Facebook Pixel Code Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani Kegiatan Tarawih di Bulan Ramadhan

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani Kegiatan Tarawih di Bulan Ramadhan

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani Kegiatan Tarawih di Bulan Ramadhan

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani Kegiatan Tarawih di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang spesial bagi umat Islam. Sebagai bulan suci, setiap amalan kebaikan di bulan ini diganjar dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Selain berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam, bulan Ramadhan juga ditandai dengan kehadiran berbagai kegiatan di bulan Ramadhan lainnya, salah satu yang paling menonjol adalah ibadah salat tarawih.

Tarawih merupakan sendiri ibadah salat sunah yang dilaksanakan setelah salat Isya setiap malam di bulan Ramadhan. Sebagai salat sunah, tarawih dapat dilakukan secara berjamaah di masjid, berjamaah di rumah, atau sendiri-sendiri baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Menginjak bulan ramadhan ketiga sejak memasuki masa pandemi Covid-19 ini, berbagai imbauan telah berkali-kali berubah mengenai peraturan salat berjamaah di masjid. Oleh sebab itu, tidak sedikit pula yang memilih untuk melanjutkan ibadah salat tarawih di rumah bersama seluruh keluarga.

Nah, untuk menjalani kegiatan di bulan Ramadhan berupa salat tarawih di rumah, ada tips yang bisa dilakukan agar tetap khusyuk, antara lain:

  1. Tentukan jumlah rakaat
    Umumnya salat tarawih dilakukan sebanyak 8 atau 20 rakaat ditambah 3 rakaat salat witir di akhir, menggenapkannya menjadi 11 atau 23 rakaat. Untuk 8 rakaat, salat bisa dibagi ke dalam empat rakaat dan dua kali salam atau dua rakaat dan empat kali salam.
    Sementara untuk 20 rakaat, umumnya salat dibagi ke dalam dua rakaan dan sepuluh kali salam. Dengan adanya perbedaan seperti ini, maka menentukan jumlah rakaat sejak awal bisa dilakukan untuk menjaga kekhusyukan saat salat.
    Selain itu, imam juga dapat menentukan panjang surat yang dibaca setiap rakaatnya.
  2. Ketahui bacaan suratnya
    Saat menjadi makmum, seringkali kekhusyuan salat terganggu ketika imam membaca surat yang panjang dan tidak diketahui. Untuk itu, ketika salat di rumah, bacaan surat saat tarawih bisa didiskusikan terlebih dahulu sebelum salat atau direncanakan sehari sebelumnya.
    Dengan demikian, siapapun bisa ikut membaca surat-surat yang dibacakan sekaligus menghafalkannya dan melafalkannya dalam hati saat salat. Begitu pula bagi imam salat tarawihnya. Dengan merencanakan surat yang hendak dibacakan akan mempermudah kelancaran saat tarawih.
  3. Rajin minum
    Meski tarawih di rumah, namun banyaknya gerakan serta durasi berdiri saat tarawih yang panjang, apalagi jika jumlah rakaatnya mencapai 20 bisa membuat tubuh cukup lelah. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan minum di antara setiap salam. Sehingga bisa kembali melanjutkan salat dengan khusyu.
  4. Batasi makanan saat berbuka
    Buka puasa bukanlah waktu balas dendam atas puasa yang dilakukan. Untuk itu, selain tidak sesuai dengan sunnah, makan berlebihan saat buka puasa juga tidak baik untuk tubuh dan membuat perut kaget sehingga mengganggu pencernaan.
    Hal itu dapat mengganggu kekhusyukan saat menjalani salat tarawih. Makan terlalu kenyang juga membuat tubuh berat dan malas bergerak. Maka dari itu, berbukalah secukupnya setelah Maghrib, dan lanjutkan dengan makan atau camilan ringan setelah salat.

Itu tadi beberapa tips menjalankan tarawih sebagai salah satu kegiatan di bulan Ramadhan yang paling dinanti. Nah, selanjutnya perlu dicatat bahwa saat berpuasa, menjaga asupan nutrisi semakin penting. Maka dari itu, ibu harus memilih asupan makanan dan minuman yang tepat untuk seluruh keluarga agar tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Pastikan juga agar Ibu dan keluarga selalu mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Sediakan selalu SGM Family Yummy-Nutri dengan Pro-gress Maxx susu yang yummy untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi-nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zink, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate dan Creamy Vanilla yang disukai oleh seluruh keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga, bahkan untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa.

Berbeda beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Yummy dan bernutrisi dengan harga hanya Rp 3000-an segelas. Selamat mencoba dan selamat berpuasa, ya, Ibu sekeluarga!

Temukan inspirasi resep ramadan keluarga maju disini

Artikel Lainnya di Tahapan parenting-tips Ramadhan Tips

Hanya 5 Menit! Ini Resep Menu ...

Tidak hanya lezat, hidangan sahur juga wajib kaya nutrisi. Untuk itu, berikut inspirasi menu sahur...

Ide Ucapan Bulan Suci Ramadhan ...

Selain ibadah puasa, Ramadhan juga dapat jadi momen memperkuat silaturahmi sesama Muslim. Untuk...

Agar Aman, Ini Tips Open ...

Menghadiri atau menggelar open house adalah momen bersilaturahmi yang dinanti saat Lebaran. Nah,...

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip ...

Tidak pulang kampung bukan berarti tidak merayakan lebaran dengan sanak saudara. Teknologi...

Tips Lebaran di Rumah Aja: ...

Lebaran di rumah aja bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto keluarga yang asyik. Banyak kok...

5 Ide Dessert Kumpul Keluarga saat ...

Makanan lebaran butuh minuman yang tepat sebagai penyeimbang. Berikut adalah ide minuman buka puasa...


Artikel Terpopuler

Tips Mendapatkan Sumber Vitamin ...

Baca Selengkapnya >

Olah dan Simpan MPASI ...

Baca Selengkapnya >

Tips Mudah Atur Pola ...

Baca Selengkapnya >

8 Cara Mengajak Anak Pemalu ...

Baca Selengkapnya >

5 Tips MPASI Bergizi untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut