Facebook Pixel Code Anak Bersin-Bersin? Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Anak Bersin-Bersin? Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Anak Bersin-Bersin? Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Bunda, apakah si Kecil bersin-bersin setiap hari? Perlu diketahui bahwa bersin tidaklah selalu buruk. Faktanya, bersin adalah cara tubuh untuk mengeluarkan zat-zat penyebab iritasi dari hidung dan tenggorokan.

Namun, bila anak bersin-bersin tiada henti dan setiap hari, hal ini adalah pertanda adanya masalah tertentu yang harus ditangani. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui penyebabnya dan menghindarinya.

Akan tetapi, bagaimana cara untuk mulai mengidentifikasi penyebab bersin-bersin pada buah hati? Simak penjelasan berikut ini, yuk, Bun!

Penyebab Bersin-Bersin pada Anak

Anak bersin-bersin umumnya memiliki pemicu yang beragam dan juga akan merasakan gejala-gejala lainnya yang mengganggu, seperti pilek, rasa gatal di hidung, atau saluran hidung yang tersumbat. Sebagai akibatnya, kualitas hidup dan kegembiraannya tentu akan terganggu. Terlebih karena kondisi tertentu, yakni allergic rhinitis bisa berlangsung hingga anak dewasa.

Maka dari itu, perhatikan penyebab-penyebab bersin-bersin pada anak berikut ini!

Allergic Rhinitis

Alergen atau pencetus alergi sebenarnya adalah senyawa yang cenderung tidak berbahaya secara langsung, misalnya bulu dan sel kulit mati binatang, tungau debu rumahan, dan jamur di udara. Akan tetapi, ketika dihirup oleh saluran pernapasan, tubuh akan mengeluarkan histamine untuk melawan senyawa tersebut. Alhasil, proses ini akan mengakibatkan anak bersin-bersin, pilek, dan juga berbagai gejala lainnya yang sangat tidak nyaman.

Iritasi

Selain alergen, ada juga irritants yang merupakan senyawa di udara yang menyebabkan iritasi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hidung akan bersin-bersin sebagai upaya untuk mengeluarkan senyawa tersebut. Adapun senyawa yang sering muncul, yakni: asap rokok, udara kering, polusi di udara, dan juga debu.

Infeksi

Bukan hanya alergi dan iritasi yang menjadi penyebab anak bersin-bersin yang sering muncul, iritasi pun merupakan penyebab. Infeksi yang dimaksud di sini bisa merupakan kondisi yang butuh penanganan dokter dan disebabkan oleh virus-virus tertentu, seperti rhinovirus dan adenovirus.

Kemudian, apabila disebabkan oleh bakteri yang menyerang sinus, infeksi ini disebut sebagai sinusitis. Infeksi ini ditunjukkan oleh pembengkakan dan peradangan sinus, sehingga lendir yang ada di sinus sulit untuk keluar.

Baca Juga: Anak Bersin Pagi Hari, Apakah Tanda Alergi?

Cara Mengatasi Anak Bersin-Bersin

Langkah mengatasi anak bersin-bersin ada beragam dan bergantung akan kondisi yang dialaminya. Bila masalahnya serius, tentu saja Bunda perlu konsultasi dengan tenaga ahli kesehatan atau dokter. Namun, sebagai langkah mudah yang bisa dilakukan di rumah, ikuti beberapa tips berikut ini!

  • Menutup jendela agar tidak ada debu yang masuk

  • Mencuci baju anak saat selesai bermain di luar

  • Menjauhkan si Kecil dari udara yang kering dan dingin

  • Menggunakan obat over-the-counter atau dengan resep dokter

  • Membersihkan debu di permukaan rumah

  • Menggunakan masker

  • Meminum teh chamomile yang hangat

  • Memperbanyak konsumsi vitamin C

Demikian penjelasan seputar gejala anak bersin-bersih serta langkah untuk menanganinya. Selain penyebab-penyebab di atas, bisa jadi alergi susu sapi merupakan salah satu penyebab bersin-bersin. Apabila hal ini telah dikonfirmasi oleh dokter, maka Bunda perlu mencari produk alternatif yang aman dikonsumsi oleh si Kecil setiap hari.

Salah satu yang bisa dicoba adalah SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC yang merupakan produk susu soya untuk dukung perkembangan anak. Produk ini diperkaya formula IronC yang merupakan perpaduan vitamin C dan zat besi, sehingga manfaat zat besi dapat lebih dicerna.

Namun, bukan hanya itu saja SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC juga mengandung kalsium, omega 3 & 6, vitamin D, dan juga serat pangan. Berikan si Kecil SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC dan dukung ia agar menjadi Anak Generasi Maju.

 

Sumber:

https://www.newhealthguide.org/Constant-Sneezing.html

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/bersin-di-pagi-hari

https://www.healthline.com/health/allergic-rhinitis/

https://www.healthline.com/health/sinusitis

https://www.health.harvard.edu/blog/4-must-kids-seasonal-allergies-201604129511

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline