Facebook Pixel Code 8 Cara Alami Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

8 Cara Alami Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

8 Cara Alami Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

 

Selamat ya, Bun! Kini Bunda tinggal menghitung hari sampai akhirnya bisa bertemu dengan si Kecil setelah 9 bulan menunggu. Namun, bagaimana jika Bunda belum merasakan tanda-tanda persalinan? Jika usia kehamilan sudah memasuki 40 minggu, ada beberapa cara alami yang bisa Bunda coba untuk merangsang kontraksi agar cepat melahirkan.

Yuk, kita simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Cara Alami Memancing Kontraksi agar Cepat Melahirkan 

Umumnya, HPL sudah bisa diprediksikan oleh dokter kandungan sewaktu pemeriksaan USG sejak usia kehamilan trimester satu. 

Namun, tahukah Bunda kalau prediksi tanggal lahir ini bisa berubah-ubah? Ini artinya, ada kemungkinan tanggal melahirkan Bunda bisa lebih cepat atau mundur dari prediksi awalnya.

Jika HPL Bunda dipastikan mundur dari prediksi, sebetulnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Ada beberapa cara alami yang bisa Bunda coba untuk memancing kontraksi agar bisa lebih cepat melahirkan. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Berjalan Kaki

Jalan kaki merupakan pilihan bagi Bunda yang ingin mulai aktif berolahraga di masa kehamilan. Gerakan pinggul saat berjalan kaki disebut-sebut dapat mendorong posisi bayi turun ke jalan lahir. 

Aktivitas fisik yang ringan ini dapat membantu meningkatkan denyut jantung sekaligus melatih pernapasan guna mempersiapkan persalinan. 

Bunda juga bisa menghalau stres sembari berjalan-jalan dan mendapatkan udara pagi yang lebih segar bila rutin berjalan kaki. 

2. Berhubungan Seks

Banyak pasangan suami istri yang khawatir bila berhubungan seksual dapat mengganggu aktivitas janin di dalam rahim. Padahal faktanya, Bunda dianjurkan untuk lebih sering melakukan hubungan seks dengan suami mendekati hari persalinan. Kenapa demikian? 

Melakukan hubungan seksual diketahui dapat membantu Bunda merangsang produksi hormon oksitosin, sehingga memicu kontraksi rahim dan meningkatkan suasana hati (mood) agar lebih bahagia. 

Selain itu, air mani pria mengandung hormon prostaglandin. Hormon ini dapat membantu melembutkan dan membuka leher rahim sehingga mempercepat pembukaan persalinan. 

Walau begitu, dari segi keamanannya, ternyata tidak semua ibu hamil boleh berhubungan intim menjelang hari persalinan. Terutama bila Bunda yang mengalami komplikasi kehamilan, seperti perdarahan, air ketuban pecah, hingga risiko plasenta previa (kondisi ketika plasenta berada di bagian bawah rahim sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir bayi).

Untuk itu, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu bila ingin mencoba cara induksi alami satu ini.

3. Stimulasi Puting

Melakukan stimulasi puting juga dapat menjadi cara alami memancing kontraksi agar cepat melahirkan, Bun. Dengan menstimulasi puting, hormon oksitosin di dalam tubuh Bunda secara alami akan merangsang rahim berkontraksi. 

Tidak hanya sebagai cara agar cepat kontraksi, langkah ini juga bisa Bunda lakukan untuk merangsang produksi ASI

Stimulasi puting bisa dilakukan dengan memijat area sekitar payudara secara langsung dengan lembut, atau Bunda juga bisa menggunakan pompa ASI, baik manual maupun elektronik. 

4. Makan Kurma Muda

Beberapa penelitian yang dimuat pada Journal Obstetrics and Gynaecology dan Journal of Perinatal Medicine membuktikan bahwa mengonsumsi buah kurma muda menjelang hari persalinan dapat mempercepat proses bukaan leher rahim.

5. Akupunktur

Akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum ke beberapa titik tertentu pada tubuh. Cara alami memancing kontraksi agar cepat melahirkan ini diyakini dapat meningkatkan produksi oksitosin. 

Proses produksi oksitosin dalam tubuh tidak hanya merangsang rahim berkontraksi secara alami, tapi juga melancarkan produksi ASI. 

Meski begitu, sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Perinatal Medicine menunjukkan bahwa akupunktur belum terbukti efektif sebagai metode untuk mempercepat kontraksi. 

Dalam studi tersebut, sebanyak 400 wanita melakukan akupunktur dan membran stripping sebelum persalinan. Hasilnya menunjukkan bahwa akupunktur tidak dapat mempercepat kontraksi. 

Namun, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Midwifery & Women’s Health, akupunktur dapat membantu meningkatkan pematangan leher rahim.

6. Akupresur

Akupresur dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu menggunakan siku, tangan, atau alat bantu khusus, tapi tidak menggunakan jarum. 

Beberapa praktisi medis meyakini akupresur dapat merangsang kontraksi alami sebagai tanda-tanda melahirkan sudah dekat

Sama halnya seperti akupunktur, akupresur ternyata belum terbukti ilmiah dapat menjadi metode induksi persalinan alami. Namun, akupresur cukup berguna untuk mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman selama proses persalinan. 

Jika berencana melakukan akupresur sebagai induksi alami, Bunda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan menentukan apakah Bunda bisa melakukan metode ini sebagai cara induksi persalinan alami atau tidak.

7. Membrane Stripping

Membrane stripping adalah cara mempercepat kontraksi dan melebarkan serviks dengan membuka membran dalam vagina secara manual tanpa membutuhkan obat kimia apa pun. 

Umumnya, dokter akan menggunakan sarung tangan, lalu memasukkan jarinya ke dalam vagina untuk memisahkan kantung ketuban dari area rahim. Hal ini akan memicu pelepasan hormon prostaglandin yang merangsang rahim berkontraksi. 

Hanya saja, prosedur ini dapat menimbulkan risiko efek samping berupa kram, vagina, hingga pecahnya selaput ketuban. 

Untuk itu, membrane stripping hanya boleh dilakukan oleh ahli medis seperti dokter kandungan. 

8. Makan Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga dipercaya sebagai cara alami memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Metode induksi alami ini dipercaya dapat membantu melepaskan hormon prostaglandin sehingga mempercepat proses persalinan. 

Meski begitu, Bunda perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi makanan pedas menjelang persalinan. Ini karena makanan pedas dapat menyebabkan heartburn, diare, dan gangguan pencernaan lainnya pada ibu hamil. 

Baca Juga: Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya

Apakah Aman Melakukan Induksi Persalinan Alami?

Penting untuk diingat, Bun, bahwa tidak semua metode induksi persalinan alami di atas aman dan terbukti efektif dilakukan. 

Metode induksi alami mungkin bisa menjadi alternatif pilihan apabila kondisi kehamilan Bunda sebagai berikut:

  • Usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-37 atau lebih. 

  • Dokter kandungan memperbolehkan Bunda melakukan induksi persalinan alami sesuai anjuran. 

  • Posisi kepala bayi sudah berada di bawah atau di jalan lahir. 

  • Ibu dan bayi sehat atau tidak mengalami komplikasi kehamilan.

Baca Juga: Ini Alasan yang Mengharuskan Bunda Menjalani Induksi Persalinan

Nah, demikian sejumlah metodel alami guna menstimulasi kontraksi rahim agar cepat melahirkan yang bisa Bunda lakukan. 

Namun, pastikan Bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai cara di atas. Dokter umumnya akan mempertimbangkan untuk memberikan induksi persalinan sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda dan bayi di dalam kandungan.

Agar kondisi Bunda selalu stabil sampai waktunya mau melahirkan nanti, terus penuhi kebutuhan nutrisi Bunda dengan makanan sehat untuk ibu hamil dan lengkapi dengan konsumsi susu hamil yang tepat setiap hari.

Bunda bisa meneruskan minum satu gelas SGM Bunda Pro-Gress Maxx setiap hari sampai waktunya melahirkan nanti karena SGM diformulasikan dengan tinggi zat besi, asam folat, minyak ikan tuna, DHA, kalsium, dan vitamin serta mineral penting lainnya untuk maksimalkan tumbuh kembang calon buah hati.

Jangan lupa juga, daftarkan diri Bunda dari sekarang untuk bisa mendapatkan konten-konten eksklusif seputar panduan menyusui dan perawatan bayi baru lahir. Semoga persalinan Bunda lancar, ya!

Referensi tambahan:

  1. Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/what-natural-ways-to-induce-labor-actually-work/. Diakses pada 2 Desember 2022.
  2. Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/natural-ways-to-induce-labor#spicy-foods. Diakses pada 2 Desember 2022.
  3. Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-induce-labor-5216413. Diakses pada 2 Desember 2022.
  4. UT Southwestern Medical Center. https://utswmed.org/medblog/truth-natural-labor/. Diakses pada 2 Desember 2022.
  5. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322810#how-to-dilate-faster-at-home. Diakses pada 2 Desember 2022.
  6. Journal Obstetrics and Gynaecology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21280989/. Diakses pada 2 Desember 2022.
  7. Journal of Perinatal Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23612695/. Diakses pada 2 Desember 2022.
  8. Mozurkewich, E. L., Chilimigras, J. L., Berman, D. R., Perni, U. C., Romero, V. C., King, V. J., & Keeton, K. L. (2011). Methods of induction of labour: a systematic review. BMC pregnancy and childbirth, 11, 84. https://doi.org/10.1186/1471-2393-11-84

Artikel Lainnya

16 Tanda-Tanda Mau Melahirkan yang Wajib ...

Di masa kehamilan yang mendekati hari perkiraan lahir, Bunda juga perlu mengetahui apa saja...

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Yang Perlu Bunda Ketahui tentang ...

Secara umum, persalinan dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu secara normal dan bedah Caesar....

Perkembangan Janin di Trimester 3 Kehamilan

Mulai memasuki bulan ketujuh kehamilan, Bunda tentu semakin berdebar menanti hari kelahiran buah...

6 Makanan Pelancar ASI Terbaik saat ...

Saat hamil, Bunda bisa mulai makan makanan pelancar ASI agar lancar IMD setelah melahirkan nanti....

Manfaat Stimulasi dengan Berkomunikasi kepada ...

Tanpa sadar, Bunda mungkin sering mengelus perut yang kian membesar selama hamil. Bunda pun mungkin...


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut