Tumbuh Kembang Janin pada Trimester Ketiga Kehamilan

Tumbuh Kembang Janin pada Trimester Ketiga Kehamilan

Tumbuh Kembang Janin pada Trimester Ketiga Kehamilan

Mulai memasuki bulan ketujuh kehamilan, Bunda tentu semakin berdebar menanti hari kelahiran buah hati. Trimester ketiga yang dimulai dari bulan ketujuh ibaratnya ujung jalan yang mesti Bunda lalu sebelum bertemu buah hati tercinta.

Pada trimester ini pun banyak perubahan tubuh maupun perasaan yang Bunda alami. Buah hati pun akan semakin berkembang minggu ke minggu. Untuk mengetahui perkembangan yang telah dicapai buah hati secara detail, bisa Bunda ketahui dengan USG di dokter kandungan.

Secara umum, janin akan mengalami beberapa tahapan perkembangan yang pasti di sepanjang bulan ketujuh sampai kesembilannya ini. Dengan mengetahui tahapan perkembangan bayi dalam kandungan, Bunda pun diharapkan bisa memaklumi perubahan yang terjadi terhadap diri Bunda. Mengetahui perkembangan bayi secara umum pada masa kehamilan juga membantu Bunda dalam beraktivitas pada bulan-bulan terakhir sebelum melahirkan.

Tubuh Janin Mulai Menyimpan Lemak

Memasuki masa kandungan tujuh bulan, berat janin pun semakin bertambah sehingga perut Bunda semakin membesar. Pada trimester ketiga ini berat bayi memang semakin cepat bertambah dibandingkan trimester pertama dan kedua. Ini karena tubuh janin sudah mulai menyimpan lemak.  

Selama trimester ketiga, berat janin rata-rata akan bertambah sekitar 1,3-2,3 kilogram. Dari yang tadinya di kisaran 1,3 kilogram sampai mencapai 2,5-4 kilogram memasuki usia kelahiran. Apabila setelah diperiksa berat janin belum ideal, inilah saatnya Bunda menyantap makanan yang mengandung lemak tinggi untuk menambah berat janin. Namun, jika berat janin sudah melebihi ideal, Bunda sebaiknya mengurangi asupan lemak.

Pancaindra Janin Semakin Sempurna

Masih pada awal-awal trimester ketiga, Bunda akan sering merasakan gerakan janin yang semakin beragam. Tidak sekadar menendang, Bunda mungkin akan kesakitan karena janin mengubah posisi tidurnya dalam kandungan. Gerakan bayi dalam kandungan juga akan terasa tiap kali Bunda mendengarkan sesuatu.

Hal tersebut lumrah saat memasuki bulan ketujuh kehamilan pancaindra janin makin sempurna di kisaran minggu 28-32. Telinganya makin peka mendengar suara-suara dari luar perut Bunda. Tangan dan kakinya juga semakin luwes bergerak sampai mengubah posisi badannya. Karena itulah, Bunda sebaiknya lebih selektif memperdengarkan sesuatu kepada janin di usia kandungan ini.

Bertambah Panjang

Selain bertambah berat, pada trimester ketiga janin umumnya juga akan mengalami pertambahan panjang cukup pesat. Dari yang tadinya hanya berkisar 30 sentimeter di awal trimester, bisa bertambah hingga 20-23 sentimeter sampai masa kelahirannya.

Pertambahan panjang ini salah satunya disebabkan mulai berkembangnya tulang-tulang janin. Pada trimester ketiga, tulang janin juga akan semakin kuat. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang ini, Bunda disarankan mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D.

Otak Berkembang Pesat

Pertumbuhan otak janin pun paling pesat terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Karena itulah, janin akan lebih mudah menyerap berbagai pelajaran dari yang Bunda ceritakan dan perdengarkan kepadanya.

Selain itu pada bulan kedelapan atau kesembilan, kemampuan otak dan indra bayi yang makin sempurna memungkinkan ia mengubah posisi. Biasanya kepala bayi sudah mulai mengarah ke bawah semakin mendekati waktu kelahiran.

Paru-paru Sempurna

Mulai berkembang ketika akhir trimester kedua, pada akhir trimester ketiga paru-paru janin akhirnya sempurna. Ini memungkinkannya bernapas secara leluasa ketika sudah lahir ke dunia.

Namun, Bunda sebaiknya terus mengontrol kehamilan ke dokter kandungan. Hal ini diperlukan untuk melakukan tindakan medis jika ada organ janin yang belum sempurna mendekati masa kelahiran.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...

Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak ...

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan adalah hal yang sangat...

Pengaruh Kondisi Psikis Bunda terhadap ...

Menjaga kesehatan fisik Bunda selama masa kehamilan merupakan salah satu hal sangat penting....

Bayi Sungsang, Bagaimana Mengatasinya?

Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun,...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >