Facebook Pixel Code Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meskipun di Rumah Saja

Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meski di Rumah Saja

Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meski di Rumah Saja

Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meski di Rumah Saja

Bulan Ramadhan tahun ini menjadi bulan puasa ketiga yang dihabiskan di masa pandemi. Pandemi memang kini mulai mereda, namun beberapa hal seperti kebiasaan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah seakan telah menjadi norma.

Meski banyak di rumah ketika bulan puasa, bukan berarti Ibu dan keluarga tidak bisa produktif untuk menyelesaikan berbagai target baik itu olahraga, bekerja, maupun belajar. Oleh karena itu, tentu saja selalu ada cara untuk tetap produktif saat puasa meski harus di rumah saja. Beberapa tips yang dapat Ibu lakukan antara lain:

  1. Rencanakan hari
    Tidak jarang saat Ramadhan hari terasa lebih pendek, apalagi jika tidur setelah sahur dan bangun agak siang. Tentu tidak masalah dengan bersantai untuk menghemat energi. Namun jika itu dilakukan seharian akan menghambat produktivitas dan membuat waktu seakan berjalan lebih lambat.
    Untuk itu, agar tetap fokus dan produktif saat puasa, Ibu dan keluarga bisa membuat agenda atau menulis rencana bersama maupun masing-masing yang akan dilakukan pada hari tersebut sebagai to do goals.
    Buat daftar pekerjaan hari itu mulai dari berolahraga, berbelanja, mempersiapkan bahan makanan, meal prep, bekerja, hingga membeli atau membuat sendiri takjil, dan banyak lagi. Dengan demikian, ketika tidak sedang bersantai, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.
  2. Dahulukan pekerjaan penting
    Selanjutnya, setelah Ibu dan keluarga punya masing-masing rencana di satu hari, pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan penting sebelum tengah hari. Alasannya, di pagi hari energi dan pikiran biasanya masih segar. Setelah jam 1 siang, cadangan energi biasanya mulai berkurang, apalagi jika masuk sore hari. Jika sudah begini, seseorang biasanya akan kurang fokus untuk menyelesaikan sesuatu.
  3. Tidur cukup
    Seperti hari-hari lain, selain olahraga serta makanan yang bernutrisi seimbang, tidur cukup juga merupakan kunci agar tetap produktif saat puasa. Di bulan puasa ini, jam tidur memang mesti disesuaikan agar dapat bangun lebih pagi secara rutin sementara di hari sebelumnya harus tidur setelah berbuka, beribadah, serta shalat tarawih.
    Agar waktu siang hari tidak dihabiskan dengan tidur panjang, maka tidur malam yang cukup harus dilakukan meski hanya 5-6 jam saja. Kurang tidur di malam hari dapat bikin mata mengantuk di siang hari, pusing, perubahan perilaku, serta menurunnya fungsi kognitif, sehingga dapat secara langsung mengurangi produktivitas.
    Tidak hanya waktu tidur yang cukup, tidur juga harus berkualitas. Oleh karena itu, Ibu wajib memperhatikan suasana tidur yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga.
  4. Aktif berolahraga
    Olahraga merupakan salah saut cara untuk membuat Ibu dan keluarga tetap produktif. Dalam skala harian, secara saintifik disebutkan bahwa rutin berolahraga berolahraga dapat merangsang pertumbuhan mitokondria baru di dalam sel yang tugasnya memberi energi untuk beraktivitas fisik serta otak sepanjang hari. Biasakan untuk berolahraga aktif secara rutin agar Ibu dan sekeluarga bisa mendapatkan manfaat jangka panjangnya.
    Cari aktivitas olahraga yang cocok untuk di rumah dan gerakannya mudah untuk dilakukan seluruh anggota keluarga. Ibu dapat dengan mudah mencari video di YouTube atau kelas-kelas zoom online yang ramah untuk keluarga. Berolahraga sesuai gerakan di video atau mengikuti kelas dapat membantu melakukan gerakan yang benar sehingga olahraga yang dilakukan bersama keluarga tetap efektif.
  5. Persiapkan Ruang Kerja/Belajar
    Bekerja atau sekolah dari rumah sudah menjadi hal yang lazim. Untuk itu, mengubah satu ruangan secara permanen maupun sementara bisa menjadi solusi. Memiliki ruang khusus untuk bekerja dan belajar bisa meningkatkan produktivitas karena Ibu dan keluarga dapat fokus untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sulap ruang khusus untuk anak sekolah dan orang tua untuk bekerja sehingga tidak saling mengganggu terutama ketika sedang ada pertemuan virtual. Sulap kamar atau ruangan lain sehingga nyaman untuk Ibu dan keluarga gunakan.

Sama seperti pada bulan-bulan lainnya, tidur cukup, olahraga, dan makanan sehat masih menjadi tiga poin penting untuk tubuh yang bugar agar tetap produktif saat puasa.

Ketika berbuka dan sahur, perhatikan juga asupan yang terkandung dalam makanan. Segala hal yang berlebihan, baik itu jumlah maupun rasa itu tidak baik dan dapat berdampak negatif. Untuk itu, pastikan agar asupan makanan dan minuman untuk keluarga selalu bernutrisi seimbang.

Pastikan juga agar Ibu, anak dan keluarga selalu mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dari makanan dan juga susu. SGM Family Yummy-Nutri dengan Pro-gress Max merupakan susu yang cocok dikonsumsi seluruh keluarga.

Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi -nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zink, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate dan Creamy Vanilla yang disukai oleh seluruh keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga, bahkan untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa.

Berbeda beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Yummy dan bernutrisi dengan harga hanya Rp 3000-an segelas. Selamat mencoba dan selamat berpuasa, ya, Ibu sekeluarga!

Temukan inspirasi resep ramadhan keluarga maju disini

Sumber:

  • https://thinkmarketingmagazine.com/7-tips-to-stay-productive-during-Ramadhan-fasting/
  • https://www.esquireme.com/news/34431-sleep-is-even-more-important-over-Ramadhan
  • https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/how-to-sleep-better-in-Ramadhan.aspx
  • https://voi.id/en/lifestyle/45605/bad-for-health-sleeping-after-suhoor-can-trigger-gerd
  • https://www.brookings.edu/opinions/exercise-increases-productivity

Artikel Lainnya:

  1. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadan
  2. Bingung Meal Prep Menu Sahur Sehat? Yuk, ibu Cek di Sini!
  3. Coba Kegiatan Positif di Bulan Puasa Ini Agar Tubuh Lebih Segar
  4. Agar Puasa Tidak Lemas dan Pusing, Cek 5 Hal Ini!
  5. Menunggu Waktu Imsak? Yuk, Coba 5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadhan Ini
  6. Tetap Seru! Ini Tips Ngabuburit di Rumah Bersama Keluarga
  7. Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga dengan Tips Berikut Ini!
  8. Inspirasi Takjil Sehat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bersama
  9. Inspirasi Minuman Takjil Buka Puasa yang Cocok Dijadikan Hantaran

Artikel Lainnya di Tahapan parenting-tips Ramadhan Tips

Hanya 5 Menit! Ini Resep Menu ...

Tidak hanya lezat, hidangan sahur juga wajib kaya nutrisi. Untuk itu, berikut inspirasi menu sahur...

Ide Ucapan Bulan Suci Ramadhan ...

Selain ibadah puasa, Ramadhan juga dapat jadi momen memperkuat silaturahmi sesama Muslim. Untuk...

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani ...

Salat tarawih sejatinya bisa dilakukan di mana saja. Jika ingin tarawih bersama keluarga di rumah,...

Agar Aman, Ini Tips Open ...

Menghadiri atau menggelar open house adalah momen bersilaturahmi yang dinanti saat Lebaran. Nah,...

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip ...

Tidak pulang kampung bukan berarti tidak merayakan lebaran dengan sanak saudara. Teknologi...

Tips Lebaran di Rumah Aja: ...

Lebaran di rumah aja bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto keluarga yang asyik. Banyak kok...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut