Facebook Pixel Code Kebutuhan Gizi untuk Periode Emas selama Kehamilan

Optimalkan Periode Emas Selama Kehamilan

Optimalkan Periode Emas Selama Kehamilan

Setelah masa kehamilan, tentunya Bunda membutuhkan nutrisi penting untuk menutrisi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Pada trimester kedua, organ, saraf, dan otot janin sudah mulai berfungsi. Serta sistem saraf dan paru-paru janin pun mulai matang.

Masa kehamilan trimester juga bagian dari 1000 hari pertama kehidupan buah hati yang merupakan periode emas tumbuh kembang anak. Karena itu, Bunda sebaiknya mengoptimalkan asupan gizi dan nutrisi pada masa ini. Berikut beberapa nutrisi yang sebaiknya dipenuhi selama masa kehamilan.

  1. Folat

Kebutuhan folat menempati urutan pertama daftar nutrisi yang perlu diberikan kepada janin. Folat diperlukan untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir. Sumber folat bisa Bunda dapatkan dari makanan seperti sayuran hijau, ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, dan buah jeruk.

  1. Asam Lemak Omega-3

Kebutuhan asam lemak Omega-3 bertujuan meningkatkan perkembangan otak dan saraf janin dalam kandungan. Asam lemak Omega-3 ini akan memengaruhi perkembangan penglihatan, memori, dan pemahaman bahasa buah hati. Sumber asam lemak Omega-3 bisa Bunda penuhi dari asupan ikan berlemak seperti tuna dan sarden juga dari konsumsi telur.

  1. Kalsium

Pembentukan sekaligus proses pemadatan tulang pada janin terjadi pada trimester kedua. Jadi, Bunda membutuhkan kalsium cukup tinggi. Bunda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi susu, sayuran hijau, sarden, kacang kedelai, dan telur.

  1. Zat Besi

Kebutuhan zat besi sangat diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah yang akan semakin meningkat. Kebutuhan zat besi ini bisa Bunda penuhi dari daging merah, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Zat besi paling baik diserap bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C, seperti air perasan jeruk.

  1. Perbanyak Minum Air

Minum air penting, khususnya bagi ibu hamil. Air akan membantu tubuh mengantarkan nutrisi ke dalam sel serta membuang racun. Air juga membantu Bunda mengatasi dehidrasi dan rasa lelah.

Sebaiknya Bunda memastikan selalu memenuhi semua kebutuhan gizi tersebut selama masa kehamilan. Mulailah untuk memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri, Bun. Berawal dari Bunda sehat, akan tumbuh buah hati yang sehat dan optimal tumbuh kembangnya.

Artikel Lainnya

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu ...

Minyak ikan untuk ibu hamil baik dikonsumsi sejak trimester dua kehamilan, karena nutrisi ini...

3 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil ...

Kalsium untuk ibu hamil berguna untuk menjaga kepadatan tulang. Kalsium juga penting untuk...

6 Jenis Imunisasi Ibu Hamil serta ...

Imunisasi adalah hal yang wajib untuk dilakukan, termasuk bagi para ibu yang sedang hamil. Simak...

Vaksin untuk Ibu Hamil? Cek ...

Vaksin saat hamil di tengah pandemi adalah hal yang bisa (bahkan perlu) untuk para ibu lakukan....

6 Jenis Imunisasi Ibu Saat Hamil ...

Imunisasi adalah hal yang wajib untuk dilakukan, termasuk bagi para ibu yang sedang hamil. Simak...

5 Jenis Imunisasi yang Aman untuk ...

Imunisasi adalah sesuatu yang mampu menyelamatkan Bunda dan janin jika dilakukan dengan tepat....


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut