Facebook Pixel Code Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-11

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-11

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-11

 
Janin Siap untuk Berkembang

Di minggu ke-11 ini, janin berukuran antara 4 cm hingga 5 cm. Meski masih sangat mungil, si Kecil di dalam kandungan sedang tumbuh dan berkembang dengan cepat. Semua tulang wajahnya telah menempati posisi masing-masing. Jari-jari tangan dan kaki terpisah dari permulaan berselaput, dan kuncup telinga mulai sempurna membentuk telinga.

Di dalam tubuh si Kecil dalam kandungan, otak, paru-paru, hati, dan ginjal telah terbentuk pada minggu ke-11 ini, tetapi berbagai sistem tubuh akan terus berkembang sepanjang kehamilan.

Meskipun janin telah dapat melakukan gerakan-gerakan menghentak saat tersentak mulai dari beberapa minggu lalu, namun Bunda masih belum dapat merasakannya hingga nanti janin berusia sekitar 17 hingga 18 minggu, atau bisa lebih lambat jika Bunda mengalami kehamilan pertama.

Kalsium: Membuat Tulang dan Gigi Kuat

Di usia kandungan 11 minggu ini, Bunda memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk membantu proses perkembangan janin, agar pembentukan tulang dan gigi janin normal, juga mendukung kesehatan tulang dan gigi Bunda agar tidak rapuh.

Kalsium yang paling mudah diserap bersumber dari susu. Oleh karenanya, bila Bunda rutin meminum susu, khususnya susu kehamilan setiap hari dengan takaran sesuai porsi, maka Bunda akan mendapatkan jumlah kalsium yang cukup. SGM Bunda dengan formula Complinutri, tinggi akan kandungan kalsium dan sumber vitamin D bantu penuhi nutrisi harian Bunda dan dukung tumbuh kembang janin.

Selain untuk tulang dan gigi, berikut ini beberapa peran penting lainnya dari kalsium:

  • Mengatur kontraksi otot, termasuk detak jantung si Kecil di dalam kandungan
  • Membantu pembekuan darah (mencegah pendarahan)
  • Berkontribusi pada berfungsinya jaringan otot dan saraf

Jumlah kalsium yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah 950 mg per hari, yang semuanya harus diperoleh dari pola makan sehat dan seimbang.

Berikut ini daftar makanan sehat yang kaya akan kalsium dan perlu dimasukkan ke dalam menu makan harian:

  • Susu dan produk olahannya, seperti keju, yoghurt
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Bayam
  • Tahu
  • Susu kedelai
  • Roti putih
  • Susu ibu hamil yang difortifikasi dengan kandungan tinggi Kalsium

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline