Facebook Pixel Code Perhatikan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil demi Jaga Janin Tetap Sehat

Nutrisi Lengkap dan Seimbang, Kunci Agar Tetap Sehat Selama Hamil

Nutrisi Lengkap dan Seimbang, Kunci Agar Tetap Sehat Selama Hamil

Nutrisi Lengkap dan Seimbang, Kunci Agar Tetap Sehat Selama Hamil

Saat sedang hamil, hati Bunda pasti dipenuhi rasa gembira yang luar biasa. Tentu, Bunda pun sudah tak sabar ingin segera bertemu dengan si Kecil. Di tengah kesibukan mempersiapkan segala sesuatu untuk calon buah hati, jangan sampai Bunda melupakan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil pola makan sehat dan bergizi ya, Bun. Apabila asupan nutrisi Bunda terpenuhi, masa kehamilan pun bisa Bunda lalui dengan sehat dan aktif.  

Bunda yang sedang mengandung tentu membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda dengan wanita yang sedang tidak hamil. Menurut Kementerian Kesehatan, ibu hamil perlu makan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan energi, protein, dan zat gizi mikro. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan sekaligus sebagai cadangan selama masa menyusui. Simak yuk, tips-tips seputar nutrisi dan makanan sehat untuk ibu hamil  di bawah iniBunda selama hamil.  

Konsumsi Makanan Lebih Banyak dan Beragam

Kebutuhan gizi pada ibu hamil mengalami peningkatan dibandingkan dengan ketika tidak hamil. Sebelum hamil, kebutuhan energi perempuan adalah sekitar 1.800-1.900 kkal per hari. Kebutuhan ini akan bertambah sekitar 180 kkal per hari pada trimester I dan 300 kkal per hari pada trimester II dan III.  Kebutuhan protein, lemak, vitamin, dan mineral pun ikut meningkat, termasuk di antaranya adalah zat besi, asam folat, kalsium, dan Omega 3. 

Kebutuhan zat besi Bunda meningkat karena dibutuhkan untuk pembentukan sel dan jaringan baru. Jika asupan zat besi tak mencukupi, Bunda bisa mengalami anemia yang dapat membahayakan kesehatan Bunda maupun janin. Zat besi bisa diperoleh dari ikan, daging, hati, dan tempe. Agar bisa diserap dengan lebih optimal oleh tubuh, jangan lupa santap juga makanan sumber vitamin C seperti jambu biji, jeruk, dan sebagainya. Kebutuhan asam folat Bunda juga meningkat karena digunakan untuk pembentukan sel dan sistem saraf. Bunda bisa memperolehnya melalui sayuran hijau dan kacang-kacangan. 

Kebutuhan kalsium Bunda ikut meningkat karena cadangan kalsium yang ada digunakan untuk pembentukan tulang pada janin. Kekurangan kalsium pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi lho, Bun. Oleh karena itu, konsumsilah makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandungmakanan yang menjadi sumber kalsium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan teri, dan susu. Tak kalah penting, Bunda juga sebaiknya mencukupi kebutuhan Omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan untuk mendukung perkembangan otak janin. 

Kurangi Konsumsi Kopi dan Makanan dengan Garam Tinggi

Batasi konsumsi makanan yang terlalu asin untuk mencegah hipertensi. Pada ibu hamil, hipertensi dapat menyebabkan risiko kematian janin serta terganggunya pertumbuhan calon buah hati. Selain garam, Bunda juga sebaiknya mengawasi asupan kafein dari kopi, teh, cokelat, atau minuman suplemen energi.

Jika Bunda mengonsumsi kopi dengan tidak terkontrol, Bunda berisiko mengalami peningkatan buang air kecil yang dapat berujung pada dehidrasi, meningkatnya tekanan darah dan detak jantung. Terlebih, kopi juga mengandung zat yang dapat mengganggu penyerapan zat besi. Konsumsi kafein juga bisa berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Minum Lebih Banyak

Selain memerhatikan makanan yang sehat untuk ibu hamil, pastikan juga asupan cairan terpenuhi dengan baik. Air putih adalah salah satu minuman yang baik untuk ibu hamil. Air putih bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, meringankan masalah pencernaan, membuang racun, dan mengatur suhu tubuh.  Saat hamil, kebutuhan air putih Bunda ikut meningkat. Bunda disarankan untuk minum air putih sekitar 2,4 liter per hari. Angka itu setara dengan 8-12 gelas air putih dalam sehari. Sebagai variasi asupan cairan, Bunda juga bisa meminum susu ibu hamil yang kaya nutrisi. Rasanya yang lezat pun bisa membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil. 

Bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi si Kecil di dalam kandungan. Oleh karena itu, kesehatan Bunda selama hamil adalah yang utama. Pastikan Bunda memperoleh asupan nutrisi ibu hamil yang lengkap dan seimbang dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil setiap hari. 

Untuk mendukung asupan nutrisi Bunda, Kementerian Kesehatan juga menganjurkan agar Bunda mengonsumsi susu sebagai pelengkap menu makan. Salah satu pilihan nutrisi khusus untuk masa hamil hingga menyusui adalah SGM Bunda dengan formula Complinutri yang mengandung Minyak Ikan, Tinggi Zat Besi, Tinggi Asam Folat, Tinggi Kalsium & Vitamin D. Tak hanya sarat dengan mikronutrisi penting untuk Bunda dan janin, SGM Bunda hadir dengan rasa lezat yang bisa membantu mengurangi rasa mual pada Bunda hamil. 

Jangan lupa ya, Bun. Imbangi asupan nutrisi dengan aktivitas fisik ringan, istirahat cukup, pemeriksaan rutin ke tenaga kesehatan, dan dukungan orang terdekat. Upaya-upaya tersebut akan membantu mendukung kehamilan sehat yang Bunda idamkan. Selamat melalui kehamilan dengan sehat dan aktif, Bunda!

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

10 Tips Atasi Mual Muntah Saat ...

Ibu hamil biasanya akan mengalami mual dan muntah. Berikut tips mengatasi mual dan muntah saat...

Siapkan Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan ...

Saat hamil Bunda perlu memerhatikan nutrisi yang bisa bantu perkembangan anak sejak dalam...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-9

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-7

Hati-hati, Ini 5 Daftar Makanan yang ...

Salah satu makanan yang dilarang untuk Ibu hamil adalah daging. Mengapa demikian? Temukan juga...

Ini Daftar Lengkap Kebutuhan Gizi ...

Daftar kebutuhan gizi ibu hamil muda (trimester pertama) yang ada di sini membantu Bunda paham...


Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & ...

Baca Selengkapnya >

7 Kiat Atasi Gejala Pusing & ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut