Facebook Pixel Code Kreasi Gunting Tempel Sebagai Stimulasi Anak

Kreasi Gunting Tempel Sebagai Stimulasi Anak

Kreasi Gunting Tempel Sebagai Stimulasi Anak

Gunting-tempel jadi sebuah kegiatan yang dapat dilakukan sebagai stimulasi bagi buah hati. Aktivitas ini biasanya dijadikan menjadi bagian kegiatan ketika belajar di PAUD. Namun, Bunda juga bisa mengajak buah hati melakukan aktivitas gunting-tempel di rumah.

Berlatih menulis bisa menjadi terlalu membosankan untuk buah hati yang masih berada di usia pra-sekolah. Karena itu, kegiatan menyenangkan seperti kreasi gunting-tempel dibutuhkan untuk membantu anak belajar dengan cara lebih menyenangkan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan buah hati dari permainan ini.

1. Melatih motorik halus

Motorik halus terkait dengan keterampilan fisik yang melibatkan koordinasi mata dan tangan, serta otot kecil. Menggambar pola, menggunting, dan menempelkan termasuk ke dalam kegiatan yang dilakukan menggunakan koordinasi motorik halus anak. Karena itu, selain mengasah daya kreativitas anak, kreasi gunting tempel dapat membantu perkembangan motorik halus buah hati loh, Bun.

2. Menyeimbangkan Anggota Tubuh Kanan dan Kiri

Kreasi gunting-tempel juga menjadi stimulasi bagi tercapainya keseimbangan anggota tubuh bagian kanan dan kiri. Dengan kegiatan ini, anak memiliki kemampuan untuk menggunakan kedua sisi tubuh dengan seimbang.

Salah satunya adalah saat menggunakan kedua tangan dalam waktu bersamaan saat proses menggunting kertas. Ketika menggunting, anak diharuskan memegang gunting di satu tangan dan memegang kertas dengan tangan lainnya. Hal ini yang melatih keseimbangan fungsi anggota tubuh bagian kanan dan kiri buah hati.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memberikan permainan kreasi gunting-tempel ini tidak ubahnya seperti memberikan tantangan bagi  buah hat. Ketika dapat menyelesaikan misi yang diberikan dengan baik, anak akan merasa bangga akan prestasinya tersebut.

Pujian yang diberikan Bunda menjadi hal penting agar si buah hati bangga dengan hasil yang didapatkan. Jika sudah melewati satu tantangan, buah hati akan bersiap untuk menaklukkan lebih banyak tantangan selanjutnya.

4. Melatih Tangan

Anak juga membutuhkan latihan fisik, namun tentunya dengan porsi yang tidak membebani. Kegiatan gunting-tempel dapat dijadikan latihan fisik ringan, terutama tangannya. Saat menggunting, buah hati melatih gerakan jari-jarinya. Selain itu, menggunting dapat menjadi latihan untuk melatih kekuatan otot-otot tangan anak.

5. Regulasi diri

Belajar untuk mengontrol perilaku sendiri juga dapat diajarkan sejak dini. Ketika melakukan permainan seperti gunting-tempel, anak mungkin menemukan beberapa hal yang tidak berjalan sesuai harapan. Hal ini akan meningkatkan fleksibilitas buah hati dalam menghadapi situasi tertentu.

Kegiatan menempel juga membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menunggu hasil tempelan kering. Cara ini juga bisa menjadi latihan untuk mengontrol diri dan kesabaran anak.

6. Melatih Fokus dan Perhatian

Manfaat lain dari kreasi gunting-tempel adalah melatih fokus dan perhatian anak. Anak diminta menggunakan gunting untuk memotong kertas sesuai bentuk tertentu; lalu menempelkannya di tempat yang sudah disediakan.

Baca Juga: Aktivitas Seru Alihkan Balita

7. Menambah Kedekatan dengan Orang Tua

Aktivitas gunting-tempel pada dasarnya merupakan permainan yang sangat sederhana. Fungsi utamanya adalah menambah kedekatan antara bunda dan buah hati. Membuat kreasi kertas bersama-sama merupakan cara menyenangkan menghabiskan waktu bersama.

Panduan dari orang tua juga sangat dibutuhkan untuk membantu anak mengerti bahwa tidak ada hal yang benar dan salah dalam mengembangkan kreativitas. Senada dengan itu, menemukan aktivitas yang sesuai usia anak menjadi hal yang sangat penting, terutama terkait perkembangan kreativitas. Jika Bunda sedang mencari ide menghabiskan waktu dengan anak, kenapa tidak mengajaknya bermain hal-hal sederhana?

Artikel Lainnya

Kapan Usia Ideal Anak Masuk ...

Rata-rata anak siap masuk sekolah PAUD di usia 3 tahun. Akan tetapi, kesiapan anak bersekolah juga...

Pilihan Menu Makan untuk Anak 3 ...

Anak 3 tahun sudah bisa makan dengan menu yang lebih beragam. Berikut rekomendasi menu makan dan...

Sambut New Normal, 7 Tips Agar ...

Kondisi new normal menuntut kita untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk si Kecil, salah...

4 Pelajaran PAUD yang Bisa Dipelajari ...

Meski sudah sekolah, tapi anak usia dini perlu belajar di rumah agar semakin mahir. Berikut materi...

8 Cara Mengajarkan Anak agar Mau ...

Anak-anak perlu belajar berbagi supaya bisa berempati, suka menolong, dan mudah bergaul di sekolah...

Mengenal Tahap Perkembangan Anak Menurut ...

Apa saja ya Bun tahap perkembangan anak menurut umur 3-5 tahun? Untuk tahu lebih lengkap, simak...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut