Facebook Pixel Code Tahapan Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan

Wah, tidak terasa si Kecil kian besar. Bunda akan menemukan banyak hal baru dalam perkembangan bayi 11 bulan. Ia mulai suka mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Jangan lupa Bunda, sebelum ia genap berusia 1 tahun, ada beberapa tahapan perkembangan yang perlu Bunda pantau. 

Perkembangan fisik bayi 11 bulan

Berdasarkan laman Mayo Clinic, pada tahap ini, bayi ingin lebih banyak berdiri dan mulai bergerak aktif ke sana ke mari dengan kakinya sendiri. Meskipun masih dalam proses belajar jalan, ia akan berusaha untuk melangkahkan kakinya. Biasanya, bayi akan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya, seperti tembok, meja, atau bertopang pada tangan Bunda..

Perkembangan fisik bayi 11 bulan ini memang cukup membuat Bunda “berkeringat”. Bunda perlu sigap memantau dan menjaga si Kecil saat ia berjalan atau sesekali merangkak saat ingin berkeliling di dalam rumah. 

Ini pertanda yang amat baik untuk perkembangannya. Ketika anak aktif secara fisik, hal ini juga meningkatkan kemampuan motorik yang melibatkan pergerakan dan ototnya

Menurut situs Pathways, si Kecil juga sudah bisa lebih mandiri, misalnya dalam hal makan sendiri. Pada usia ini, si Kecil akan mampu menggunakan jari-jari kecilnya untuk menggenggam cemilan dan memasukkan ke dalam mulutnya.

Perkembangan kognitif bayi 11 bulan

Tahapan perkembangan kognitif bayi 11 bulan pun semakin meningkat. Ini terkait dengan daya pikir si Kecil. Bayi akan hafal benda-benda apa saja yang ada di sekitarnya. Misalnya, boneka kesayangan yang selalu menemaninya. Bila disembunyikan, ia bisa saja menangis atau melongok ke sana ke mari mencari boneka tersebut.

Si Kecil juga merasakan aman dan terbiasa saat berada di dekat Bunda. Ia mengerti jika ditinggal Bunda dan mulai menangis. Ia mulai memahami situasi yang ada di sekitarnya.

Nah, mungkin Bunda menemui bayi yang mulai sering menirukan kebiasaan orang lain. Misalnya, ia menirukan seseorang ketika sedang menelepon dengan guling atau botol susu yang tertempel pada telinga. Di tahap ini si Kecil sudah mulai banyak belajar dari hal-hal yang dilihatnya.

Perkembangan komunikasi dan bahasa bayi 11 bulan

Bunda akan lebih sering berinteraksi dan mendengarkan celotehan si Kecil. Meskipun ia suka bergumam dan berbicara kurang jelas, tetapi ini proses yang baik untuknya. Perkembangan komunikasi dan bahasa pada bayi 11 bulan semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

Ia akan mulai mengumpulkan beberapa kata yang sering didengarnya. Misalnya, memanggil mama atau papa. Selain itu, bayi juga menirukan suara-suara yang familiar di telinganya dan melakukan imitasi.

Bayi juga sudah tahu hal yang disukai dan tidak disukainya. Sehingga ia bahkan sudah bisa menolak atau menerima sebuah ajakan. Respons si Kecil dapat melalui anggukan, gelengan, dan sekadar bicara "iya" atau "nggak (tidak)".

Terkadang si Kecil juga berkomunikasi dengan gesturnya. Misalnya, jika ia ingin menggapai sesuatu, ia akan menunjuk-nunjuk benda yang dimaksud. Pastinya, akan jadi hal seru tiap harinya melihat perkembangan bayi Bunda.

Perkembangan sosial dan emosi bayi 11 bulan

Bunda akan menyaksikan si Kecil merespons saat diajak bicara dan menimpali dengan celotehannya atau gerak-geriknya. Ini salah satu tahap perkembangan sosial dan emosi bayi 11 bulan,

Pada tahap ini bayi sudah paham saat diajak bicara. Misalnya, saat dipanggil, ia akan menghampiri Bunda.

Perkembangan sosial juga dapat terlihat ketika bayi bermain dengan teman-temannya. Mereka akan berkomunikasi satu sama lain dengan gestur dan celotehannya. Bunda juga akan tahu perkembangan emosi saat anak senang bermain atau marah dan menangis ketika mainannya diambil temannya.

Namun, tidak apa-apa si Kecil menunjukkan emosinya. Itu artinya, ia sedang melalui masa perkembangan sosial dan emosi.

Tips menghadapi bayi 11 bulan yang kian aktif

Bayi terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, hal ini membuat si Kecil lebih aktif, karena ia sudah bisa menggunakan hampir semua anggota tubuhnya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Ia juga mengamati dan melakukan hal baru.

Melansir Mayo Clinic, berikut tips untuk menghadapi bayi 11 bulan yang sedang berkembang.

1. Tetap perhatikan nutrisi si Kecil

Sebelumnya dikatakan bayi usia 11 bulan dalam perkembangan fisik, ia sudah bisa makan secara mandiri. Seperti yang direkomendasikan UNICEF, bayi perlu diberikan asupan tinggi nutrisi yang bervariasi pada menu makanannya.

Jangan lupa berikan beragam sayur dan buah berwarna-warni, sehingga menarik disantap si Kecil. Biarkan ia menikmati makanan dengan mandiri, sementara Bunda tetap menjaganya. Siapa tahu, dengan kemandiriannya ini, bisa menambah semangat makan si Kecil dan membantunya terbiasa mengonsumsi serat.

Jangan lupa untuk memberikan makanan berprotein, seperti ikan, daging sapi, atau daging ayam. Variasi protein ini memberikan energi bagi tubuhnya.

2. Membuat lingkungan tetap aman

Karena si Kecil mulai suka berjalan dan berkeliling ruangan, Bunda harus memastikan bahwa lingkungan eksplorasi si Kecil aman untuknya. Berikut hal yang harus diperhatikan:

  • Isolasi stop kontak listrik atau hal yang berhubungan dengan listrik

  • Singkirkan cairan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi si Kecil

  • Pasang pagar untuk menutupi tangga agar bayi tidak terjatuh

  • Singkirkan benda-benda kecil supaya bayi tidak memasukkan ke dalam mulut dan tersedak

  • Berikan bantalan empuk pada furnitur yang memiliki ujung tajam, seperti sudut meja

Bunda bisa menerapkan cara di atas, sehingga si Kecil bisa bebas bereksplorasi dengan aman di rumah. Namun, diharapkan Bunda selalu ada di sampingnya untuk menjaga saat ia mulai memegang benda-benda atau berjalan-jalan di dalam rumah.

3. Biarkan ia bicara dan dengarkan

Terjalinnya interaksi merupakan salah satu perkembangan sosial bayi usia 11 bulan. Bunda akan mendengar si Kecil bercerita atau sekadar berceloteh lucu. Pahamilah, bahwa ia sedang gemar berbicara dan berinteraksi dalam prosesnya.

Bunda bisa menjaga agar obrolan dengan si Kecil tetap berlangsung. Bunda boleh menanggapi atau bertanya kembali padanya. 

Selain itu, coba sesekali membaca buku bergambar bersama si Kecil. Ajak ia berbincang sejenak mengenai gambar-gambar di dalam buku. Misalnya, “Lihat, Dik! Ini namanya sapi. Kamu suka sapi? Coba cari sapi lainnya di gambar ini, yuk!”

Interaksi yang menyenangkan ini bisa meningkatkan kemampuan sosial si Kecil dan memahami beragam hal ke depannya.

4. Beritahu batasan

Dalam perkembangan bayi 11 bulan, ia akan melakukan hal baru. Si Kecil juga belum tahu mana yang benar dan salah. Namun, Bunda bisa memberi batasan mana yang boleh dilakukan dan tidak. 

Mungkin si Kecil sedang suka membenturkan balok satu dengan yang lainnya saat bermain. Namun, ketika ia mulai meraih ponsel atau remot kontrol, ada baiknya Bunda beritahu bahwa ini tidak boleh dilakukan. Bunda bisa mengarahkan untuk tetap bermain dengan mainannya.

Contoh lainnya adalah sewaktu ia memukul temannya ketika bermain. Bunda perlu memberikan pengertian padanya bahwa ini tidak baik dilakukan, karena pukulan bisa menyakiti temannya. 

Memang butuh kesabaran kala mendampingi bayi usia 11 bulan dalam perkembangan. Tapi yakinlah, momen ini pasti akan berlangsung seru dan tak terlupakan bersama si Kecil.
 

Referensi:

Infant development: Milestones from 10 to 12 months. (2020). Retrieved 25 September 2020,

from

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-

depth/infant-development/art-20047380

10-12 Month Old Milestones and Abilities | Pathways.org. (2020). Retrieved 25 September 2020,

from https://pathways.org/growth-development/10-12-months/milestones/

Feeding your baby: 6–12 months. (2020). Retrieved 25 September 2020,

from https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-6-12-months

Communication and Your 8- to 12-Month-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2020).

Retrieved 25 September 2020, from https://kidshealth.org/en/parents/c812m.html
 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 7 - 12 bulan

Mengenal Berbagai Manfaat dari Omega 3 ...

Bunda, omega 3 dan 6 memiliki banyak manfaat untuk bayi dan anak. Cari tahu juga sumber makanan...

Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi ...

Banyak saran yang mungkin tidak asing mengenai cara untuk menghentikan bayi yang sering cegukan....

Manfaat dan Sumber Terbaik Vitamin ...

Ibu perlu tahu pentingnya manfaat vitamin D untuk anak. Selain dari sinar matahari, bantu asupan...

Olah dan Simpan MPASI dengan ...

Olah dan Simpan MPASI dengan Tepat, Cegah Penularan Penyakit

5 Tips MPASI Bergizi untuk Jaga ...

5 Tips MPASI Bergizi untuk Jaga Daya Tahan Tubuh si Kecil

Berapa Banyak Susu Formula yang ...

Agar kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembangnya terpenuhi, yuk Bun, cari tahu berapa banyak susu...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut