Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh

Oleh Anisa Rahmadani | 04 Apr 2019
Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh

Susu formula kedelai merupakan salah satu alternatif susu yang paling digemari. Harganya yang terjangkau dan kandungan nutrisi yang tidak kalah dari susu sapi membuat susu formula kedelai jadi alternatif yang oke.

Susu formula kedelai tidak hanya bisa diberikan sebagai alternatif. Pada orang dewasa yang menjalani gaya hidup vegetarian, kedelai kaya sumber protein yang manfaatnya kurang lebih sama seperti susu sapi. Dengan manfaat begitu besar, susu formula kedelai tentu mengandung beberapa jenis nutrisi penting bagi tubuh manusia.

  1. Protein

Nutrisi penting pertama yang terkandung dalam susu formula kedelai adalah protein. Kandungan protein dalam kedelai terbilang tinggi dan kualitasnya melebihi sumber protein nabati lain. Bahkan, kandungan protein dalam susu formula kedelai hampir setara dengan susu sapi.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kandungan karbohidrat dalam susu formula kedelai juga lebih rendah. Kandungan karbohidrat yang rendah dalam susu formula kedelai membuatnya tidak mudah menyebabkan obesitas. Kandungan serat kedelai yang cukup tinggi juga membantu menaikkan proses metabolisme tubuh.

  1. Lemak

Selain asupan protein, asupan lemak baik juga tidak kalah penting bagi tubuh. Sehari-hari kita memperoleh asupan lemak dari sayuran serta daging yang masuk ke dalam tubuh. Ini juga termasuk dari susu formula kedelai.

Susu formula kedelai juga memiliki kandungan lemak baik, bahkan jenis lemak yang paling banyak terkandung dalam kedelai adalah lemak tak jenuh ganda yang merupakan lemak baik bagi tubuh. Lalu ada juga jenis lemak lain seperti Omega 3 dan Omega 6 yang sangat baik untuk menopang pertumbuhan buah hati dengan sempurna.

  1. Vitamin dan mineral

Susu formula kedelai juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang tentunya dibutuhkan tubuh. Sumber protein nabati ini kaya kandungan kalium, kalsium, zat besi, dan mineral lainnya; di antaranya adalah vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Jadi bila Bunda ingin menyokong kebutuhan vitamin dan mineral anak, susu formula kedelai layak dimasukkan dalam urutan pertama daftar belanja bulanan.

  1. Isoflavon

Kandungan nutrisi lain juga sangat penting dalam susu fromula kedelai adalah isoflavon, yang lebih dikenal sebagai zat antioksidan. Banyak sekali manfaat isoflavon bagi tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan beberapa penyakit.

Kandungan isoflavon banyak ditemukan dalam kacang-kacangan. Kedelai merupakan satu jenis kacang-kacangan yang mengandung isoflavon paling tinggi. Isoflavon adalah salah satu nutrisi yang membuat susu formula kedelai jadi produk susu yang kualitasnya tidak kalah dengan susu sapi.

Susu formula kedelai baik dikonsumsi anak-anak yang mengalami alergi susu sapi. Orang dewasa juga disarankan mengonsumsi susu formula kedelai dengan rasanya yang tidak kalah lezat dari susu sapi. Jika buah hati alergi susu, Bunda tidak perlu ragu memberikan susu formula kedelai sebagai penggantinya. Namun, Bunda juga sebaiknya buah hati tidak memiliki alergi terhadap bahan makanan berbasis kedelai, ya.

ARTIKEL TERKINI

Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh
CMPA
Nutrisi Penting dalam Susu Formula...

Susu formula kedelai merupakan salah satu alternatif susu yang paling digemari. Harganya yang...

Nutrisi Umum pengganti Makanan Alergi
Kenali Alergi
Nutrisi Umum pengganti Makanan Alergi

Tumbuh kembang si Kecil perlu ditopang oleh nutrisi yang lengkap dan seimbang, sesuai dengan...

Apa itu Alergi Susu Sapi ?
Kenali Alergi
Apa itu Alergi Susu Sapi ?

Laktosa? Tidak banyak orang yang paham secara benar mengenai alergi protein susu sapi dan juga...

Perangi Asma Dimulai dari Tempat Tinggal
Kenali Alergi
Perangi Asma Dimulai dari Tempat Tinggal

Cara mengatasi asma yang terbaik adalah mencegah sekaligus mempersiapkan diri atas serangan asma...

testaje