Facebook Pixel Code Kebutuhan Gizi untuk Periode Emas selama Kehamilan

Optimalkan Periode Emas Selama Kehamilan

Optimalkan Periode Emas Selama Kehamilan

Setelah masa kehamilan, tentunya Bunda membutuhkan nutrisi penting untuk menutrisi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Pada trimester kedua, organ, saraf, dan otot janin sudah mulai berfungsi. Serta sistem saraf dan paru-paru janin pun mulai matang.

Masa kehamilan trimester juga bagian dari 1000 hari pertama kehidupan buah hati yang merupakan periode emas tumbuh kembang anak. Karena itu, Bunda sebaiknya mengoptimalkan asupan gizi dan nutrisi pada masa ini. Berikut beberapa nutrisi yang sebaiknya dipenuhi selama masa kehamilan.

  1. Folat

Kebutuhan folat menempati urutan pertama daftar nutrisi yang perlu diberikan kepada janin. Folat diperlukan untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir. Sumber folat bisa Bunda dapatkan dari makanan seperti sayuran hijau, ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, dan buah jeruk.

  1. Asam Lemak Omega-3

Kebutuhan asam lemak Omega-3 bertujuan meningkatkan perkembangan otak dan saraf janin dalam kandungan. Asam lemak Omega-3 ini akan memengaruhi perkembangan penglihatan, memori, dan pemahaman bahasa buah hati. Sumber asam lemak Omega-3 bisa Bunda penuhi dari asupan ikan berlemak seperti tuna dan sarden juga dari konsumsi telur.

  1. Kalsium

Pembentukan sekaligus proses pemadatan tulang pada janin terjadi pada trimester kedua. Jadi, Bunda membutuhkan kalsium cukup tinggi. Bunda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi susu, sayuran hijau, sarden, kacang kedelai, dan telur.

  1. Zat Besi

Kebutuhan zat besi sangat diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah yang akan semakin meningkat. Kebutuhan zat besi ini bisa Bunda penuhi dari daging merah, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Zat besi paling baik diserap bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C, seperti air perasan jeruk.

  1. Perbanyak Minum Air

Minum air penting, khususnya bagi ibu hamil. Air akan membantu tubuh mengantarkan nutrisi ke dalam sel serta membuang racun. Air juga membantu Bunda mengatasi dehidrasi dan rasa lelah.

Sebaiknya Bunda memastikan selalu memenuhi semua kebutuhan gizi tersebut selama masa kehamilan. Mulailah untuk memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri, Bun. Berawal dari Bunda sehat, akan tumbuh buah hati yang sehat dan optimal tumbuh kembangnya.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline