Facebook Pixel Code Agar Tidak Salah, Begini Panduan Memilih Susu untuk Anak Alergi

Agar Tidak Salah, Begini Panduan Memilih Susu untuk Anak Alergi

Agar Tidak Salah, Begini Panduan Memilih Susu untuk Anak Alergi

Susu menjadi asupan penting bagi tumbuh kembang anak dari lahir hingga ia dewasa. Susu yang biasa dikonsumsi yaitu terbuat dari susu sapi. Namun, sayangnya tidak semua anak bisa cocok dengan minuman bernutrisi satu ini. 

Ada sebagian anak yang memiliki alergi susu sapi. Penyebabnya pun beragam, ada karena faktor keturunan.  40% bayi yang lahir dari Bunda yang memiliki alergi bisa jadi memiliki alergi di kemudian hari. Terpapar bahan alergi yang dimakan oleh Si Kecil. 

Alergi susu sapi (ASS) merupakan suatu reaksi yang tidak diinginkan akibat paparan protein susu sapi. 

Kecenderungan terjadinya alergi susu sapi bagi anak yang tidak mendapatkan ASI ekslusif berkisar antara 2-7.5%. Sedangkan untuk anak yang memperoleh ASI eksklusif masih memiliki risiko mengalami alergi susu sapi sebesar 0.5%.3

Meski anak memiliki alergi susu sapi, bukan berarti Bunda tidak memberikan asupan susu di menu hariannya ya. Bunda bisa memberikan alternatif susu formula berbasis kedelai. Untuk memahami apa itu susu formula kedelai dan bagaimana cara memilihnya, mari simak informasinya di bawah ini. 

Fakta Susu Anak Alergi dari Protein Kedelai

  1. Susu formula berbasis kedelai dibuat menggunakan protein kedelai dan tidak memiliki kandungan laktosa.4

  2. Formula susu kedelai yang bisa dikonsumsi anak yaitu bukan susu kedelai murni atau segar seperti layaknya susu untuk orang dewasa. Pasalnya kandungan di dalamnya berbeda dan bukan dibuat untuk anak.5  

  3. Anak yang mengonsumsi susu formula isolat protein kedelai dapat memiliki sistem imun, tulang, pertumbuhan, endokrin, metabolisme, reproduksi, dan fungsi neurologi yang tidak berbeda dengan anak yang mengonsumsi susu formula sapi.6

Cara Memilih Susu Alternatif dari Kedelai

Terdapat Kandungan yang Dukung Pertumbuhan Otaknya

Pastikan susu anak alergi dari isolat protein soya memiliki manfaat untuk membantu daya pikir Si Kecil tumbuh dengan baik. Cirinya yaitu cari yang mengandung omega-3. Asam lemak satu ini sudah dikenal bagus untuk otak anak, memelihara kesehatan sistem saraf, dan memperlambat kerusakan membran sel.

Terdapat Serat Demi Ciptakan Pencernaan yang Sehat 

Serat juga jadi kandungan yang tidak boleh terlupa dalam susu anak alergi yang terbuat dari formula kedelai. Meskipun di dalam susu kedelai murni sudah terdapat serat, namun kadarnya belum mencukupi kebutuhan Si Kecil. 

Sementara pada susu formula yang mengandung isolat protein soya biasanya diberikan asupan nutrisi tambahan, salah satunya yaitu serat.

Susu Anak Alergi dari SGM Eksplor Soya Progress Maxx

Bunda sudah tahu bagaimana cara memilih susu anak alergi dari isolat protein soya. Nah, tak perlu bingung Bund memilih susu yang sesuai dengan kriteria di atas. Pasalnya ada SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC. 

Di dalam susu ini terdapat beragam nutrisi baik demi dukung tumbuh kembang anak. Beberapa di antaranya yaitu Isolat Protein Soya, zinc, vitamin D, kalsium, serat pangan, omega 3 & 6, dan minyak ikan. 

Namun, yang membedakan susu alergi anak SGM dengan yang lain, karena adanya dua kandungan penting lainnya yaitu zat besi dan vitamin C (IronC). 

Seperti yang diketahui, manfaat zat besi untuk mendukung perkembangan sistem saraf dan sebagai sumber energi bagi otot. Jadi, bila Si Kecil kekurangan zat besi akan memberikan efek negatif pada fungsi kognitif, ketahanan fisik, pertumbuhan anak, dan tingkah laku.9 Sedangkan vitamin C bertugas untuk bantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga bisa lebih optimal. 

SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC bisa diberikan bagi anak yang berusia 1-5 tahun yang memiliki alergi susu sapi. 

Dengan begitu lengkapnya kandungan yang ada di susu SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dengan IronC ini, Bunda bisa bantu anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yaitu berpikir cepat, tangguh, percaya diri, tumbuh tinggi, dan aktif bersosialisasi.

Bunda bisa mendapatkan SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx di supermarket atau minimarket terdekat tempat tinggal ya. 

Sumber:

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenali-alergi-susu-sapi-pada-anak

https://spesialis1.ika.fk.unair.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/Rekomendasi-Diagnosis-dan-Tata-Laksana-Alergi-Susu-Sapi-2014.pdf

https://medlineplus.gov/ency/article/002447.htm

https://hellosehat.com/parenting/anak-1

-sampai-5-tahun/gizi-balita/cara-memilih-susu-soya-untuk-anak/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline