Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama Kehamilan

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama Kehamilan

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Selama Kehamilan

Dinyatakan mengandung oleh dokter tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Bunda. Rasa tidak sabar untuk bisa segera bertemu dengan buah hati yang ada di perut rasanya pun sulit terelakkan. Sebelum itu, tentu buah hati di perut Bunda terus berkembang mempersiapkan diri untuk bisa lahir ke dunia.

Perkembangan janin akan mengalami tiga masa. Mulai dari trimester pertama, kedua, hingga ketiga. Pada setiap trimester, perkembangan janin tidak akan sama. Agar perhatian yang Bunda berikan tepat sasaran, mengetahui tahapan perkembangan janin secara menyeluruh menjadi hal yang diperlukan. Nah, berikut ini adalah tahapan-tajapan perkembangan janin sesuai dengan masa trimesternya.

Trimester Pertama

Dari segi tubuh Bunda, mungkin belum ada perubahan berarti yang dirasakan ketika masa awal mengandung. Namun, pada trimester pertama janin memulai perjuangannya untuk terus berkembang. Karena itu, trimester pertama sering disebut sebagai masa rawan dalam kehamilan.

Pada masa ini, janin mulai terbentuk. Dari yang awalnya hanya berupa sel telur menjadi memiliki struktur yang mulai lengkap. Berikut pencapaian-pencapaian janin selama trimester pertama.

Otot dan Saraf Terbentuk

Perkembangan yang mulai terasa dalam masa kehamilan biasanya terjadi minggu ketiga setelah sel telur dibuahi. Pada minggu inilah, kantong dan saluran ketuban mulai terbentuk. Seiring pembentukan ketuban, perjalanan janin untuk menjadi sempurna pun dimulai.

Otot dan saraf menjadi indikasi awal perkembangan janin dalam perut Bunda. Biasanya kedua bagian penting dalam tubuh tiap manusia ini mulai terbentuk pada minggu keempat kehamilan atau bulan pertama. Namun, ukuran perkembangan otot dan saraf masih sangat kecil sehingga masih sulit dilihat apabila Bunda melakukan USG.

Jantung Berdetak

Memasuki bulan kedua, Bunda akan makin merasakan kehadiran kehidupan di perut Bunda. Soalnya pada masa-masa inilah jantung bayi mulai berdetak. Bahkan, jika Bunda memeriksanya lewat USG, Bunda bisa mendengar suara detak jantungnya!

Pemeriksaan ke dokter pun dianjurkan makin rutin dilakukan. Pemeriksaan khususnya terkait detak jantung janin perlu difokuskan guna memastikan kondisi janin Bunda dalam keadaan sehat.

Mulai Membentuk Wajah

Sembilan bulan memang waktu yang panjang untuk bisa segera bertemu dan melihat wajah buah hati secara langsung. Namun, sebenarnya Bunda mulai bisa memperkirakan wajahnya di usia kehamilan 2-3 bulan, loh.

Pada saat tersebut, berbagai bagian wajah janin mulai terbentuk. Mulai dari kelopak mata, hidup, sampai telinga. Hanya saja memang, bagian-bagian wajah tersebut masih belum berfungsi total pada trimester pertama ini.

Tali Pusar Berkembang

Pada bulan kedua kehamilan, tali pusar juga mulai berkembang. Tali pusar amat penting bagi perkembangan janin selama kehamilan, Bun. Melalui tali pusar inilah nutrisi makanan dan minuman yang Bunda santap bisa tersalur ke janin.

Dengan berkembangnya tali pusar, pertumbuhan janin pun akan lebih cepat. Janin sudah mulai bisa menyantap berbagai nutrisi yang Bunda santap. Karena itu, penting bagi Bunda untuk mengoptimalkan makanan bernutrisi dan menghindari makanan-makanan yang berisiko bagi janin.

Organ Vital Mulai Terbentuk

Menyusul otot, saraf, mata, hingga jantung; berbagai organ vital yang akan menjadi bagian dari tubuh anak Bunda pun akan ikut terbentuk pada kisaran bulan ketiga kehamilan; mulai dari otak, hati, ginjal, bahkan sampai empedu.

Mulai terbentuk bukannya akan langsung berfungsi, Bun. Organ-organ vital ini akan terus berkembang selama masa kehamilan untuk nantinya bisa berfungsi baik. Asupan nutrisi yang cukup diperlukan untuk memastikan pengembangan berbagai organ vital pada janin tidak bermasalah.

Tulang Tumbuh dan Berkembang

Memasuki bulan ketiga, Bunda juga akan merasakan kandungan yang mulai terasa berat. Tidak perlu heran karena selain organ-organnya mulai terbentuk, janin pun sudah mulai memiliki tulang pada masa-masa ini. Pada bulan sebelumnya, tulang janin sebenarnya sudah ada, tetapi masih berupa tulang rawan. Barulah pada bulan ketiga, tulang rawan berkembang menjadi tulang keras.

Perubahan ini juga berdampak ke berat janin yang makin bertambah. Berkembangnya tulang janin juga membuat buah hati dalam kandungan semakin panjang, sekitar 7,5-10 sentimeter pada akhir trimester pertama kehamilan.

Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua, Bunda bisa makin merasakan kehadiran kehidupan janin. Pada masa 13-28 minggu, janin telah lebih jauh berkembang sehingga turut menyebabkan perubahan pada tubuh Bunda.

Rasa membawa-bawa bayi dalam perut pun akan Bunda rasakan pada trimester kedua. Bunda juga akan merasakan banyak perkembangan bayi yang secara tidak langsung berdampak pula ke tubuh Bunda. Berikut ini adalah beberapa pencapaian janin yang biasanya terjadi pada trimester kedua.

Janin Bergerak

Memasuki minggu ke-16 kehamilan, Bunda mungkin mesti siap-siap dibuat kaget karena merasakan gerakan mendadak dari dalam perut. Jantung buah hati dalam kandungan berdetak lebih cepat, serta kaki dan tangannya yang mulai bergerak. Itulah yang membuat Bunda akhirnya kerap merasakan sundulan dari dalam perut.

Organ Dalam Mulai Bekerja

Pada kisaran bulan keempat, organ dalam dalam janin pun mulai bekerja. Janin juga sudah mengeluarkan urine karena ginjalnya sudah berfungsi. Organ-organ dalam lainnya juga mulai berfungsi memasuki bulan keempat hingga kelima.

Rambut Janin Terus Bertumbuh

Perut Bunda akan makin sering merasa gatal ketika usia kehamilan sudah berada di trimester kedua. Itu karena perut Bunda tersentuh rambut janin yang mulai terbentuk. Di kisaran bulan kelima kehamilan, rambut halus di kulit janin hingga rambut di kepala mulai tumbuh cepat.

Jenis Kelamin Diketahui

Akhir bulan keempat dan memasuki bulan kelima pembentukan kelamin janin semakin jelas. Pada masa-masa ini, Bunda bisa segera mengetahui jenis kelamin buah hati dalam kandungan. Untuk mengetahuinya secara pasti, Bunda bisa melakukan USG di dokter kandungan.

Berat Janin Terus Bertambah

Organ tubuh janin makin lengkap. Tulangnya pun semakin padat karena pertumbuhan. Secara langsung, ini ikut menambah berat janin di trimester kedua. Hal ini pulalah yang meyebabkan perut Bunda akan semakin besar.

 

 

Trimester Ketiga

Trimester ketiga yang dimulai dari bulan ketujuh ibaratnya ujung jalan yang mesti Bunda lalu sebelum bertemu dengan buah hati tercinta. Pastinya, Bunda penasaran dengan perkembangan yang telah dicapai oleh janin. Secara umum, buah hati akan mengalami beberapa tahapan perkembangan berikut ini.

Menyimpan Lemak

Makin besarnya perut Bunda biasanya selaras dengan berat janin yang semakin bertambah. Apabila setelah diperiksa berat janin belum idealnya, inilah saatnya Bunda menyantap makanan tinggi lemak untuk menambah berat janin.

Pancaindra Makin Sempurna

Memasuki trimester ketiga, Bunda juga akan semakin sering merasakan gerakan janin. Makin beraneka ragamnya gerakan janin ini karena pancaindranya makin sempurna. Telinganya sudah peka mendengar suara-suara dari luar perut Bunda sehingga ia bisa memberikan respons.

Bertambah Panjang

Pertumbuhan panjang janin di trimester terakhir kehamilan ini bahkan bisa mencapai 20-23 sentimeter sendiri hingga masa kelahirannya. Pertambahan panjang ini disebabkan makin berkembangnya tulang-tulang janin. Tidak hanya bertambah panjang, tulang janin juga akan semakin kuat.

Otak Berkembang Pesat

Pada bulan kedelapan atau kesembilan, kemampuan otak makin sempurna. Pertumbuhan otak ini pun membuat janin sudah dapat menyerap stimulasi jika Bunda membacakan cerita kepadanya.

Paru-paru Terbentuk Sempurna

Pada akhir trimester ketiga, paru-paru janin berkembang sempurna. Ini memungkinkannya bernapas secara leluasa saat lahir. Bunda sebaiknya rutin melakukan kontrol ke dokter kandungan untuk memeriksakan perkembangan janin. Ini untuk mengantisipasi perlunya melakukan tindakan medis jika ada fase perkembangan yang kurang optimal sebelum kelahiran bayi.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Pengaruh Suara Bising terhadap Kehamilan ...

Buah hati yang berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara yang ada di luar....

Mengenal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Buah hati melalui masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase...

Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Tahukah Bunda? Periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu, Bunda perlu memenuhi...

8 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah ...

Kehamilan tidak hanya dialami Bunda. Peran ayah saat Bunda hamil dapat menjadi awal baik untuk...

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin Ini ...

Saat hamil, janin dalam kandungan akan melalui berbagai perkembangan setiap minggunya. Untuk itu,...

Cara Mudah Atasi Insomnia saat ...

Ibu hamil kerap mengeluhkan sulit tidur karena berbagai alasan. Kondisi ini kemudian menyebabkan...

Artikel Terpopuler

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya 

Pengaruh Suara Bising terhadap ...

Baca Selengkapnya 

7 Kiat Atasi Gejala Pusing & ...

Baca Selengkapnya 

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya 

Bun, Pertimbangkan Konsumsi Vitamin ...

Baca Selengkapnya