Facebook Pixel Code Susu dan Olahannya, Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Susu dan Olahannya, Alternatif Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Susu dan Olahannya, Alternatif Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Apa Manfaat Mengonsumsi Produk Susu dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?

Produk susu dan makanan sehat untuk ibu hamil menjadi penting karena mengandung berbagai nutrisi, yaitu sumber protein, kalsium, dan vitamin D yang mendukung tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan. Protein membantu pertumbuhan jaringan sehat; lemak sangat penting untuk energi dan pertumbuhan; sementara kalsium dan vitamin D berperan pada perkembangan tulang dan gigi secara optimal bagi calon buah hati.

 

Usahakan untuk mengonsumsi 2 hingga 3 porsi produk olahan susu yang kaya kalsium setiap hari. Untuk pilihan yang lebih sehat, Bunda bisa memilih variasi produk yang rendah lemak, seperti yogurt rendah lemak, mencoba keju yang dikurangi kadar garamnya, atau menggunakan selai rendah lemak sebagai pengganti mentega. Saat Bunda menggunakan keju untuk menambah rasa, cobalah menggunakan keju yang rasanya lebih kuat seperti keju cheddar yang sudah matang sehingga tidak perlu mengonsumsinya terlalu banyak.

 

Baca Juga: Memilih Susu Ibu Hamil yang Bagus untuk Perkembangan Janin

 

Kandungan Susu dan Olahannya

Mengonsumsi 2 hingga 3 porsi produk olahan susu dan makanan sehat untuk ibu hamil setiap hari akan membantu Bunda memenuhi kebutuhan kalsium dan protein harian, selain tentunya rutin minum SGM Bunda dengan Complinutri yang membantu memastikan asupan nutrisi harian Bunda selalu tercukupi.

 

Tabel berikut ini menunjukkan nilai gizi beberapa produk olahan susu yang umum ditemukan:

 

Produk Olahan Susu

Protein per 100 gram

Kalsium per 100 gram

Produk Olahan Susu (perkiraan ukuran porsi)

Protein per porsi

Kalsium per porsi

Susu murni

3,3 gram

118

250 ml

8,25 gram

295

Susu semi-skim

3,4 gram

120

250 ml

8,5 gram

300

Susu skim

3,4 gram

122

250 ml

8,5 gram

305

Keju cheddar

25,4 gram

739

30 gram

7,26 gram

221,7

Keju cheddar half-fat

32,7 gram

840

30 gram

9,81 gram

252

Keju cottage

12,6 gram

127

90 gram

11,34 gram

114,3

Yogurt whole milk

5,7 gram

200

150 ml

8,55 gram

300

Yogurt low fat (plain)

4,8 gram

162

150 ml

7,2 gram

243

 

Beberapa jenis keju harus benar-benar dihindari selama kehamilan, termasuk keju biru yang bertekstur lembut. Bunda perlu menghindari jenis keju tersebut karena dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri akibat keracunan makanan, yang berisiko signifikan selama masa kehamilan. Penting juga bagi Bunda untuk memastikan bahwa produk susu olahan dan makanan sehat untuk ibu hamil yang Bunda konsumsi sudah dipasteurisasi.

Diet Bebas Susu dan Olahannya

Jika Bunda mengalami intoleransi laktosa, Bunda dapat mengganti produk olahan susu dengan sumber makanan lain dari nutrisi yang disediakan produk susu. Protein tersebut dapat diperoleh dari daging, ikan, dan kacang-kacangan, sedangkan produk-produk kedelai dan sayuran berdaun hijau tua direkomendasikan untuk pemenuhan asupan kalsium Bunda. Untuk asupan vitamin D, pastikan Bunda terpapar sinar matahari secara teratur dan mengonsumsi 15mcg yang direkomendasikan per hari.

 

Sumber produk olahan susu dan makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa ditambahkan ke dalam daftar belanja Bunda meliputi:

* Susu

* Yogurt

* Keju

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline