Facebook Pixel Code Manfaat Aktivitas Fisik untuk Anak 1 Tahun

Jangan Larang Anak Bergerak, Ini Manfaat Aktivitas Fisik untuk Anak 1 Tahun!

Jangan Larang Anak Bergerak, Ini Manfaat Aktivitas Fisik untuk Anak 1 Tahun!

Siapa di sini yang suka geregetan anaknya tidak bisa diam dan terus bergerak? Nah, kalau Bunda salah satunya, jangan kesal lagi ya, Bun. Ternyata, si Kecil yang aktif sangat baik untuk tumbuh kembangnya, baik fisik maupun mental.

Justru para ahli malah menyarankan agar anak melakukan aktivitas fisik setiap hari, termasuk untuk si Kecil yang berusia 1 tahun. Menurut jurnal yang diterbitkan American Journal of Lifestyle Medicine, aktivitas fisik anak jika dilihat dari perspektif kesehatan masyarakat, merupakan salah satu perilaku penting untuk meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan, seperti untuk kesehatan jantung dan paru, serta peningkatan kesehatan tulang, dan suasana hati.

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anak

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa manfaat yang akan dirasakan si Kecil jika melakukan aktivitas fisik secara rutin, yaitu:

1. Kebugaran Otot

Salah satu manfaat aktivitas fisik adalah membangun otot yang lebih kuat sehingga dia bisa membangun fondasi fisik yang baik sejak dini. Hal ini membuat anak tumbuh lebih kuat dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa lelah.

2. Kekuatan Tulang

Anak usia 1 tahun sudah harus mulai menjaga dan membangun kepadatan tulang yang sehat. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan mengurangi risiko penyakit terkait tulang seperti osteoporosis di kemudian hari.

3. Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Manfaat yang dirasakan oleh anak yang aktif secara fisik adalah meningkatkan tekanan darah dan kebugaran aerobik. Kedua hal tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan jantung dan paru-paru yang baik, sehingga diperlukan anak untuk tumbuh kembangnya.

4. Berat Badan yang Sehat

Obesitas pada masa kanak-kanak bisa membuat si Kecil berisiko terkena penyakit kardiovaskular seperti kolesterol tinggi dan kondisi metabolisme seperti diabetes tipe 2 di kemudian hari atau lebih buruk lagi, di usia yang lebih muda.

5. Kesehatan Mental

Bagi anak usia 1 tahun, melakukan aktivitas fisik akan membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Selain itu, aliran hormon perasaan-baik dan bahagia yang dilepaskan saat melakukan aktivitas fisik juga mampu meningkatkan suasana hati.

6. Peningkatan Kepercayaan Diri

Si Kecil yang aktif secara fisik membuatnya jadi bisa melakukan banyak hal, yang secara tidak langsung menjadi pembangkit rasa percaya dirinya. Terakhir dan tidak kalah penting, aktivitas fisik merupakan cara yang bagus bagi anak untuk berteman dan bisa berkontribusi pada harga dirinya.

7. Pengembangan Keterampilan Sosial

Tidak hanya memberi kesempatan untuk menjalin pertemanan baru, anak yang aktif secara fisik juga akan membantu mengembangkan keterampilan sosialnya. Aktivitas fisik disebut dapat membantu anak mengasah keterampilan komunikasi serta melatih kerja sama dalam kelompok dan kepemimpinan sejak kecil.

Waktu dan Aktivitas Fisik yang Disarankan

The National Health Service (NHS) menyebut bahwa anak usia 1 tahun harus aktif secara fisik setiap hari selama minimal 180 menit atau tiga jam. Lebih lama dari itu, justru lebih baik lagi. Namun, pastikan aktivitas fisik dilakukan sepanjang hari, bukan berturut-turut yang berisiko membuat si Kecil kelelahan.

Waktu 180 menit yang disarankan tersebut dapat mencakup aktivitas ringan seperti berdiri, bergerak, dan berguling; serta aktivitas yang lebih energik seperti bermain, melompat-lompat, menari, dan berlari.

Baca Juga: Cara Seru Kenalkan Anak dengan Olahraga Sejak Dini

Apa Peran Bunda untuk Mendukung si Kecil?

Orang tua adalah contoh terbaik untuk anak. Mungkin Bunda pernah mendengar ungkapan itu, ya. Nah, hal ini juga berlaku untuk membuat anak menjadi aktif. Jika si Kecil terlihat kurang aktif, sudah menjadi tugas orang tua untuk mengajarkan aktivitas fisik padanya.

Untuk si Kecil masih malas-malasan untuk aktif secara fisik, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:

  • Pilih aktivitas yang disukai dan menyenangkan untuk anak.

  • Pastikan anak mencoba berbagai aktivitas.

  • Bangun aktivitas fisik dalam keseharian, seperti sering berjalan kaki atau ikut membantu pekerjaan di rumah.

  • Beri pujian saat anak melakukan aktivitas fisik.

  • Jadilah aktif dan libatkan seluruh keluarga.

Selain membuat anak menjadi aktif, yang juga tidak boleh Bunda lupakan adalah mencukupi asupan makanan si Kecil dengan gizi yang seimbang. Selain melalui makanan sehari-hari, Bunda juga bisa memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi, seperti susu SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronCâ„¢, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat. Dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Mau mendapatkan akses ke beragam konten edukatif soal anak di usia dini? Yuk, daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju dan dapatkan promo serta penawaran menarik seputar susu SGM.

 

Referensi:

  1. American Journal of Lifestyle Medicine, (2019, Oct 14). Physical Activity During Early Childhood: The Importance of Parental Modeling. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6933558/
  2. ActiveSG Circle. (-). Why is physical activity important for child development? https://www.activesgcircle.gov.sg/activehealth/read/physical-activity/why-is-physical-activity-important-for-child-development
  3. Centers for Disease Control and Prevention. (2019). Health Benefits of Physical Activity for Children. https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/adults/health-benefits-of-physical-activity.html#children
  4. The National Health Service. (2022, June 1). Physical activity guidelines for children (under 5 years). https://www.nhs.uk/live-well/exercise/exercise-guidelines/physical-activity-guidelines-children-under-five-years/
  5. Health Direct. (2022, June). Benefits of physical activity for children. https://www.healthdirect.gov.au/benefits-of-physical-activity-for-children

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut