Facebook Pixel Code Tips Menyusun Menu Harian saat Hamil Trimester

Menyusun Menu Harian Saat Hamil Trimester 3

Menyusun Menu Harian Saat Hamil Trimester 3

Kebutuhan nutrisi Bunda saat hamil berbeda dengan keperluan gizi perempuan pada umumnya. Membawa janin dalam kandungan, nutrisi yang perlu diasup tentu semakin besar. Kebutuhan vitamin dan nutrisi ibu hamil trimester 3 tentu lebih besar dari trimester sebelumnya.

Keperluan nutrisi yang bertambah dikarenakan adanya kebutuhan berbagai aspek gizi yang meningkat. Pertambahan kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, serta asam folat dan omega sangat memengaruhi tumbuh kembang janin.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya Bunda perlu memikirkan menu yang tepat. Kelengkapan menu dalam tiap porsi Bunda pun baiknya dijaga. Di sisi lain, jangan sampai menu yang disusun tidak sesuai dengan selera Bunda.

Perbanyak Energi Kompleks

Kebutuhan Bunda saat hamil trimester 3 pun bisa bertambah untuk membawa buah hati yang semakin membesar di dalam perut. Untuk itulah, Bunda memerlukan lebih banyak energi kompleks dari biskuit, roti, sampai nasi. Dalam sehari, Bunda sebaiknya menyantap 8 porsi sumber energi kompleks. Ini setara dengan 8 lembar roti atau 4 centong nasi. Bunda bisa membagi 8 porsi tersebut menjadi 4 porsi menu utama berupa nasi dan 4 porsi camilan berupa roti atau biskuit.

Konsumsi Berbagai Sayuran

Kebutuhan serat Bunda saat hamil juga menigkat. Ini bisa Bunda penuhi dengan konsumsi banyak variasi sayuran, terutama saat hamil trimester 3. Sayuran berwarna hijau pekat dan oranye yang mengandung aktioksidan tinggi yang juga bisa menjaga daya tahan tubuh Bunda. Setidaklah konsumsilah sayuran tersebut sebanyak tiga porsi dalam sehari. Bunda bisa mengombinasikannya menjadi segelas jus saat sarapan dan 4 mangkuk sayur dalam satu hari.

Hindari Lemak Berlebih

Energi dari sumber protein juga diperlukan ketika kehamilan Bunda semakin membesar. Namun, ini bukan berarti Bunda bebas menyantap asupan tinggi lemak seperti daging maupun susu. Ini karena pertambahan kebutuhan lemak yang diperlukan Bunda saat hamil tidak  terlalu banyak.

Bunda juga dianjurkan memperbanyak konsumsi protein yang mengandung DHA dan Omega-3 selama masa kehamilan. Beberapa sumber asupan seperti kacang-kacangan, telur, dan bayam bisa Bunda masukkan dalam menu harian.

Camilan Buah

Buah sebaiknya selalu ada dalam menu harian Bunda saat hamil. Beberapa vitamin buah yang lebih tinggi daripada sayur. Konsumsi buah bisa melengkapi kebutuhan serat yang Bunda dapatkan dari sayuran. Bunda bisa menyantap buah langsung dan diolah menjadi jus atau salad.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline