Facebook Pixel Code Manfaat Vitamin D untuk Anak dan Kalsium, Kunci Perkembangan Motorik si Kecil

Kalsium dan Vitamin D, Kunci Perkembangan Motorik si Kecil

Kalsium dan Vitamin D, Kunci Perkembangan Motorik si Kecil

Kalsium dan Vitamin D, Kunci Perkembangan Motorik si Kecil

Si Kecil yang berusia 1-5 tahun butuh dukungan Bunda untuk mengasah 5 Potensi Prestasi dalam dirinya agar tumbuh kembangnya optimal. Kelima aspek penting dalam tumbuh kembang tersebut meliputi cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri. Potensi Prestasi tumbuh tinggi dan kuat pada si Kecil ditunjukkan melalui berat dan tinggi badan yang sesuai dengan kurva pertumbuhan, serta keterampilan motorik kasar maupun halus. 

Motorik kasar berkaitan dengan kemampuan bergerak yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk dan berdiri, sementara motorik halus berhubungan dengan otot-otot kecil yang memerlukan koordinasi mata dan tangan seperti menulis, menyusun balok, dan sejenisnya.  Keterampilan motorik berperan penting dalam membantu si Kecil untuk bisa melakukan berbagai hal dan mengeksplorasi dunia sekitarnya, Bun. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya senantiasa memantau kemampuan gerak kasar maupun halus si Kecil.

Tahapan Perkembangan Motorik si Kecil

  • Usia 1–2 tahun. Si Kecil bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, berjalan mundur, memungut benda, dan menggelindingkan bola pada sasaran. Ia juga mulai bisa menumpuk balok. 

  • Usia 2-3 tahun. Si Kecil mulai bisa naik tangga sendiri dan menendang bola kecil. Ia juga mulai mencoret-coret kertas dengan pensil.  

  • Usia 3-4 tahun. Si Kecil bisa melompat dengan kedua kaki, mengayuh sepeda roda tiga, menggambar garis lurus di kertas, dan menumpuk balok lebih banyak.

  • Usia 4-5 tahun. Si Kecil bisa berdiri dan melompat dengan satu kaki. Ia juga bisa menari, menggambar bentuk dengan jelas, hingga mengancingi baju sendiri. 

Tulang Kuat Dukung Perkembangan Motorik si Kecil

Untuk bisa mencapai target perkembangan gerak halus dan kasar sesuai tahapan usia, si Kecil tentu membutuhkan fisik yang kuat, termasuk tulang yang sehat. Maka, seiring dengan pemberian stimulasi, Bunda juga perlu menaruh perhatian istimewa pada asupan kalsiumnya. Manfaat kalsium untuk anak adalah membangun dan memperkuat tulang dan giginya. Tak hanya itu, manfaat kalsium untuk anak bisa bantu penting untuk kalsium juga memiliki peran dalam  juga penting untuk memelihara sistem saraf hingga kesehatan pembuluh darah.

Kementerian Kesehatan menganjurkan agar Bunda mencukupi kebutuhan kalsium si Kecil guna mencapai kepadatan tulang yang optimal. Apabila konsumsi kalsium  tulang tidak tercukupi, pembentukan tulang baru akan terhambat dan puncak kepadatan tulang tidak tercapai dengan sempurna. Hal ini bisa menyebabkan tulang menjadi kurang padat. 

Tak kalah penting, perhatikan juga asupan vitamin D si Kecil ya, Bun. Manfaat vitamin D untuk anak adalah menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Tanpa vitamin D, tubuh hanya mampu menyerap sebagian kalsium dari makanan3.

Sumber Kalsium dan Vitamin D

Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah salah satu kunci tumbuh kembang optimal si Kecil. Pastikan ia makan 3 kali sehari dengan 2-3 kali makan selingan di antaranya. Isi menu si Kecil dengan makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral ya, Bun. 

Kementerian Kesehatan menganjurkan si Kecil untuk meminum susu dan mengonsumsi produk turunannya guna memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Selain susu yang bisa memberi manfaat merupakan sumber kalsium untuk anak, si Kecil juga bisa memperoleh kalsium dari ikan sarden, ikan salmon, ikan yang dimakan bersama tulangnya (teri), makanan berbahan dasar kedelai, kacang-kacangan, serta sayur dan buah. Sementara agar Uuntuk memeroleh manfaat vitamin D untuk anakasupan vitamin D, Bunda bisa berikan si Kecil makanan seperti bisa memperolehnya melalui ikan-ikanan laut, jamur, hati, kuning telur. Bunda juga bisa mengajak si Kecil beraktivitas di bawah sinar matahari selama 5-15 menit guna membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh. 

Untuk melengkapi nutrisi harian si Kecil, Bunda bisa memberikan segelas susu SGM Eksplor 1 Plus atau SGM Eksplor 3 Plus dengan formula Complinutri setiap pagi dan malam. Keduanya diperkaya dengan nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil seperti Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan Inulin, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan . SGM Eksplor 1 Plus dan SGM Eksplor 3 Plus juga termasuk susu tinggi kalsium untuk anak 

Kalsium, serta nutrisi penting lainnya. Dukung perkembangan motorik kasar dan halus si Kecil dengan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup. Dampingi selalu si Kecil untuk mengasah potensi prestasi tumbuh tinggi dan kuatnya ya, Bun. 

 

Sumber :

Pritasari, D. Damayanti, NT. Lestari. Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017. Retrieved from: http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wpcontent/uploads/2017/11/GIZI-DALAM-DAUR-KEHIDUPAN-FINAL-SC.pdf Accessed Aug 28, 2020

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 66/2014 (Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak). Retrieved from: https://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten/permenkes/pmk-no.-66-ttg-pemantauan-tumbuh-kembang-anak Accessed Aug 27, 2020

 

Vitamin D and calcium supplements: Take them or leave them? Massachusetts: Harvard Health Publishing; 2012. Retrieved from: https://www.health.harvard.edu/womens-health/vitamin-d-and-calcium-supplements-take-them-or-leave-them Accessed Aug 27, 2020

 

Konsumsi kalsium untuk mencapai kepadatan tulang yang optimal. Jakarta: P2PTM Kementerian Kesehatan RI; 2018. Retrieved from: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/konsumsi-kalsium-untuk-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal Accessed Aug 27, 2020

 

Tips Pembentukan Tulang Kuat pada Anak-Anak. Jakarta: P2PTM Kementerian Kesehatan RI; 2018. Retrieved from: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/page/2/tips-pembentukan-tulang-kuat-pada-anak-anak Accessed Aug 27, 2020

 

Cukup vitamin D dan sinar matahari agar mencapai kepadatan tulang yang optimal. Jakarta: P2PTM Kementerian Kesehatan RI; 2018. Retrieved from: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/cukup-vitamin-d-dan-sinar-matahari-agar-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal Accessed Aug 27, 2020

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Cara Mengatasi Alergi Makanan

Cara mengatasi alergi makanan yang paling ampuh adalah dengan menghindari sumber pemicu alergi atau...

Kenali Ciri-ciri Alergi Susu Sapi ...

Anak usia 1-3 tahun berpotensi alami alergi susu sapi. Perhatikan ciri-ciri alergi susu sapi...

Waspadai 6 Gejala si Kecil Mengalami ...

Tahukah Bunda, gejala alergi dingin berbeda dengan alergi debu. Cari tahu seputar alergi dingin,...

Berbagai Kebaikan dan Manfaat Minyak ...

Wajar ketika Ibu masih ragu ketika akan memberikan minyak ikan untuk anak karena belum tahu manfaat...

Menilik Manfaat dan Sumber Terbaik ...

Bayi hingga anak membutuhkan 200 sampai 1000 mg kalsium per hari. Oleh sebab itu, yuk simak ragam...

Mengenal Omega-3, Nutrisi Esensial untuk ...

Penting bagi Bunda untuk memastikan kecukupan omega 3 pada menu harian anak. Temukan beragam...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut