Tips Menyusun Menu Harian saat Hamil Trimester 3

Tips Menyusun Menu Harian saat Hamil Trimester 3

Tips Menyusun Menu Harian saat Hamil Trimester 3

Kebutuhan nutrisi Bunda saat hamil berbeda dengan keperluan gizi perempuan pada umumnya. Membawa janin dalam kandungan, nutrisi yang perlu diasup tentu semakin besar. Kebutuhan vitamin dan nutrisi ibu hamil trimester 3 tentu lebih besar dari trimester sebelumnya.

Keperluan nutrisi yang bertambah dikarenakan adanya kebutuhan berbagai aspek gizi yang meningkat. Pertambahan kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, serta asam folat dan omega sangat memengaruhi tumbuh kembang janin.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya Bunda perlu memikirkan menu yang tepat. Kelengkapan menu dalam tiap porsi Bunda pun baiknya dijaga. Di sisi lain, jangan sampai menu yang disusun tidak sesuai dengan selera Bunda.

Perbanyak Energi Kompleks

Kebutuhan Bunda saat hamil trimester 3 pun bisa bertambah untuk membawa buah hati yang semakin membesar di dalam perut. Untuk itulah, Bunda memerlukan lebih banyak energi kompleks dari biskuit, roti, sampai nasi. Dalam sehari, Bunda sebaiknya menyantap 8 porsi sumber energi kompleks. Ini setara dengan 8 lembar roti atau 4 centong nasi. Bunda bisa membagi 8 porsi tersebut menjadi 4 porsi menu utama berupa nasi dan 4 porsi camilan berupa roti atau biskuit.

Konsumsi Berbagai Sayuran

Kebutuhan serat Bunda saat hamil juga menigkat. Ini bisa Bunda penuhi dengan konsumsi banyak variasi sayuran, terutama saat hamil trimester 3. Sayuran berwarna hijau pekat dan oranye yang mengandung aktioksidan tinggi yang juga bisa menjaga daya tahan tubuh Bunda. Setidaklah konsumsilah sayuran tersebut sebanyak tiga porsi dalam sehari. Bunda bisa mengombinasikannya menjadi segelas jus saat sarapan dan 4 mangkuk sayur dalam satu hari.

Hindari Lemak Berlebih

Energi dari sumber protein juga diperlukan ketika kehamilan Bunda semakin membesar. Namun, ini bukan berarti Bunda bebas menyantap asupan tinggi lemak seperti daging maupun susu. Ini karena pertambahan kebutuhan lemak yang diperlukan Bunda saat hamil tidak  terlalu banyak.

Bunda juga dianjurkan memperbanyak konsumsi protein yang mengandung DHA dan Omega-3 selama masa kehamilan. Beberapa sumber asupan seperti kacang-kacangan, telur, dan bayam bisa Bunda masukkan dalam menu harian.

Camilan Buah

Buah sebaiknya selalu ada dalam menu harian Bunda saat hamil. Beberapa vitamin buah yang lebih tinggi daripada sayur. Konsumsi buah bisa melengkapi kebutuhan serat yang Bunda dapatkan dari sayuran. Bunda bisa menyantap buah langsung dan diolah menjadi jus atau salad.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak ...

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan adalah hal yang sangat...

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap ...

Menjaga kesehatan fisik Bunda selama masa kehamilan merupakan salah satu hal sangat penting....

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >