Facebook Pixel Code Pertolongan Pertama Pada Anak Yang Mengalami Gejala Alergi

Pertolongan Pertama

Pertolongan Pertama

  1. Panik adalah respon yang umumnya ditunjukkan orangtua kala si Kecil memperlihatkan gejala alergi. Padahal, pengananan awal yang cepat di rumah dapat meringankan gejala tersebut dengan cepat.
  2. Yang perlu anda tangani segera dari reaksi alergi adalah reaksi anafilaksis. Reaksi anafilaksis adalah reaksi alergi berat yang terjadi setelah terjadi pajanan (kontak) dengan zat penyebab alergi melalui mekanisme hipersensitivitas tipe I yaitu produksi IgE dan histamin.
  3. Berikut adalah tanda alergi berat (anafilaksis) pada si Kecil yang perlu anda kenali agar tetap waspada :
    • Muncul gatal-gatal atau kemerahan di seluruh tubuh si Kecil Muncul sesak yang disertai napas berbunyi
    • Bibir hingga wajah membengkak
    • Bibir kebiruan dengan napas memburu
    • Suara serak atau hilang terjadi secara mendadak
    • Sulit menelan akibat pembengkakan saluran tenggorokan Sakit perut, mual, hingga muntah-muntah
    • Dilanjutkan dengan kaki dan tangan si Kecil yang dingin hingga penurunan kesadaran. Hal ini dapat terjadi baik pada si Kecil yang memiliki riwayat alergi sebelumnya maupun tidak.
  4. Yang harus segera anda lakukan bila hal tersebut terjadi adalah :
    1. Awasi jalan napas si Kecil, hindari dari kemungkinan tersedak. Hindari benda- benda yang mungkin membuat tersedak, lalu miringkan posisi si Kecil.
    2. Perhatikan pola pernapasannya, apakah si Kecil tampak sesak? Cari posisi yang sesuai untuk mengurangi sesak yang dirasakan si Kecil.
    3. Rabalah nadi atau ujung jari kaki dan tangan si Kecil, apakah terasa dingin? Bila ya, hangatkan segera dengan menutupi dengan selimut atau kantung air hangat.

Jika anda mencurigai adanya reaksi anafilaksis, anda dapat memberikan adrenalin autoinject yaitu obat adrenalin sekali pakai yang disuntikkan ke otot yang tersedia di apotik. Segera bawa si Kecil ke dokter atau unit gawat darurat untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

 

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline