Kenali Gejala Alergi Makanan pada Bayi

Kenali Gejala Alergi Makanan pada Bayi

Kenali Gejala Alergi Makanan pada Bayi

Makanan Bayi yang Dapat Menimbulkan Alergi

Usia 6 bulan menjadi waktu awal bagi bayi untuk mulai mengenal makanan selain ASI. Pada usia ini, orang tua sebaiknya mulai memperkenalkan berbagai jenis makanan dalam bentuk MPASI. Meski demikian, ada beberapa bahan makanan yang perlu Bunda ketahui sebagai makanan yang mungkin dapat memicu alergi pada bayi.

  1. Telur

Meski tinggi akan kandungan protein, vitamin, dan mineral, protein dalam putih telur berpotensi menimbulkan alergi. Gejala alergi yang timbul akibat konsumsi telur antara lain muntah, diare, dan asma. Reaksi alergi terhadap telur juga bisa timbul pada kulit bayi berupa gatal-gatal, kulit memerah, atau bentol/bengkak. Mata berair dan bersin juga bisa merupakan gejala alergi terhadap telur.

Apabila salah satu gejala muncul, sebaiknya Bunda hentikan dulu penggunaan telur dalam bubur bayi.  Konsultasikan ke dokter anak dan cari tahu penyebabnya, apabila telur bukan penyebab gejala alergi, lanjutkan pemberian telur kepada si kecil.

  1. Ikan dan Makanan Laut

Ikan laut rentan menimbulkan alergi. Gejala paling umum terhadap alergi ikan laut adalah gatal-gatal pada kulit. Selain itu, gejala alergi ikan juga bisa berupa muntah atau diare. Jika buah hati menunjukkan tanda-tanda alergi ikan laut, coba ganti protein harian dengan bahan lain. Setelah gejala mereda, Bunda bisa memberikan ikan air tawar sebagai alternatif.

Di sisi lain, jika buah hati Bunda alergi terhadap ikan laut tertentu, belum tentu ia juga alergi terhadap makanan laut lainnya, seperti udang. Karena itu, Bunda mesti teliti saat menyiapkan bahan makanan bayi untuk menganalisis apa penyebab alergi buah hati.

  1. Kacang-kacangan

Gejala paling umum dari alergi kacang adalah rasa gatal di bagian dalam mulut dan kerongkongan. Alergi kacang akut dapat menimbulkan reaksi cukup fatal, seperti kesulitan bernapas, kerongkongan bengkak, kulit memucat, dan bibir membiru (yang disebut reaksi anafilaksis). Gejala alergi kacang bisa berbeda pada setiap bayi. Karena itu, sebaiknya Bunda waspada saat memperkenalkan kacang dalam makanan buah hati.

  1. Intoleransi Gluten

Gluten adalah protein yang terdapat dalam biji-bijan seperti beras dan gandum. Intoleransi gluten bukanlah alergi, melainkan sensitif terhadap makanan yang mengandung gluten. Olahan yang mengandung gluten antara lain makanan berbahan tepung seperti mi, roti, dan kue.

Gejala intoleransi gluten pada bayi terkadang tidak terlihat langsung atau sangat ringan. Terkadang gejalanya hanya ditunjukkan dari tidak bertambahnya berat badan bayi tanpa keluhan lainnya. Jika mengalami intoleransi terhadap bahan ini, pencernaan bayi akan bereaksi dengan menunjukkan gejala seperti kembung, diare, dan sembelit.

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama juga akan membantu daya tahan tubuh anak. ASI eksklusif telah terbukti mengurangi kecenderungan alergi pada anak. Lanjutkan ASI eksklusif dengan pemberian MPASI selambatnya usia 6 bulan dan tidak lebih awal dari 4 bulan. Berikan makanan bayi dari berbagai jenis bahan secara bertahap tanpa pantangan untuk melatih toleransi si buah hati Bunda terhadap alergen tertentu.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Mengolah Ikan untuk Menu Buah ...

Dalam mengolah resep ikan untuk anak, bukan saja harus jeli memilih jenis ikan yang baik, tetapi...

Nutrisi Penting dalam Ikan untuk ...

Ikan termasuk salah satu asupan hewani dengan kualitas baik, untuk mendukung pertumbuhan fisik,...

Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah ...

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk terus menerus melakukan inovasi untuk...

Resep MPASI: Bubur Biskuit Alpukat

Alpukat adalah pilihan makanan solid pertama yang ideal untuk buah hati. Teksturnya lembut dan...

Resep MPASI: Kaldu Gurih & Pisang

Pisang adalah salah satu buah favorit untuk resep MPASI karena praktis dan rasanya manis. Bubur...

Tips MPASI: Praktis Membuat Kaldu ...

Kaldu alias sari tulang, daging, atau sayuran yang direbus sangat esensial sebagai bahan dalam...

Artikel Terpopuler

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya 

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya 

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya 

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya 

Resep Bubur Kacang Hijau ...

Baca Selengkapnya