6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu Hamil saat Ngidam

6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu Hamil saat Ngidam

6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu Hamil saat Ngidam

Saat ngidam, mungkin Bunda hanya ingin makan makanan tertentu. Padahal, ada berbagai pilihan nutrisi yang harus Bunda penuhi selama masa kehamilan. Dengan menu makanan yang variatif, Bunda tetap bisa memenuhi nutrisi ibu hamil saat ngidam.

  • Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam folat menjadi salah satu kebutuhan vitamin ibu hamil trimester 1 yang harus dipenuhi. Trimester pertama merupakan masa paling penting dan merupakan saat Bunda sangat membutuhkan asam folat. Bila Bunda sudah merencanakan kehamilan, asam folat bisa dikonsumsi sejak sebulan sebelum hamil. Asam folat dapat mencegah terjadinya cacat lahir di bagian otak dan sumsum tulang belakang anak Bunda nantinya.

Ada beberapa jenis makanan baik untuk ibu hamil 1 bulan yang memiliki kandungan asam folat tinggi seperti brokoli, bayam, kacang polong, dan jeruk. Tentu sangat baik bagi janin jika Bunda ngidam salah satu makanan tersebut. Namun, meski tidak ngidam, Bunda harus mengonsumsi asam folat setiap hari untuk menunjang kesehatan bayi di dalam kandungan.

  • Konsumsi Beragam Makanan

Saat hamil, Bunda dianjurkan mengonsumsi makanan yang lebih beragam. Ini karena buah hati membutuhkan makanan seimbang yang terdiri atas karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Karena itu, penting bagi Bunda untuk memperhatikan unsur keragaman makanan ketika sedang ngidam agar gizi seimbang tetap terpenuhi saat hamil.

  • Hindari Junk Food

Meski Bunda begitu ingin, junk food adalah salah satu jenis makanan yang mesti dihindari. Selain tidak memiliki nutrisi yang baik, konsumsi makanan tidak sehat akan memengaruhi tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

Salah satu cara untuk mengatasi ngidam junk food adalah dengan rutin memakan sarapan sehat. Jika Bunda melakukannya, keinginan untuk makan camilan junk food bisa berkurang.

  • Makan Porsi Kecil

Tentu saja saat rasa ngidam tiba, hal tersebut sangat sulit untuk dilawan. Bunda sering merasa ngidam harus selalu dituruti. Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa makanlah lebih sering dengan porsi kecil.

Jika Bunda ngidam cokelat, misalnya, makanlah sepotong lalu paksakan makan buah segar untuk penyeimbang, meski hanya sebuah pisang. Dengan begitu, keinginan ngidam Bunda selama hamil dapat dituruti. Pada saat bersamaan, kebutuhan nutrisi dan gizi Bunda dan buah hati juga tetap terjaga.

  • Lakukan Diet Sehat Seimbang

Sejak trimester pertama, Bunda harus mulai rutin melakukan diet sehat seimbang. Berat badan berlebihan dapat membahayakan bagi Bunda dan janin. Bunda dapat mulai dengan membiasakan makan teratur dengan jam yang sudah dijadwalkan. Selain itu, kebutuhan nutrisi harus dihitung secara cermat ya, Bun.

Jika Bunda telah menjalankan diet sehat seimbang, mengonsumsi sedikit makanan yang kurang sehat bukan lagi jadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Bunda tidak perlu lagi khawatir karena bayi Bunda tidak akan kekurangan nutrisi.

  • Perbanyak Aktivitas Fisik

Saat sedang hamil, keinginan makan dapat datang sewaktu-waktu. Namun, Bunda harus belajar menghindari hal tersebut. Pola makan serta jadwal yang teratur sangat dianjurkan. Selain itu, Bunda dapat melakukan berbagai aktivitas fisik untuk mengalihkan perhatian dari keinginan makan.

Olahraga teratur dapat membantu Bunda mengurangi ngidam. Meski demikian, Bunda harus tetap konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk menentukan jenis olahraga yang cocok untuk kondisi kehamilan Bunda, ya.

Usia kandungan trisemester pertama memang sangat rawan dengan ngidam. Namun, Bunda tidak perlu khawatir. Selama Bunda rutin melakukan hal-hal di atas dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, ngidam tidak akan membahayakan buah hati.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Pengaruh Suara Bising terhadap Kehamilan ...

Buah hati yang berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara yang ada di luar....

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama ...

Dinyatakan mengandung oleh dokter tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Bunda. Rasa...

Mengenal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Buah hati melalui masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase...

Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Tahukah Bunda? Periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu, Bunda perlu memenuhi...

8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah ...

Kehamilan tidak hanya dialami Bunda. Peran ayah saat Bunda hamil dapat menjadi awal baik untuk...

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin Ini ...

Saat hamil, janin dalam kandungan akan melalui berbagai perkembangan setiap minggunya. Untuk itu,...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >