Aman Berolahraga bagi Penderita Asma

Oleh Anisa Rahmadani | 20 Mar 2019
Aman Berolahraga bagi Penderita Asma

Alergi debu serius pada anak bisa saja memicu asma atau masalah pernapasan lainnya. Tak jarang, orang tua menjadi enggan mengajak anak berolahraga di ruang terbuka karena khawatir anak terpapar alergen, salah satunya adalah debu. Jangan biarkan alergi debu pada anak menjadi penghalang aktivitas olahraga bagi penderita asma. Yuk, pahami fakta dan tips aman berolahraga bagi penderita asma berikut ini, Bun.

Pentingnya Olahraga bagi Penderita Asma

Walaupun menderita asma dan masalah pernapasan akibat alergi debu, olahraga tetap penting untuk kebugaran tubuh anak. Olahraga secara tepat dan aman bisa meredakan gejala asma karena menguatkan jantung dan organ paru-paru.

Riset oleh Ashtma UK juga menyebutkan 83% orang tua yang memiliki anak dengan asma menganggap olahraga sangat membantu dari segi fisik, mental, dan rasa percaya diri. Berikut beberapa manfaat olahraga bagi penderita asma jika dilakukan dengan tepat dan benar:

  • Memperbaiki pernapasan dan kesehatan jantung

  • Mengurangi risiko serangan asma

  • Mengurangi stres

  • Memperbaiki imunitas tubuh dan kualitas hidup

Tipsnya adalah memahami pola asma anak (termasuk pemicu dan cara merawat) supaya hasil olahraga menjadi efektif. Dikarenakan tingkat keparahan asma tiap anak berbeda, Bunda juga dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk aktivitas olahraga yang boleh dijalani anak.

5 Tips Aman Berolahraga bagi Penderita Asma

  1. Kenali Jenis Olahraga Aman

Banyak sekali jenis olahraga yang tergolong aman dan bisa direkomendasikan untuk anak yang menderita asma, antara lain:

  • Berenang: Baik untuk memperbaiki otot pernapasan, termasuk latihan ritme bernafas, dan kondisi udara lembap yang bisa meregangkan otot paru-paru.

  • Bersepeda/Berjalan: Pastikan anak sudah pemanasan sebelumnya dan usahakan berolahraga dengan santai (tidak terlalu intens).

  • Yoga: Studi membuktikan rutin melakukan yoga selama 10 minggu bisa memperbaiki kualitas kesehatan penderita asma secara signifikan.

  • Senam lantai: Berolahraga di dalam ruangan dengan gerakan yang terarah tergolong aman untuk anak penderita asma.

  • Voli: Gerakan pada olahraga ini tidak sangat intens, banyak jeda, dan merupakan olahraga kelompok yang tidak terlalu menuntut stamina.

  1. Durasi Olahraga

Selain jenis olahraga yang tepat, orang tua juga harus membatasi durasi olahraga karena berpengaruh terhadap stamina anak. Jika anak-anak umumnya membutuhkan durasi olahraga 1 jam setiap hari, Bunda sebaiknya batasi olahraga anak dengan  asma hanya 30 menit. Segera hentikan sesi olahraga jika anak merasa lelah dan butuh istirahat.

  1. Strategi Pencegahan

Lakukan beberapa strategi pencegahan serangan asma pada olahraga, yaitu:

  • Selalu sediakan obat asma/inhaler atau gunakan sebelum memulai olahraga, sesuai anjuran dokter.

  • Lakukan pemanasan minimal 5-10 menit sebelum olahraga dan akhiri dengan  pendinginan.

  • Bernapas dari hidung selama berolahraga.

  • Jangan memaksakan diri saat berolahraga & segera berhenti jika merasakan gejala serangan asma.

  1. Memperhatikan Cuaca & Kondisi

Sebaiknya anak penderita asma tidak berolahraga jika cuaca terasa dingin. Jika memang harus berada di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker. Sama halnya jika sedang musim pancaroba atau pergantian cuaca, sebaiknya Bunda batasi frekuensi olahraga. Bunda juga bisa menyarankan buah hati untuk berolahraga di dalam ruangan.

Cari tahu bagaimana Cara Mengatasi Asma Dimulai dari Tempat Tinggal

Ajarkan juga pada buah hati untuk menjauhi daerah berpolusi atau berdekatan dengan tanaman dengan serbuk bunga. Kondisi tempat olahraga yang tidak sesuai supaya alergi debu pada anak tidak sampai menjadi serangan asma.

  1. Pelan tapi Pasti

Saat anak baru memulai berolahraga, pastikan agar anak tidak melakukannya dengan terburu-buru. Anak harus memulai gerakan dengan pelan, kemudian perlahan-lahan menaikkan intensitasnya. Selain pelan dan pasti pada setiap sesi olahraga, anak juga harus mempertahankan kebiasaan olahraga secara rutin, misalnya tiga kali dalam seminggu. Semakin sering anak berolahraga, staminanya juga akan membaik. Efek olahraga pada anak penderita asma akan semakin signifikan.

ARTIKEL TERKINI

Aman Berolahraga bagi Penderita Asma
Kenali Alergi
Aman Berolahraga bagi Penderita Asma

Alergi debu serius pada anak bisa saja memicu asma atau masalah pernapasan lainnya. Tak jarang,...

Hal yang Kerap Sebabkan Biduran
Kenali Alergi
Hal yang Kerap Sebabkan Biduran

Biduran kerap dikenal sebagai kaligata/urtikaria, adalah kondisi kulit dengan ruam merah dan gatal....

Mitos dan Fakta Seputar Susu Soya
CMPA
Mitos dan Fakta Seputar Susu Soya

Susu yang diformulasikan dari isolat protein soya dikenal bermanfaat dan direkomendasikan tenaga...

Si Kecil Alergi atau Sakit Kulit
Kenali Alergi
Si Kecil Alergi atau Sakit Kulit

Kelainan kulit pada si Kecil sering terjadi dan biasanya bukan merupakan sesuatu yang berbahaya....

testaje