “tentara gula” akan berkembang biak dan melubangi gigi buah hati dan membuatnya sakit gigi.

Gigi berlubang akan membuat buah hati merasa sakit saat makan makanan kesukaannya. Karena itu, “tentara gula” harus dibasmi dengan bantuan sikat gigi anak. Menyikat gigi secara teratur dapat membasmi “tentara gula” dan melindungi gigi buah hati dari lubang.

4. Gunakan Timer

Prosedur menyikat gigi yang benar membutuhkan waktu kurang lebih 2 menit. Pastikan anak tidak buru-buru saat menyikat gigi agar bersih maksimal. Bunda bisa gunakan timer untuk memastikan buah hati menyikat gigi dengan saksama sekaligus menambah keseruan. Cara lain adalah menggunakan lagu sebagai timer untuk pengalaman lebih menyenangkan.

5. Biarkan Anak Memilih Sikat Gigi

Aneka produk sikat gigi anak yang berwarna-warni, dilengkapi mainan kecil, sampai dengan karakter favorit anak. Membiarkan anak memilih sendiri bisa jadi salah satu cara untuk menarik perhatian buah hati.

6. Membaca Buku Cerita

Buku cerita adalah salah satu cara efektif menanamkan hal bermanfaat secara jangka panjang. Sebaiknya bunda membacakan cerita tentang kesehatan gigi dan pentingnya menyikat gigi. Narasi dalam cerita biasanya lebih mudah diingat oleh anak.

Mencegah lebih baik daripada daripada mengobati. Ajarkan cara menjaga kesehatan gigi anak sejak dini untuk memastikan kesehatan mulut buah hati. Biarkan buah hati memilih sendiri sikat gigi anak kesukaannya untuk menumbuhkan kebiasaan sikat gigi.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Tips Agar Si Kecil Berprestasi ...

Ibu pasti ingin si Kecil memiliki bakat, kan? Yuk, cari tahu apa yang menjadi minat dan bakat si...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Buat Sendiri: 7 Mainan Alat ...

Baca Selengkapnya >

Penyebab Bayi Rewel Setelah ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan