Facebook Pixel Code Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Jika Bunda yang sedang hamil sering mengalami sakit kepala, lelah, pusing, dan sesak napas, bisa jadi itu merupakan tanda anemia. Sebenarnya anemia saat hamil menjadi kondisi yang umum terjadi.2 Anemia sendiri merupakan kondisi gangguan gizi yang dialami oleh ibu hamil.3 Namun, anemia yang terjadi pada ibu hamil menjadi masalah kesehatan yang serius di negara berkembang.4

Berdasarkan dari Riskesdas 2013 terdapat 37,1% ibu hamil di Indonesia yang mengalami anemia. Di tahun 2018 mengalami kenaikan menjadi 48,9%.5

Pada ibu hamil, yang menjadi penyebab mereka mengidap anemia sebagian besar karena faktor kekurangan zat besi (Fe).5 Kondisi ini juga dikenal anemia gizi   besi (AGB).6   

Lantas, jika memang sudah didiagnosa oleh dokter Bunda mengalami anemia, apa yang bisa dilakukan? Tidak perlu khawatir, berikut cara mencegah anemia pada ibu hamil yang bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Mengatasi Anemia Ibu hamil?

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Zat Besi Heme dan Non Heme

Makanan yang bernutrisi tinggi memang bagus untuk Bunda yang sedang hamil. Di antara banyaknya asupan bergizi yang dikonsumsi, pastikan ada yang memiliki kandungan zat besi heme dan nonheme ya, Bun.

Beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi di antaranya yaitu: Sumber zat besi heme berasal dari hewani seperti telur, ikan, daging, hati, dan susu.  Sedangkan nonheme bersumber dari tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan, sayuran daun hijau, serealia, dan kacang-kacangan. 

Pastikan Ada Makanan yang Mengandung vitamin C 

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil juga perlu dengan mengonsumsi berbagai makanan yang memiliki vitamin C di dalamnya. Sayuran dan buah-buahan menjadi contoh makanan yang biasanya terdapat vitamin satu ini. 

Mengapa vitamin C penting? Pasalnya kandungan satu ini dapat mensupport penyerapan zat besi lebih maksimal di dalam tubuh. Bila masih dirasa kurang, Bunda bisa juga mengonsumsi suplemen khusus vitamin C. Namun, Bunda perlu bertanya dulu pada dokter kandungan, apakah mengonsumsi suplemen vitamin C itu aman untuk janin dan Bunda. 

Susu Khusus Ibu hamil yang Diperkaya dengan Zat Besi

Cara mengatasi anemia ibu hamil juga dengan mengonsumsi susu khusus untuk Bunda yang sedang hamil dan di dalamnya ada kandungan zat besi. Rekomendasi susu yang bisa Bunda konsumsi setiap hari yaitu SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi.

Beberapa kandungan penting di dalamnya yaitu zat besi yang tinggi untuk bantu mengurangi risiko mengalami anemia pada ibu hamil dan mendukung perkembangan otak janin. 

Ada pula asam folat tinggi yang bantu memelihara pertumbuhan dan perkembangan janin, kalsium untuk membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang janin, vitamin D yang bantu penyerapan kalsium, sumber protein yang dapat membangun dan memperbaiki jaringan pada tubuh. 

Tak lupa juga ada kandungan minyak ikan dari ikan tuna yang bantu dukung perkembangan otak janin. SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi ini bisa diminum oleh Bunda yang sedang hamil maupun menyusui sebanyak 1x sehari.

Semoga dengan mengetahui cara mengatasi anemia pada ibu hamil di atas bisa menambah pemahaman Bunda agar bisa lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari ya.

Sekadar tambahan, agar membuat proses penyerapan zat besi lebih optimal, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memperlambat zat besi terserap di dalam tubuh. Makanan dan minuman yang perlu dihindari, yakni antara lain coklat, rempah-rempah tertentu (cabai, ketumbar, kunyit, dan asam jawa), teh, dan kopi dikonsumsi bersamaan dengan makanan kaya zat besi.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya Bun!

Sumber:

https://www.verywellfamily.com/iron-rich-foods-to-battle-anemia-in-pregnancy-2757517

View of Faktor Kejadian anemia pada Ibu hamil. (n.d.). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/14291/8445

https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/mgmi/article/view/2324/1276

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline