Facebook Pixel Code 3 Langkah Mudah Memilih Susu untuk Ibu Hamil Muda

3 Langkah Mudah Memilih Susu untuk Ibu Hamil Muda

3 Langkah Mudah Memilih Susu untuk Ibu Hamil Muda

3 Langkah Mudah Memilih Susu untuk Ibu Hamil Muda

Kesehatan ibu hamil dan janinnya sangat penting untuk dijaga, terutama di trimester pertama. Pasalnya, pada periode tersebut, banyak dari ibu yang mengalami kondisi yang berbeda dari sebelum hamil, seperti konstipasi, lemas, heartburn, dan juga mual di pagi hari atau morning sickness.

Berbagai kondisi ini secara sekilas memang terlihat umum. Akan tetapi, gejala-gejala ini bisa saja mengganggu asupan nutrisi Bunda, sehingga ibu hamil harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi tepat dan lengkap, dan pemberian susu mungkin perlu dipertimbangkan..

Tapi, seperti apakah susu untuk ibu hamil muda yang bisa bantu lengkapi kebutuhan nutrisi Bunda, ya? Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Bunda lakukan!

Memilih Susu Hamil Muda dengan Kandungan Asam Folat

Menurut World Health Organization (WHO), ada beberapa kandungan yang perlu diperhatikan dalam susu untuk ibu hamil muda. Nah, salah satu nutrisi yang paling penting tersebut adalah asam folat (folic acid).

Namun, kenapa, ya, Bun? Asupan asam folat yang cukup telah dipercaya dapat mengurangi risiko munculnya abnormalities atau hal-hal abnormal pada bayi.

Melihat Kandungan Zat Besi pada Susu

WHO rupanya juga menganjurkan asupan zat besi yang cukup. Pasalnya, zat besi memang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah Bunda dan juga janin. Zat besi ini nantinya akan membantu penyebaran oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan tubuh. Alhasil, perkembangan otaknya dapat terus terdukung, Bun!

Sebaliknya, jika kekurangan zat besi, Bunda mungkin akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami anemia dan si Kecil juga akan berisiko mengalami gangguan pada pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan dapat dibantu dengan susu ibu hamil menyusui dengan kandungan zat besi..

Jangan Lupakan Kandungan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi yang memiliki hubungan erat dalam menjaga kesehatan tulang Bunda dan juga janin. Pasalnya, vitamin D memang terbukti mampu menunjang penyerapan kalsium dan mampu mengurangi risiko berbagai penyakit pada kondisi-kondisi tertentu. Beberapa risiko penyakit yang bisa dijauhi dengan konsumsi vitamin D antara lain, depresi, diabetes, kanker, dan osteoporosis.

Kemudian, untuk asupan kalsium sendiri, manfaat utamanya diincar karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi kalsium secara mudah. Maka dari itu, selain mengonsumi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, Bunda juga bisa mengonsumsi susu untuk ibu hamil yang punya  kandungan kalsium yang cukup dan juga vitamin D untuk membantu penyerapannya.

Demikian tadi ulasan seputar langkah mudah memilih susu untuk para Bunda yang masih berada di tahap dini kehamilan. Kesimpulannya, susu yang baik untuk Bunda adalah yang tinggi zat besi dan asam folat serta mampu memberikan asupan kalsium yang cukup (dengan bantuan vitamin D).

Setelah memahami langkah-langkah di atas, pilihlah susu untuk ibu hamil muda yang memiliki kriteria di atas, contohnya adalah SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi. Sebab, sesuai namanya, produk ini tinggi akan zat besi untuk mendukung perkembangan otak janin serta menjauhkan Bunda dari risiko anemia.

Namun, selain kandungan tersebut, produk ini pun tinggi kalsium, asam folat, dan juga merupakan sumber vitamin D. Nikmati kebaikan keempat nutrisi yang telah disebutkan tersebut dan juga nutrisi lainnya yang kandungan lengkapnya tercantum pada kemasan, ya, Bun!

Sumber:

https://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0020/120296/E73182.pdf

https://www.webmd.com/baby/guide/first-trimester-of-pregnancy/

https://www.healthline.com/health/8-fast-facts-about-calcium/

https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-101

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6019982/

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Vaksin untuk Ibu Hamil? Cek ...

Vaksin saat hamil di tengah pandemi adalah hal yang bisa (bahkan perlu) untuk para ibu lakukan....

6 Jenis Imunisasi Ibu Saat Hamil ...

Imunisasi adalah hal yang wajib untuk dilakukan, termasuk bagi para ibu yang sedang hamil. Simak...

Imunisasi Ibu Hamil. Amankah?

Imunisasi adalah sesuatu yang mampu menyelamatkan Bunda dan janin jika dilakukan dengan tepat....

Bolehkah Ibu Menyusui Divaksin? Cek ...

Banyak yang mempertanyakan bolehkah ibu menyusui divaksin? Simak jawaban lengkapnya di sini!

5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu ...

Ingin menambah asupan zat besi untuk ibu hamil? Berikut rekomendasi makanan penambah zat besi...

Begini Cara Memilih Susu yang ...

Memilih susu yang baik untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Berikut cara-cara yang harus Bunda...


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut