Facebook Pixel Code 15 Tanda-Tanda Melahirkan Semakin Dekat

15 Tanda-Tanda Melahirkan Semakin Dekat

15 Tanda-Tanda Melahirkan Semakin Dekat

15 Tanda-Tanda Melahirkan Semakin Dekat

Saat hamil, ada kalanya Bunda merasa tidak sabar ingin segera bertemu dengan buah hati. Untuk menjaga kesehatan Bunda dan si Kecil dalam kandungan, Bunda perlu memperhatikan asupan dan nutrisi. Memasuki akhir trimester ke-3, Bunda perlu mengetahui beberapa tanda-tanda mau melahirkan agar bisa selalu waspada.

Walaupun melahirkan sering sudah bisa diprediksi oleh dokter kandungan, namun ada kemungkinan Bunda bisa hamil lebih lama atau lebih cepat dari HPL yang sudah dihitung. Oleh karena itu tidak ada salahnya membekali diri dengan informasi tanda akan melahirkan agar Bunda jadi lebih aware jelang persalinan. 

Simak apa saja sih tanda akan melahirkan yang harus diperhatikan ketika waktunya sudah dekat!

Tanda-tanda melahirkan yang harus diperhatikan

Setiap ibu hamil mempunyai ceritanya masing-masing ketika sudah semakin dekat dengan waktu melahirkan. Walaupun bukan hal yang mudah, pada kenyataannya proses persalinan yang akan dialami nantinya membutuhkan beberapa fase yang harus dilalui.

Meskipun dari awal kehamilan Bunda sudah tahu hari perkiraan lahir, tetap saja hal tersebut hanya prediksi dan bisa berubah kapan pun. Berikut beberapa tanda-tanda melahirkan yang perlu Bunda ketahui apalagi saat waktu sudah semakin dekat.

1. Lebih mudah bernapas

Jika di waktu kehamilan tubuh dan napas terasa berat, ada hal yang berbeda ketika tanda-tanda akan melahirkan sudah semakin dekat. Ada kemungkinan Bunda akan merasakan keringanan seperti terhindar dari pusing dan lebih mudah bernapas.

Itu tandanya posisi bayi semakin menurun, sehingga menghilangkan beberapa tekanan pada bagian diafragma. Namun, di sisi lain Bunda malah akan lebih sering merasa ingin buang air kecil lebih sering, karena sang bayi menekan area kandung kemih.

2. Menjadi lebih bersemangat

Jika di masa awal trimester ketiga Bunda merasa mudah lelah dan ingin beristirahat terus, mendekati persalinan justru energi terkumpul dan Bunda menjadi lebih bersemangat.  Secara tidak sadar Bunda menjadi lebih bersemangat melakukan berbagai aktivitas rumah tangga.

Kondisi yang biasa disebut sebagai nesting bisa terjadi kapan saja dan menjadi salah satu tanda-tanda melahirkan sudah semakin dekat. Hal yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga energi dan jangan sampai merasa kelelahan.

3. Posisi bayi sudah menurun

Sekitar dua sampai empat minggu atau bahkan beberapa jam sebelum waktu melahirkan, Bunda akan merasakan posisi bayi yang mulai turun ke bagian panggul.

Tidak hanya bentuk perut yang juga bisa berubah, ciri-ciri mau melahirkan sudah semakin dekat ini juga bisa dilihat ketika posisi kepala bayi sudah berada di bawah.

4. Semakin terasa kram dan nyeri punggung

Ketika Bunda merasakan lebih mudah terjadi kram serta lebih sering merasakan nyeri punggung, itu berarti ciri-ciri melahirkan pun sudah semakin dekat. Tidak hanya itu saja, hal lainnya yang mungkin dirasakan adalah rasa sakit di punggung bawah serta pangkal paha.

Namun, persendian dan juga otot akan terasa lebih longgar atau meregang sehingga panggul pun terbuka secara alami. Pada fase ini, mungkin Bunda akan merasa sedikit lebih rileks.

5. Kian banyak keputihan

Di waktu kehamilan, terdapat sumbatan lendir yang cukup tebal melindungi leher rahim dari bakteri. Tidak hanya warna putih, tapi juga bisa berubah menjadi merah muda seperti darah.

Akan menjadi tanda-tanda melahirkan yang sudah dekat jika keluar dan terjadi peningkatan beberapa hari sebelum persalinan.

6. Area leher rahim menipis

Tanda akan melahirkan yang satu ini mungkin tidak akan disadari secara langsung oleh Bunda. Akan tetapi, nyatanya saat persalinan dimulai serviks atau bagian bawah rahim akan melunak, memendek dan terjadi penipisan. Biasanya ketika hal ini terjadi, Bunda akan merasa tidak nyaman. 

7. Kontraksi semakin kuat

Di beberapa bulan terakhir, hal yang wajar ketika Bunda sesekali merasakan kontraksi palsu. Namun, ketika waktu melahirkan sudah dekat, kontraksi menjadi lebih intens dan konsisten.

Tak hanya itu saja, Bunda juga akan merasa tidak nyaman pada punggung dan perut bagian bawah. Apabila jarak waktu kontraksi sekitar 5 sampai 10 menit sekali, sebaiknya Bunda segera pergi ke rumah sakit.

8. Air ketuban pecah

Ciri melahirkan sudah semakin dekat yang satu ini bisa terjadi sebelum atau saat proses persalinan berlangsung. Selaput cairan yang melindungi bayi ini, apabila pecah dan bocor keluar seperti tetasam air dan tidak langung banyak atau deras.

Air ketuban yang keluar tidak dapat ditahan, keluar secara tidak beraturan, dan berlangsung terus-menerus.

9. Terbukanya leher rahim

Tidak hanya terjadi penipisan, serviks atau leher rahim Bunda pun akan terbuka. Tanda-tanda akan melahirkan yang satu ini dapat diketahui ketika perawat sudah mengukur bukaan lahir telah mencapai angka maksimal, yaitu angka 10. Hal yang perlu Bunda persiapkan adalah waktu pembukaan bisa terjadi sangat cepat atau sangat lama.

10. Perubahan mood

Salah satu tanda tanda mau melahirkan bayi adalah perubahan energi di dalam tubuh, namun tidak hanya energi, suasana hati pun juga bisa berubah menjelang melahirkan. Hal ini merupakan hal yang wajar jelang persalinan karena memang energi yang berubah di dalam tubuh juga bisa mendorong mood yang ada. 

11. Nafsu makan bisa berubah

Tanda akan melahirkan lainnya adalah nafsu makan yang akan berubah. Jika pada awal kehamilan biasanya bunda akan mengalami ngidam, maka semakin dekat ke persalinan, maka akan semakin nafsu makan bertambah sehingga hal ini bisa menjadi ciri-ciri akan melahirkan.

12. Flek darah yang keluar

Jika bunda mengalami munculnya flek pada cairan vagina, maka bisa jadi hal ini ciri mau melahirkan. Tapi, bunda mesti cek dulu warna fleknya. Jika fleknya mash berwarna cokelat muda, maka masih aman. Namun jika fleknya sudah kemerah-merahan, maka bisa dipastikan bunda sebentar lagi akan melahirkan.

13. Emosi yang tidak stabil jelang persalinan

Siapa bilang semakin dekat persalinan, maka hanya mengalami tanda-tanda fisikal? Tanda-tanda mau melahirkan juga bisa didapatkan dari mental dan emosi. Semakin bunda dekat dengan waktu kelahiran, maka emosi akan semakin bergejolak. Namun satu hal yang mesti diingat adalah, hindari stres yang berlebih menjelang melahirkan, baik dari sisi pikiran maupun emosi.

14. Naluri sikap yang mendadak berubah

Tidak hanya emosi, naluri bunda sebagai wanita juga akan berdampak jelang melahirkan. Salah satu tanda-tanda melahirkan lainnya adalh munculnya naluri keibuan jelang persalinan. Bunda bisa tiba tiba melipat baju calon bayi yang akan dilahirkan atau membersikah perlengkapan persalinan. 

15. Muntah-muntah

Muntah-muntah juga bisa jadi salah satu ciri-ciri mau melahirkan. Kenapa bisa muntah jelang melahirkan? Karena bunda akan merasakan lelah, bersemangat, dan juga grogi dalam waktu bersamaan menjelang persalinan. Maka dari itu efek yang akan dirasakan adalah muntah-muntah yang tidak begitu banyak.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 3

4 Tips Dokter Agar Kehamilan Tetap ...

Di masa new normal ibu hamil perlu lebih memerhatikan kesehatan diri & juga kandungannya.Yuk ikuti...

Kenali Protokol Pemeriksaan Kehamilan dan ...

Bunda, ketahui apa saja protokol saat melakukan pemeriksaan kehamilan dan persalinan saat new...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan ...

Proses Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu Ke-11

Bun, Ini Pentingnya Susu Kehamilan

Susu dan produk turunan susu lainnya adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk Bunda selama...

Optimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Periode kehamilan trimester ketiga mencakup pertumbuhan bayi paling pesat. Ini juga masa ketika...

Tahapan Pertumbuhan Otak Janin

Jurnal Neuropsychology Review menyebut pertumbuhan otak anak akan mencapai empat kali lipat selama...


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut