Facebook Pixel Code Kenapa Membacakan Cerita Sebelum Tidur Baik untuk Bayi

Kenapa Membacakan Cerita Sebelum Tidur Baik untuk Bayi

Kenapa Membacakan Cerita Sebelum Tidur Baik untuk Bayi

Kenapa Membacakan Cerita Sebelum Tidur Baik untuk Bayi

Kebiasaan membacakan cerita kepada buah hati ini sudah umum dilakukan sejak lama. Tidak sekadar membuat bayi cepat tertidur, aktivitas ini juga mampu mempererat hubungan Bunda atau ayah dengan buah hati. Lebih dari itu, membacakan cerita kepada anak sebelum tidur pun bisa membantu perkembangan otak buah hati.

Bisa jadi cerita yang Bunda dongengkan belum dimengerti buah hati. Namun, kata-kata yang keluar dari mulut Bunda mampu menstimulasi perkembangan otak maupun mental buah hati loh, Bun. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai rajin membacakan cerita sebelum tidur kepada buah hati.

Perbanyak Kosakata

Mendengarkan cerita yang Bunda bacakan akan membuat buah hati mengenal kata-kata baru. Mungkin ia belum mengerti arti kata tersebut. Namun, meski awalnya tidak mengerti, lama-kelamaan buah hati akan menyerap kata-kata yang sering keluar dari cerita Bunda. Makanya, jangan kaget ketika tiba-tiba buah hati mengucapkan kata-kata yang sebelumnya tidak pernah Bunda ajarkan. Sangat mungkin kata-kata itu muncul karena Bunda cerita membacakan cerita sebelum tidur kepadanya.

Dapat Berbahasa Lebih Baik

Tidak cuma memperbanyak kosakata, mendengarkan cerita sebelum tidur dari Bunda secara langsung juga mengajarkan anak struktur bahasa yang benar. Secara tidak langsung, ini akan membantu keterampilan berbahasanya ke depan. Buah hati akan lebih mudah memahami bagaimana cara untuk bertanya ataupun meminta tolong tanpa Bunda ajari secara langsung. Keterampilan berbahasa ini bahkan juga meliputi bagaimana buah hati ke depannya lebih mudah membuat kalimat yang sesuai struktur yang benar.

Logika Lebih Baik

Ketika Bunda membacakan cerita sebelum tidur kepada buah hati, otak bayi akan terstimulasi. Logikanya akan berkembang lebih cepat berdasarkan cerita yang Bunda bacakan. Stimulasi ini ada karena dalam cerita biasanya ada hubungan sebab-akibat. Walaupun buah hati belum memahami cerita secara tepat, jika diulang-ulang ia akan belajar mengenai pola sebab-akibat tersebut. Pola tersebut pula yang merangsang pertumbuhan logika lebih baik.

Mengembangkan Imajinasi

Dalam cerita yang Bunda bacakan, akan banyak hal baru yang sangat mungkin belum pernah dilihat buah hati sebelumnya. Secara otomatis, itu akan membuat bayi bertanya-tanya. Dalam proses bertanya tersebut, otak bayi dirangsang untuk berimajinasi. Ia akan membayangkan hal baru tersebut sesuai cerita Bunda. Makin banyak cerita yang Bunda bacakan, makin banyak hal baru pula yang diimajinasikan buah hati. Dengan demikian, perkembangan imajinasinya pun semakin tinggi.

Meredakan Stres

Membacakan buku cerita sebelum tidur juga mampu mengurangi tingkat stres buah hati loh, Bun. Ini karena ketika dibacakan cerita, buah hati akan cenderung rileks. Ia pun akan merasa aman karena mendengar suara ibunya sangat dekat hingga matanya terpejam. Ketika membacakan cerita, Bunda bisa jadi cenderung mendekatkan posisi kepada buah hati atau sambil memeluk atau mengelus kepalanya. Posisi ini akan membuat buah hati semakin nyaman. Ia pun akan merasa terhibur dengan sikap Bunda sehingga kadar kortisol yang membuat bayi stres semakin rendah.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk ...

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk Buah Hati

Menu MPASI 6 Bulan untuk Anak ...

Menginjak usia 6 bulan sudah waktunya anak diberikan menu MPASI oleh Bunda. Berikut contoh menu...

5 Tips Penting MPASI untuk Dukung ...

Bunda, masa pemberian MPASI adalah salah satu masa yang penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Ia...

Nutrisi Penting dalam Menu MPASI ...

bayi yang berusia 6 bulan membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk membantu memenuhi...

Mengapa si Kecil Butuh MPASI ...

Saat berusia 6 bulan, si Kecil membutuhkan makanan padat selain ASI untuk membantu memenuhi...

MPASI yang Tepat untuk Bayi ...

Memasuki usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi semakin meningkat, sehingga ia membutuhkan...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Tumbuh Kembang Anak ...

Baca Selengkapnya >

Buat Sendiri: 7 Mainan Alat ...

Baca Selengkapnya >

Penyebab Bayi Rewel Setelah ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut