Facebook Pixel Code Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk Saat WFH

Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk Saat WFH

Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk Saat WFH

Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk Saat WFH

Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk Saat WFH

Sudah dua kali puasa dilalui di masa pandemi Covid-19 sejak ditetapkan pada 11 Maret 2020 lalu dan tahun ini menginjak ketiga kalinya puasa di masa pandemi.

Pandemi ini telah mengubah pola hidup banyak orang di dunia, termasuk bekerja maupun belajar jarak jauh alias work from home (WFH). Sekilas, berpuasa dengan kondisi WFH ini terasa lebih ringan. Tidak ada lagi perjalanan dari rumah ke kantor maupun sekolah dan sebaliknya.

Selain itu, aktivitas WFH juga dapat dilakukan di tengah-tengah kenyamanan rumah. Hanya saja, ada satu hal yang rentan menyerang ketika berpuasa saat WFH, yakni rasa ngantuk!

Nah, ada beberapa tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk saat WFH, antara lain:

  1. Sesuaikan pola tidur malam
    Mengantuk tentu berkaitan erat dengan tidur. Jika malamnya ibu kurang tidur, sangat wajar jika rasa kantuk itu menyerang hebat, terutama ketika WFH. Tentu fokus bekerja akan mudah teralih. Apalagi saat WFH kasur berada dalam jangkauan tangan, justru malah memperbesar godaan yang ada. Maka dari itu, tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk sebisa mungkin untuk memajukan waktu tidur jadi setelah tarawih. Jika biasanya tidur pukul 11 malam, majukan jadi pukul 9. Dengan demikian, ibu dan seluruh anggota keluarga lainnya bisa bangun sahur tanpa mengurangi waktu tidur dengan drastis.
  2. Gunakan waktu istirahat siang untuk tidur
    Saat puasa, waktu istirahat saat jam biasanya makan siang dapat digunakan untuk sejenak berbaring melakukan power nap. 20-30 menit juga cukup. Meski singkat, dengan kualitas tidur yang baik, ibu akan bangun dengan pikiran yang segar dan produktif untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan. Selain waktu istirahat siang, tidak adanya perjalanan yang harus ditempuh juga menyisakan waktu di pagi hari sebelum mulai WFH. Tapi jangan langsung setelah sahur ya. Beri waktu 1-2 jam setelah selesai sahur lagi untuk tidur sejenak
  3. Cuci muka atau berwudhu
    Berwudhu tidak mesti dilakukan sebelum salat saja. Saat berpuasa, menjaga wudhu juga bisa dilakukan untuk menyegarkan tubuh kembali. Maka dari itu, salah satu tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk adalah sering-seringlah cuci muka atau berwudhu dengan air dingin agar bisa kembali melanjutkan aktivitas dengan baik.
  4. Cari suasana baru
    Jika WFH dilakukan di tempat yang sama, tentu akan membosankan. Maka dari itu, mencari ruangan lain, atau bekerja di teras maupun di halaman rumah di mana mata dimanjakan dengan yang hijau-hijau dapat memberikan atmosfir baru yang lebih segar. Hal ini dapat jadi tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk ketika bekerja atau sekolah dari rumah.
  5. Bergerak
    Terlalu banyak duduk saat bekerja tidak menyehatkan sekaligus membuat mata cepat mengantuk. Lakukan stretching ringan atau berjalan-jalan di rumah atau naik turun tangga setiap satu jam sekali dapat dilakukan untuk menggerakkan otot agar tidak kaku dan aliran darah ke otak tetap lancar.
  6. Cari aktivitas selingan
    Di luar jam istirahat, selipkan waktu 10-20 menit ketika sedang tidak ada pekerjaan untuk melakukan aktivitas ringan yang dapat memulihkan rasa kantuk. Fokus mendengarkan lagu atau menonton video-video singkat yang menyenangkan bisa jadi pilihan. Yang penting tetap ingat waktu, ya! Jangan kebablasan.
  7. Perhatikan makan sahur
    Sahur yang baik tidak hanya berurusan dengan menjaga agar perut tidak lapar, tapi kualitasnya juga dapat memengaruhi kemampuan fisik di siang hari. Maka dari itu, sahur yang seimbang dapat mempersiapkan tubuh untuk berpuasa sepanjang hari. Menggabungkan karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, serta buah-buahan dan sayuran terutama yang mengandung banyak air dan nutrisi sangat membantu agar tubuh fit ketika sedang berpuasa. Perhatikan juga asupan cairan agar tidak dehidrasi. Cairan bisa didapat dari air minum, kuah sayur, kaldu, susu, dan lainnya.

Selain menambah asupan cairan, kandungan dalam susu juga mengandung berbagai nutrisi yang baik. Untuk itu, dapatkan manfaat dari SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx agar bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga saat berpuasa, Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi - nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zink, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate dan Creamy Vanilla yang disukai oleh seluruh keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga, bahkan untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa.

Berbeda beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Yummy dan bernutrisi dengan harga hanya Rp 3000-an segelas. Selamat mencoba berbagai tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk di atas, ya ibu!

Artikel Lainnya di Tahapan Keluarga

Hanya 5 Menit! Ini Resep Menu ...

Tidak hanya lezat, hidangan sahur juga wajib kaya nutrisi. Untuk itu, berikut inspirasi menu sahur...

Ide Ucapan Bulan Suci Ramadhan ...

Selain ibadah puasa, Ramadhan juga dapat jadi momen memperkuat silaturahmi sesama Muslim. Untuk...

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani ...

Salat tarawih sejatinya bisa dilakukan di mana saja. Jika ingin tarawih bersama keluarga di rumah,...

Agar Aman, Ini Tips Open ...

Menghadiri atau menggelar open house adalah momen bersilaturahmi yang dinanti saat Lebaran. Nah,...

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip ...

Tidak pulang kampung bukan berarti tidak merayakan lebaran dengan sanak saudara. Teknologi...

Tips Lebaran di Rumah Aja: ...

Lebaran di rumah aja bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto keluarga yang asyik. Banyak kok...


Artikel Terpopuler

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa ...

Baca Selengkapnya >

Ajak Si Kecil Aktif ...

Baca Selengkapnya >

Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga ...

Baca Selengkapnya >

Tips Memilih Takjil yang ...

Baca Selengkapnya >

Ternyata, Membagi Pekerjaan Rumah ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut