Facebook Pixel Code Apakah Faktor Genetik Menjadi Penyebab Alergi ?

Apakah Alergi Disebabkan Faktor Genetik?

Apakah Alergi Disebabkan Faktor Genetik?

Faktor Genetik, Apakah Satu-satunya Penyebab Alergi?

Mungkin Bunda sering bertanya-tanya, apakah alergi anak ada kaitannya dengan riwayat kesehatan orang tua? Atau apakah alergi anak memang dikarenakan faktor eksternal? Yuk, pahami lebih dalam mengenai penyebab alergi pada anak agar dapat diatasi dengan tepat.

Alergi Anak Faktor Genetik?

Alergi anak banyak sekali jenisnya, Bun. Selain dari makanan, alergi juga bisa disebabkan faktor lain seperti debu atau cuaca. Histori kesehatan keluarga atau gen alergi orang tua cukup berpengaruh terhadap seluruh jenis alergi ini.

Tidak dapat dimungkiri bahwa genetik memegang peranan kuat terhadap gejala alergi buah hati. Umumnya anak yang mengalami alergi tertentu, misalnya terhadap makanan, memiliki orang tua yang juga mengalami alergi serupa.

Alergi yang diderita orang tua tidak selalu sama persis pada anak, melainkan berupa kecenderungan alergi saja. Selain faktor genetik, faktor eksternal juga sama pentingnya dalam memicu reaksi alergi anak, antara lain lingkungan, iklim, dan pilihan menu makanan.

Bisakah Alergi Genetik Dicegah?

Dahulu, para ahli kesehatan menyarankan Bunda menjaga konsumsi makanan saat masa kehamilan, terutama pada trimester terakhir. Ini didasari anggapan adanya pantangan terhadap beberapa makanan saat masa kehamilan akan membantu mencegah alergi pada bayi dalam kandungan.

Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, Ikatan Dokter Anak Indonesia menyarankan Bunda makan semua jenis makanan selama masa kehamilan, termasuk yang berpotensi memicu alergi. Hal ini dengan pengecualian Bunda memiliki alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu. Hal ini dilakukan untuk melatih toleransi buah hati terhadap alergen sejak dini.

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama juga akan membantu daya tahan tubuh anak. ASI eksklusif telah terbukti mengurangi kecenderungan alergi pada anak. Ikuti juga dengan masa MPASI paling lambat usia 6 bulan dan tidak lebih awal dari 4 bulan. Berikan berbagai jenis makanan secara bertahap tanpa pantangan untuk melatih toleransi si Kecil terhadap alergen tertentu.

Kemungkinan Alergi Anak secara Genetik

Alergi anak secara faktor genetik juga dapat diperkirakan dari riwayat alergi kedua orang tua maupun saudara sekandung (jika bukan anak pertama). Supaya buah hati tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang sehat dan kuat, ambil langkah antisipasi secara tepat dan berikan nutrisi terbaik.

Artikel Lainnya

Tanggap Ciri Alergi Susu Sapi ...

Bunda perlu tanggap jika anak mengalami alergi, salah satunya dengan tahu ciri alergi susu sapi dan...

Susu Soya Vs Susu Sapi

Alergi susu sapi adalah suatu reaksi alergi yang paling sering dialami anak-anak pada awal...

Risiko Anak Alergi

Alergi dapat menyerang siapa pun, tetapi beberapa individu memiliki risiko lebih besar untuk...

Berbagai Tips Olahraga untuk Anak ...

Meski mengidap alergi, olahraga tetap perlu menjadi bagian dari keseharian si kecil untuk...

MP ASI Risiko Alergi

Secara definisi, Si Kecil yang berisiko tinggi alergi adalah Si Kecil dengan orang tua, kakak, atau...

Mitos Susu Soya

Apabila anak mengalami alergi makanan, khususnya alergi protein susu sapi, Bunda perlu mencukupi...


Artikel Terpopuler

Penyebab Gatal Alergi pada ...

Baca Selengkapnya >

5 Tips untuk Anak dengan ...

Baca Selengkapnya >

Gangguan Pencernaan Karena Alergi ...

Baca Selengkapnya >

Kenali Gejala Alergi Makanan ...

Baca Selengkapnya >

Gangguan Pernapasan Karena Alergi

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut