Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & Minuman ini Selama Masa Menyusui

Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & Minuman ini Selama Masa Menyusui

Bun, Sebaiknya Hindari Makanan & Minuman ini Selama Masa Menyusui

Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik yang bisa Bunda berikan kepada buah hati selama usia 0-6 bulan. Untuk itu, Bunda juga harus memaksimalkan nutrisi yang terkandung dalam ASI dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan bergizi. Di sinilah seorang ibu berperan besar untuk menentukan seberapa banyak nutrisi yang bisa diasup buah hati lewat ASI Bunda berikan.

Jika makanan dan minuman yang Bunda santap sehat, kualitas ASI untuk buah hati tentu semakin tinggi nutrisi. Karena itu, sebaiknya Bunda selektif dalam memilih makanan untuk ibu menyusui. Ini karena makanan yang Bunda konsumsi berpengaruh terhadap kualitas ASI. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Bunda hindari selama masa menyusui.

1. Ikan Mentah atau Setengah Matang

Mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ibu menyusui. Meski mengandung banyak nutrisi, ikan juga memiliki risiko yang tidak sedikit jika disantap dalam kondisi mentah atau setengah matang. Jenis makanan ini berisiko memengaruhi perkembangan otak bayi.

Jika dimakan secara mentah atau setengah matang, jenis makanan ini ternyata juga mengandung bakteri e.coli dan salmonella yang bisa sangat mengganggu kesehatan bayi Bunda. Karena itu, sebaiknya Bunda selalu makan makanan yang dimasak hingga matang selama masa menyusui.

2. Makanan Sangat Pedas

Kalau Bunda menyantap makanan yang sangat pedas, buah hati juga akan merasakannya saat menyusu. Ia bisa saja menjadi tidak terlalu menyukai ASI Bunda. ASI yang mengandung rasa pedas bisa mengganggu pencernaan bayi loh, Bun. Cobalah untuk mengurangi makan pedas saat menyusui buah hati.

3. Kopi

Jika si kecil terlihat rewel dan susah tidur bisa disebabkan ia mengonsumsi ASI yang mengandung kafein. Ini mungkin terjadi jika Bunda minum kopi dengan frekuensi cukup sering setiap harinya. Kafein dalam kopi bisa mengganggu pola tidur bayi dan membuatnya kian rewel. Coba untuk mengurangi asupan minum kopi per harinya selama masa menyusui ya, Bun.

4. Minuman Beralkohol

Selain kopi, minuman beralkohol juga merupakan salah satu minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi . Sebaiknya Bunda menghindari minuman beralkohol ketika masih dalam masa menyusui buah hati. Kandungan alkohol dalam ASI juga dapat mengganggu pola tidur buah hati. Bayi akan sulit tidur jika mengonsumsi ASI yang mengandung alkohol.

5. Cokelat

Makan cokelat terdengarnya akan membuat perasaan Bunda lebih tenang. Nyatanya cokelat termasuk makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi ibu menyusui. Cokelat bisa mengganggu pencernaan dan pola tidur bayi. Buah hati Bunda bisa jadi akan mendadak rewel jika Bunda terlalu banyak mengonsumsi cokelat karena mengandung kafein tinggi. Kafein tinggi tersebut membuat bayi juga bisa mengalami sakit perut dan sakit kepala.

6. Jeruk

Menyantap terlalu banyak jeruk saat masa menyusui bisa berimbas buruk terhadap pencernaan buah hati. Pencernaan bayi masih sangat rentan terhadap rasa asam dari jeruk. Ada baiknya Bunda mengganti buah yang dikonsumsi selama menyusui mengingat pencernaan buah hati yang belum sempurna dan kuat. Pilihlah buah yang tidak mengandung rasa asam berlebih.

7. Kembang Kol atau Brokoli

Jenis dua sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi dan Bunda. Namun, kembang kol dan brokoli juga mengandung gas yang tinggi. Inilah yang membuat Bunda baiknya membatasi konsumsi dua jenis sayuran ini selama masa menyusui buah hati. Tingkat kandungan gas yang tinggi di kedua sayuran ini bisa membuat bayi Bunda mengalami kembung perut. Bayi pun bisa menjadi sering membuang gas hingga buang air besar jika sudah demikian.

8. Telur

Meski mengandung banyak nutrisi, telur juga berpotensi memicu alergi pada buah hati, Bun. Kalau buah hati cenderung rentan terhadap alergi, sebaiknya Bunda menghindari makanan yang mengandung telur selama masa menyusui.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Menyusui

Nutrisi dalam ASI yang Penting ...

Para pakar dan ahli kesehatan, juga American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ASI...

Sumber Makanan untuk Dukung Kecerdasan ...

Tidak bisa dimungkiri, ASI adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan terbesar untuk buah hati.

Pentingnya Hormon Prolaktin dalam Masa ...

Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon, salah satunya adalah hormon prolaktin. Prolaktin...

Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan ...

Pemberian ASI eksklusif memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang buah hati. Hal ini...

Kelebihan ASI untuk Bayi pada 1000 ...

Tentu Bunda sudah mulai menjaga kesehatan buah hati sejak masa kehamilan dari konsumsi makanan yang...

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Selama 6 bulan, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Ini...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >