Facebook Pixel Code Manfaat Menyusui si Kecil bagi Kesehatan Bunda

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Selama 6 bulan, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Ini karena ASI dari Bunda merupakan sumber nutrisi terbaik bagi buah hati selama masa 1000 hari pertama kehidupannya.

Menyusui langsung dari payudara Bunda merupakan kegiatan yang dapat memberi banyak manfaat bagi Bunda dan buah hati. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, membantu perkembangan tubuh dan otak, serta memberikan imunitas bagi buah hati.

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan buah hati, Bun. Aktif menyusui juga memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan Bunda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari menyusui.

  1. Membakar Lemak Tubuh setelah Melahirkan

Kekhawatiran soal kenaikan berat badan adalah hal yang normal dirasakan oleh Bunda. Mengatur pola makan demi mencukupi kebutuhan nutrisi harian saat hamil adalah salah satu penyebab Bunda mengalami kenaikan berat badan. Namun, sebenarnya hal tersebut diperlukan  untuk mempersiapkan proses menyusui setelah melahirkan.

Tubuh Bunda akan membakar kalori lebih banyak dari biasanya saat menyusui. Saat menyusui, tubuh Bunda membakar lemak lebih banyak sehingga mengurangi berat badan lebih efektif. Selain itu, hal ini dapat mengatasi kelebihan lemak di perut yang biasanya dialami setelah melahirkan.

  1. Mencegah Penyakit dengan Menyusui

Menyusui juga membuat Bunda memiliki risiko rendah mengalami penyakit kardiovaskuler. Selain itu, menyusui bisa menurunkan tekanan darah karena menghasilkan rasa tenang dari hormon oksitosin yang dikeluarkan saat proses menyusui.

Proses menyusui juga bisa mencegah kanker payudara dan kanker ovarium. Selain itu, proses menyusui dapat menguatkan daya tahan tubuh yang dapat mencegah timbulnya sel tumor. Bunda yang tidak menyusui kemungkinan lebih berisiko mengalami kanker ovarium karena tidak memiliki antibodi yang dihasilkan dari proses menyusui.

  1. Kontrasepsi Alami

Menyusui bisa menunda periode menstruasi, Bun. Ini bisa membantu Bunda menunda kehamilan secara alami. Pemberian ASI eksklusif yang berfungsi sebagai kontrasepsi alami ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan.

Ovulasi terjadi saat kadar hormon estrogen dalam tubuh Bunda meningkat. Selama menyusui, produksi hormon estrogen akan berkurang sehingga meminimalkan terjadinya ovulasi. Isapan bayi pada payudara Bunda juga merangsang hormon prolaktin yang dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur dan menunda kesuburan.

  1. Pengaruh terhadap Mental dan Psikis Bunda

Manfaat menyusui terhadap kesehatan mental Bunda adalah menumbuhkan perasaan bangga dan penuh pengharapan dengan ASI yang diberikan. Selain itu, menyusui menumbuhkan ikatan kuat antara Bunda dan buah hati.

Bunda pun akan lebih memahami kebutuhan buah hati dan memberikan perhatian lebih. Ini dapat meluruhkan sifat egois serta menumbuhkan naluri keibuan Bunda. Selain itu, menyusui dapat membuat Bunda lebih sabar dalam mengatur emosi dan belajar mengelola stres.

Itulah beberapa manfaat menyusui bagi kesehatan Bunda. Semoga semakin semangat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati ya, Bun.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline