Facebook Pixel Code Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat untuk si Kecil Usia 1 Tahun ke Atas?

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat untuk si Kecil Usia 1 Tahun ke Atas?

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat untuk si Kecil Usia 1 Tahun ke Atas?

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat untuk si Kecil Usia 1 Tahun ke Atas?

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu harus menjaga dan mengatur pola makan si Kecil dan memberikannya makanan yang bergizi seimbang. Susu pertumbuhan terfortifikasi sering menjadi pertimbangan Bunda sebagai salah satu pendukung untuk membantu melengkapi nutrisi si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas. Apakah susu pertumbuhan terfortifikasi bermanfaat untuk si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas? Sebelumnya, mari simak apa itu gizi seimbang terlebih dahulu.

Memahami Makna dari Gizi Seimbang

Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), pedoman gizi seimbang bertujuan untuk memberikan panduan konsumsi makanan sehari-hari dan perilaku makan yang sehat. . Nilai gizi ini memiliki jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.  Pedoman gizi seimbang memiliki prinsip, di antaranya: 

- makanan sehat, 

- aktivitas fisik, 

- perilaku hidup bersih, dan 

- memantau berat badan secara teratur. 

Gizi seimbang bisa dimulai dengan pola makan yang baik. Kemenkes RI mengeluarkan panduan pola makan yang baik berupa Piramida Gizi sebagai berikut:

https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/01/Tumpeng-gizi-seimbang-Kemenkes.png

Gambar Piramida Gizi terdiri dari 4 lapisan. Dari puncak Piramida Gizi hingga ke bagian dasarnya akan semakin melebar. Artinya, semakin besar area lapisan Piramida Gizi, gizi tersebut akan semakin dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

Dapat Bunda lihat bahwa selain makanan pokok, buah & sayuran, air putih, garam, gula, serta minyak, protein juga menjadi salah satu nutrisi penting.

Protein adalah zat pembangun yang penting bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sumber nutrisi yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ada banyak sumber protein yang bisa Bunda berikan untuk si Kecil, contohnya:

- protein nabati; kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai dan olahannya, seperti tahu dan tempe. 

- protein hewani; ikan, ayam, daging, telur, dan susu

Untuk si Kecil berusia 1 tahun ke atas, Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi sebagai salah satu asupan yang mengandung protein. Selain mengandung protein, susu pertumbuhan terfortifikasi juga dilengkapi nutrisi lainnya seperti Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Kalsium, Vitamin D, Zat Besi, serta Vitamin C.

Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dengan memberikan asupan zat besi yang cukup dapat mengurangi risiko si Kecil mengalami defisiensi atau kekurangan zat besi yang berdampak pada tumbuh kembangnya, di antaranya perkembangan kognitif, konsentrasi dan kemampuan belajarZat besi juga bisa mendukung perkembangan kognitif si Kecil yang meliputi kemampuan berpikir, belajar, dan memahami hal di sekitarnya.

Rekomendasi susu pertumbuhan terfortifikasi untuk si Kecil berusia 1 tahun ke atas

Untuk kenyamanan para Bunda yang mencari susu pertumbuhan terfortifikasi bagi si Kecil sesuai kebutuhan, SGM Eksplor menyediakan beberapa varian untuk anak di atas 1 tahun. Lebih lanjut berikut rangkaian lengkapnya.

SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Dimulai dari tahapan usia si Kecil 1 tahun, Ibu bisa mempertibangkan SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC* untuk si Kecil usia 1-3 tahun. Terdapat dua varian rasa, yaitu madu dan vanila yang bersahabat dengan selera si Kecil.

Susu pertumbuhan terfortifikasi SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx mengandung IronC, yaitu kombinasi zat besi dan vitamin c. Dengan kombinasi tersebut, Vitamin C  dapat membantu penyerapan Zat Besi. Zat besi untuk anak berperan dalam memudahkan penyaluran oksigen dari paru ke seluruh tubuh

Selain itu, SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga dilengkapi dengan minyak ikan, omega 3 & 6, tinggi protein, serat pangan inulin, zinc, ironC*, vitamin D, serta kalsium.

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Lalu, ketika si Kecil menginjak usia 3 tahun ke atas, Ibu dapat beralih ke susu bubuk terfortifikasi SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC. Tahapan usia ini mendekati usia sekolah dimana 5 potensi, berpikir cepat, tangguh, percaya diri, tumbuh tinggi, dan aktif bersosialisasi perlu dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Dengan nutrisi harian yang cukup, kemampuan belajar di sekolah serta berbagai stimulasi untuk melatih berbagai kemampuan lainnya dapat berlangsung secara optimal.

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC mengandung berbagai nutrisi penting mulai dari omega 3, berbagai jenis vitamin dan mineral, serat pangan inulin dan masih banyak lagi. Selain itu, susu       SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC ini memiliki 3 varian rasa, yaitu cokelat, madu, dan vanila.

SGM Eksplor 5 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

SGM Eksplor 5 Plus juga dilengkapi dengan Pro-gress Maxx dengan IronC* dan untuk si Kecil usia 5-12 tahun. Di usia ini si Kecil sudah mulai banyak mempelajari banyak hal.

Untuk itu, Bunda perlu memastikan si Kecil memiliki energi dan mendapat dukungan nutrisi cukup. Selain dari makanan, susu bubuk terfortifikasi SGM Eksplor 5 Plus bisa membantu melengkapi kebutuhan tersebut.

Sebagian besar nutrisi yang terkandung dalam susu bubuk SGM Eksplor 5 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC telah disebutkan. Salah satu nutrisi penting yang mungkin perlu Ibu tahun adalah vitamin D.

Berdasarkan Mayo Clinic, vitamin D penting untuk membantu penyerapan kalsium yang penting untuk kekuatan tulang si Kecil mengingat aktivitas si Kecil semakin bertambah. SGM Eksplor 5 Plus sendiri tersedia dalam rasa cokelat dan madu.

Memastikan nutrisi si Kecil terpenuhi setiap harinya merupakan salah satu kewajiban orangtua. Dengan nutrisi yang memadai, si Kecil bisa memiliki tumbuh kembang optimal.

*Kombinasi zat besi dan vitamin C

Referensi:

FDA. (2020). Questions & Answers for Consumers Concerning Infant Formula. FDA. Retrieved from https://www.fda.gov/food/people-risk-foodborne-illness/questions-answers-consumers-concerning-infant-formula

Martin, C., Ling, P.-R., & Blackburn, G. (2016). Review of Infant Feeding: Key Features of Breast Milk and Infant Formula. Nutrients, 8(5), 279. https://doi.org/10.3390/nu8050279

Mayo Clinic. (2019). Is your child getting enough iron? Retrieved January 20, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/iron-deficiency/art-20045634#:~:text=Why%20is%20iron%20important%20for

Mayo Clinic. (2018). Breast-feeding vs. formula-feeding: What’s best? Retrieved January 20, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breast-feeding/art-20047898

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Retrieved from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf

Hello Sehat. (2021). Pedoman Gizi Seimbang Sesuai Standar “Tumpeng Gizi”. Retrieved from https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/piramida-makanan-tumpeng-gizi-seimbang/#gref

 

 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Tips Agar Si Kecil Berprestasi ...

Ibu pasti ingin si Kecil memiliki bakat, kan? Yuk, cari tahu apa yang menjadi minat dan bakat si...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...

Kandungan Isolat Protein Soya dalam ...

Yuk, kenalan dengan Isolat protein soya, salah satu kandungan SGM Eksplor Soya yang aman dan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan