8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah pada Masa Awal Kehamilan

8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah pada Masa Awal Kehamilan

8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah pada Masa Awal Kehamilan

Keterlibatan peran ayah saat Bunda hamil, bahkan sejak trimester pertama, adalah salah satu kiat untuk membangun keluarga yang solid dan harmonis. Keterlibatan ayah selama masa kehamilan serta pengasuhan juga berpengaruh terhadap daya kognitif dan sosio-emosional buah hati. Berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk melibatkan ayah dalam proses kehamilan.

  1. Orang Pertama

Ayah sebaiknya menjadi orang pertama yang tahu tentang kehamilan Bunda, bahkan sejak melakukan tes kehamilan. Ini akan jadi awal baik untuk melibatkan ayah sepanjang kehamilan Bunda dan masa awal pengasuhan buah hati.

  1. Jadwal Check-Up Bersama

Pemeriksaan rutin kehamilan bisa jadi momen kebersamaan bagi Bunda dan ayah. Sebisa mungkin atur jadwal pemeriksaan kehamilan agar ayah bisa mendampingi Bunda di sela kesibukannya. Mengetahui perkembangan buah hati dalam kandungan Bunda adalah salah satu cara ayah bisa terlibat dalam perjalanan kehamilan.

  1. Dekorasi Kamar Bayi

Selain memberi dukungan emosional, ayah juga bisa menunjukkan keterlibatannya secara nyata dengan merancang dekorasi ruangan khusus bayi. Meski nantinya akan tidur bersama Bunda dan pasangan, ayah tetap bisa merancang sudut khusus untuk buah hati. Bunda bisa memberikan ayah kebebasan untuk mendesain sesuai seleranya.

  1. Olahraga Bersama

Olahraga sangat baik untuk kesehatan Bunda dan janin selama kehamilan. Di sisi lain, olahraga bersama ayah juga bisa menjaga keharmonisan sebagai pasangan. Bunda bisa mengajak ayah ikut melakukan olahraga ringan seperti berjalan sehat atau berenang. Keterlibatan ayah ini dapat memberikan dukungan emosional sehingga Bunda tidak merasa menjalani kehamilan seorang diri.

  1. Belanja Bersama

Berbelanja perlengkapan bayi tidak hanya bisa dilakukan Bunda. Ayah juga bisa menjadi bagian dari pengalaman menyenangkan ini. Saat belanja, tanyakan masukan ayah tentang keperluan yang diperlukan dan pendapatnya untuk beberapa pilihan.

  1. Babymoon

Babymoon adalah liburan pasangan saat masa kehamilan sebelum kehadiran buah hati. Dinamika rumah tangga akan berubah setelah kelahiran buah hati, jadi tidak ada salahnya Bunda dan ayah menyempatkan diri berlibur singkat berdua saja. Akhir trimester pertama atau jelang trimester kedua adalah momen pas untuk perencanaan liburan.

  1. Memorabilia dan Masa Depan Buah Hati

Salah satu cara terbaik melibatkan peran ayah saat Bunda hamil adalah merencanakan masa depan buah hati. Tanyakan kepada ayah hal-hal apa saja yang sebaiknya dipersiapkan sejak awal kehamilan. Beberapa ide yang bisa Bunda dan ayah lakukan antara lain menyiapkan tabungan pendidikan.

Selain itu, Bunda juga bisa mengajak ayah membuat jurnal kehamilan dan tumbuh kembang buah hati sebagai memorabilia. Bunda bisa membuat jurnal foto selama masa kehamilan, atau mengabadikan proses persiapan persiapan kamar bayi. Saat buah hati lebih besar, Bunda dan ayah bisa menunjukkan kepadanya sebagai kenangan berkesan.

  1. Pilih Nama

Salah satu keterlibatan terbesar ayah terhadap kehadiran buah hati adalah pemilihan nama. Bunda bisa membagi tugas pemilihan nama dengan ayah sejak awal kehamilan, misalnya Bunda memberi ide nama depan, dan ayah bertugas memberi nama tengah.  Beri ayah kebebasan mengutarakan idenya sehingga seimbang dengan keterlibatan Bunda dalam pemilihan nama.

Keterlibatan peran ayah saat Bunda hamil dapat berpengaruh terhadap kondisi kehamilan Bunda. Bentuk dukungan dan keterlibatan ayah terhadap kehamilan Bunda dapat memberikan ketenangan secara emosional sehingga Bunda tidak merasa menjalani kehamilan sendirian. Yuk, libatkan ayah selama masa kehamilan.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Pengaruh Suara Bising terhadap Kehamilan ...

Buah hati yang berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara yang ada di luar....

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama ...

Dinyatakan mengandung oleh dokter tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Bunda. Rasa...

Mengenal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Buah hati melalui masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase...

Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Tahukah Bunda? Periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu, Bunda perlu memenuhi...

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin Ini ...

Saat hamil, janin dalam kandungan akan melalui berbagai perkembangan setiap minggunya. Untuk itu,...

Cara Mudah Atasi Insomnia saat ...

Ibu hamil kerap mengeluhkan sulit tidur karena berbagai alasan. Kondisi ini kemudian menyebabkan...

Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya 

Pengaruh Suara Bising terhadap ...

Baca Selengkapnya 

7 Kiat Atasi Gejala Pusing & ...

Baca Selengkapnya 

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya 

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin ...

Baca Selengkapnya