Facebook Pixel Code Langkah Awal Bantu Wujudkan Cita-Cita Anak

Langkah Awal Bantu Wujudkan Cita-Cita Anak

Langkah Awal Bantu Wujudkan Cita-Cita Anak

"Dek, kalau sudah besar mau jadi apa?"

Pertanyaan mengenai cita-cita anak ini merupakan pertanyaan yang sering kali diajukan oleh orang dewasa kepada si Kecil. Saat seorang anak mulai mampu mengungkapkan pendapatnya melalui verbal, bahkan sejak usia dini, mereka tentu sudah punya jawaban terhadap pertanyaan yang dilontarkan tadi.

Hanya saja, si Kecil belum mengetahui apa sebenarnya cita-cita itu. Bisa jadi cita-cita merupakan sesuatu yang tidak nyata di hadapan anak-anak. Maka dari itu, Bunda perlu menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan cita-cita.

Nah, jika sudah paham dengan apa yang mereka inginkan, selanjutnya tugas Bunda untuk membantu si Kecil mewujudkan cita-cita tersebut. Ada beberapa langkah konkret untuk mewujudkan cita-cita anak. Apa saja langkah tersebut? Cek informasi lengkapnya di bawah, ya Bun!

Ada beberapa langkah konkret untuk mewujudkan cita-cita anak. Apa saja langkah tersebut? Cek informasi lengkapnya di bawah, ya Bun!

Hargai Minat Anak

Pupuklah lingkungan di mana cita-cita anak dihargai. Tujuannya tidak lain untuk memberi si Kecil kepercayaan diri untuk mengejar impiannya dan aspirasinya. Apakah, misalnya, si Kecil, bercita-cita menjadi polisi atau musisi, setiap anak berhak mendapatkan lingkungan yang kondusif untuk berbagi cita-citanya secara terbuka dan percaya diri.

Bantu Tumbuhkan Daya Tahan Anak

Selain menghargai cita-cita anak, Bunda juga ternyata perlu membantunya untuk punya daya tahan. Bisa saja dalam perjalanannya si Kecil mengalami kekecewaan karena gagal di satu hal. Makanya, kemampuan untuk bertahan dan tidak putus asa menjadi penting untuk diajarkan.

Bekali si Kecil dengan Pengetahuan dan Keterampilan

Bunda tentu paham ‘kan bahwa si Kecil tidak akan bisa meraih impiannya seorang diri? Setiap anak perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat untuk bisa mewujudkan cita-citanya. Berikan si Kecil kesempatan untuk belajar isu-isu terkini serta perspektif yang luas. Dengan begini, si Kecil akan paham bagaimana mewujudkan impiannya.

Tidak Memaksakan Suatu Cita-cita pada Anak

Terakhir, cara membantu anak mewujudkan cita-citanya adalah dengan tidak memaksakan suatu cita-cita kepada si Kecil. Biarlah mereka menjadi dirinya sendiri. Bisa jadi dalam sebuah keluarga semua anggota keluarga berprofesi sebagai dokter, sedangkan anak ingin jadi seorang arsitek. Hal ini tidak salah sepenuhnya. Jika si Kecil punya cita-cita sendiri, maka dukunglah cita-cita tersebut dan berikan kesempatan untuk mewujudkannya.

#AyoTunjukTangan untuk Wujudkan Cita-Cita Anak

Selain itu, Bunda juga bisa membantu wujudkan cita-cita anak dengan mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak Indonesia melalui gerakan #AyoTunjukTangan. Sehingga semua anak Indonesia bisa memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuhmaksimal jadi Anak Generasi Maju.

Laporan UNICEF Indonesia mengenai Covid-19 dan Anak di Indonesia menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Maka dari itu, ada tiga dukungan kemajuan anak Indonesia yang bisa Bunda lakukan, yakni:

  1. Bantu 75.000 anak di atas 1 tahun untuk mendapatkan dukungan nutrisi

  2. Bantu 1.500 anak untuk mendapatkan beasiswa pendidikan online

  3. Bantu renovasi fasilitas sekolah

Cara Dukung Kemajuan Anak Indonesia dengan Tunjuk Tangan

Untuk menunjukkan dukungan Bunda, Bunda cukup melakukan langkah-langkah mudah berikut ini!

  1. Pilih dan klik salah satu bentuk dukungan Bunda Bunda di antara 3 dukungan tadi di sini

  2. Isi data diri dan wujudkan dukungan Bunda

  3. Dapatkan pesan konfirmasi maksimal 1x24 jam

Sangat mudah 'kan, Bun? Yuk, dukung kemajuan anak Indonesia dan ajak Bunda lainnya melalui WhatsApp dan Facebook untuk ikut serta gerakan #AyoTunjukTangan!

Sumber:

https://www.thelearninglab.com.sg/dreams/empower-your-child-to-dream/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline