Facebook Pixel Code Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-9

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-9

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-9

 
Otot dan Gerakan Kecil

Pada kehamilan di minggu ke-9, mulut, lidah, dan indera perasa pada lidah si Kecil dalam kandungan sudah mulai terbentuk. Bila dihitung lurus dari kepala hingga ke bagian bawah badannya, janin berukuran antara 2 cm hingga 3 cm. Mata dan hidung janin pun sudah terbentuk lebih jelas.

Proses perkembangan janin pada otak, jantung, paru-paru, dan ginjal pun terus berlangsung. Meskipun masih terlalu dini untuk melihat jenis kelaminnya dengan USG, tetapi Bunda sudah dapat melihat si Kecil melakukan gerakan-gerakan kecil di dalam perut. Detak jantungnya pun sudah dapat terdeteksi lebih baik saat di-USG.

Resmi Hamil

Jika Bunda belum juga sempat mengunjungi dokter semenjak mengetahui kehamilan, minggu ke-9 ini adalah saat yang tepat untuk menjadwalkan kunjungan pertama Bunda. Dengan seluruh proses perkembangan janin yang telah terjadi dan Bunda telah melihat langsung dari layar USG, maka saat itulah.. Bunda “resmi” hamil!

Pola makan sehat untuk jaga kesehatan

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh secara alami ditekan. Bunda mungkin akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi, jadi berhati-hatilah dengan persiapan makanan dan pastikan selalu kebersihan.

Makanan berikut dapat menyebabkan keracunan makanan:

  • Telur mentah atau kurang matang, serta makanan yang terbuat dari dua hal tersebut,
  • Daging dan ikan yang kurang matang
  • Sushi dan makanan lain yang mengandung daging dan ikan mentah
  • Susu, keju, atau yogurt yang tidak dipasteurisasi

Yang terbaik adalah menghindarinya ya Bunda.

Vitamin D: Nutrisi untuk Tulang Si Kecil

Vitamin D adalah bagian penting dari asupan nutrisi selama kehamilan yang sehat. Vitamin D berkontribusi pada proses perkembangan janin, khususnya bagi pertumbuhan tulang, karena berfungsi sebagai pengatur kadar kalsium dan fosfat dalam tubuh janin.

Vitamin D yang Bunda konsumsi saat masa-masa kehamilan ini, membentuk kekuatan tulang janin yang akan diandalkan dalam beberapa bulan pertama kehidupannya.

Cara paling efisien untuk mendapatkan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari langsung, khususnya sinar UVB, juga pada sumber makanan tertentu. Namun, cara terbaik untuk memastikan Bunda mendapatkan 15.0 mcg yang direkomendasikan per hari adalah dengan mengasup nutrisi tambahan, baik dalam bentuk suplemen, maupun susu khusus ibu hamil.

SGM Bunda dengan formula Complinutri hadir dengan seluruh nutrisi penting yang dibutuhkan Bunda selama masa hamil dan menyusui. Sumber Vitamin D terkandung di dalamnya, sesuai dosis yang diperlukan setiap harinya.

Apa Saja Makanan yang Kaya Vitamin D?

Tingkatkan asupan vitamin D dengan makan yang berikut ini:

  • Ikan termasuk mackerel, sarden, ikan kembung (batasi 2 porsi seminggu)
  • Kuning telur mengandung vitamin D
  • Susu khusus kehamilan yang telah diperkaya vitamin D

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline